JAN 13, 2019

[PERLU LO TAHU!] 5 Tips Main Kayak Untuk Pertama Kalinya, Santai Saja Bro!

Coba kayak atau kayaking saat pertama kalinya? Santai bro, tidak perlu terburu-buru untuk jago main kayak. Sila simak 5 tipsnya dulu di bahasan kali ini!


Kayak atau kayaking adalah salah satu aksi seru yang mesti lo lakukan kalau senang ke spot-spot seperti danau, sungai bahkan pantai atau laut!

Para petualang juga selalu identik dengan sebutan adrenalin junkie. Mereka mendatangi spot-spot petualangan yang eksotis, tidak hanya utnuk menikmati segala keindahan alam yang ada di sana, tetapi juga menantang maut dengan melakukan hal-hal gila di luar nalar manusia normal.

Nah, kalau suka datang ke danau, sungai atau pantai serta laut, hal menantang apa nih yang bisa para petualang lakukan? Eits, banyak bro! Salah satunya yang menarik adalah kayak atau kayaking. Sepertinya memang masih jarang para petualang melakukan ini.

Oleh karena itu, buat lo yang suka berani menantang apapun, sila coba kayak atau kayaking ini, ya! Jika hal ini adalah hal pertama untuk lo, sila simak lima tips untuk para petualang yang ingin mencoba kayak untuk pertama kalinya.

Memilih Ombak yang Tenang

[PERLU LO TAHU!] 5 Tips Main Kayak Untuk Pertama Kalinya, Santai Saja Bro! credit: urbankayaks.com

Walau sungai atau danau sekalipun, juga mempunyai ombak atau riak serta gelombang air yang bisa menjadi besar dan berbahaya dengan berbagai faktor di dalamnya. Oleh karena itu, buat lo yang akan mencoba kayak untuk pertama kalinya, sila pilih spot yang mempunyai ombak yang tenang.

Jika lo memilih pantai atau lautan lepas, pastikan pantai atau lautan tersebut tidak ramai oleh perahu-perahu bermotor yang besar. Jika traffic atau lalu lintas pantai dan laut tersebut sibuk, banyak perahu bermotor atau kapal besar lalu lalang, sebaiknya lo pindah ke pantai atau lautan yang lebih sepi.

Jika Pilih Pantai, Pastikan Pantai Berpasir yang Landai

[PERLU LO TAHU!] 5 Tips Main Kayak Untuk Pertama Kalinya, Santai Saja Bro! credit: cnn.com

Selain memastikan tidak adanya perahu bermotor atau kapal besar yang lalu lalang di pantai atau lautan yang akan menjadi tempat pertama lo untuk mencoba kayak, pastikan juga kontur pantai tersebut, bro. Pastikan pantai yang lo pilih adalah pantai berpasir yang landai.

Hal ini berkaitan dengan keselamatan lo juga, nih. Jika lo berada di pantai berpasir halus serta landai, sesaat jika lo terjatuh dari kayak atau kayak lo tetiba terbalik, lo masih bisa berpijak di dasar pantai yang berpasir halus dan tidak terlalu dalam karena faktor kelandaian tersebut.

Bayangkan jika pantai tersebut berbatu dan karang besar-besar, tentu lo akan kesulitan saat berada di kejadian yang sama seperti di atas. Oleh karena itu, jika mencoba kayak untuk pertama kalinya, sila pilih pantai yang berpasir halus dan landai.

Pastikan Cuaca Cerah dan Tidak Berangin

[PERLU LO TAHU!] 5 Tips Main Kayak Untuk Pertama Kalinya, Santai Saja Bro! credit: groupon.com

Petualang mana sih yang tidak mendambakan cuaca cerah di spot-spot petualangan yang ia datangi? Sama seperti lo datang ke danau, sungai, pantai atau bahkan laut lepas untuk mencoba kayak. Jika cuaca cerah dan tidak berangin, kondisi tersebut adalah hal yang diidamkan bagi mereka yang baru pertama kali ingin mencoba kayak.

Kesulitan yang akan lo taklukan saat kayak di cuaca cerah tidak akan separah jika cuaca mendadak tidak mendukung. Hujan berangin atau bahkan mendadak badai di laut serta di pantai adalah beberapa kondisi yang tidak direkomendasikan untuk lo mencoba kayak buat pertama kalinya.

Jika Berangin, Pastikan Lo Belajar

Mengayuh Mengikuti Arah Anginnya

[PERLU LO TAHU!] 5 Tips Main Kayak Untuk Pertama Kalinya, Santai Saja Bro! credit: mustdonewzealand.co.nz

Kondisi alam seperti berangin memang sulit sekali diprediksi secara presisi oleh manusia. Oleh karena itu, jika saat mengayuh kayak untuk pertama kali dan lo mendapatkan cuaca berangin, pastikan lo mengetahui dari mana arah angin tersebut berhembus.

Jika lo mengayuh dengan melawan arah angin tersebut, tentu akan terasa sia-sia karena bisa jadi kayak lo tidak akan pindah ke mana-mana karena tenaga yang lo keluarkan akan dengan mudah dikembalikan lagi oleh angin yang berhembus.

Oleh karena itu, pastikan lo tidak melawan arah angin. Justru, kalau lo bisa menemukan ke mana arah angin berhembus dan lo bisa mengikuti ke mana arahnya, kayuhan lo terhadap kayak tersebut akan terasa lebih ringan karena dibantu oleh hembusan angin tersebut.

Untuk Pertama Kali, Pastikan Lo

Tidak Dalam Sebuah Ekspedisi

[PERLU LO TAHU!] 5 Tips Main Kayak Untuk Pertama Kalinya, Santai Saja Bro! credit: getyourguide.co.uk

Bro, karena untuk pertama kalinya mencoba kayak, pastikan lo hanya pergi keluar sebentar, ya. Kayak adalah salah satu aksi ekstrem yang selalu ditantang oleh para petualang pro. Oleh karena itu, pastikan lo tidak dalam ekspedisi yang lama di suatu spot petualngan tersebut.

Waktu mencoba atau latihan kayak yang ideal adalah dua jam saja, bro. Jika lebih dari waktu tersebut, dikhawatirkan lo akan menderita cedera bahu, lengan, dan mungkin lainnya. Oleh karena itu, pastikan lo mendapat porsi waktu latihan yang cukup dan tidak berlebih.

Wah bagaimana nih bro? Sudah paham bagaimana tips-tips untuk mencoba kayak untuk pertama kalinya? Kalau iya, sila nikmati serunya bermain kayak ya bro!

 

Source

Feature Image - unsplash.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Eksan B
March 5, 2019 at 11:29 PM

Dipantai memang liburan pelepas penat yang sesungguhnya...