JAN 13, 2019

[MESTI BISA!] 7 Trik Dasar Main BMX Biar Makin Keren, Bro!

Sudah punya sepeda BMX ya masa belum bisa memainkannya? Sila simak dan kuasai 7 trik dasar main BMX biar lo makin kelihatan keren, nih!


MTB mungkin salah satu kategori sepeda yang bisa lo gunakan untuk melewati segala trek ekstrem di alam bebas sana. Tapi kalau BMX? Tentu punya sensasi yang berbeda nih, bro!

Kalau MTB terlihat keren karena manuver-manuver saat melewati berbagai rintangan di alam bebas, BMX juga terlihat keren saat lo sebagai pengendaranya melakukan manuver-manuver hebat. Perbedaan yang paling mencolok adalah tempat di mana main dua jenis sepeda tersebut.

MTB main di alam bebas, tapi kalau BMX bisa main di tengah kota. Biasanya, gabung dengan para skateboarder – mereka berbagai tempat dalam satu taman yang ada di tengah kota. Bro, lo tahu tidak apa yang buat gemas saat main BMX?

Sepertinya, sepertinya ya, terlihat mudah sekali mereka para pengendara BMX pro bermanuver di atas sepeda tersebut. Tapi ternyata, kalau tidak terbiasa menggunakan BMX, cukup sulit juga lho bro untuk melakukan trik-trik keren tersebut.

Apalagi kalau pemula. Buat lo yang baru saja ingin memulai main BMX, sila coba tujuh trik dasar BMX yang akan dibahas di ulasan kali ini.

Wheelie – Mengangkat Satu Roda Depan

[MESTI BISA!] 7 Trik Dasar Main BMX Biar Makin Keren, Bro! credit photo: volumebikes.com

Trik yang satu ini adalah salah satu trik dasar yang bisa lo kuasai saat pertama-tama mencoba BMX. Walau termasuk ke dalam daftar trik dasar, tapi kalau lo bisa menguasainya dengan sempurna, lo tetap akan terlihat keren, bro.

Manuver ini akan terlihat sempurna jika lo berhasil mengangkat stang sepeda, roda depan terangkat, dan lo bertumpu dengan roda belakang. Terlebih, jika lo bisa melakukannya tetap sembari berjalan seperti biasa.

Cukup mudah sih melakukan wheelie ini. Letakan kedua kaki ke pijakan belakang, kemudian kumpulkan tenaga untuk mengangkat stang sehingga roda depan terangkat dan sepeda BMX tetap bergerak karena bertumpu pada roda belakang.

Atau, cara mudah lainnya adalah tahan pedal sepeda dengan kedua kaki dengan arah berlawanan, kemudian hentak pedalnya dan angkat stangnya! Dijamin roda depan terangkat! Pastikan langsung jaga keseimbangan agar lo tidak jatuh dan sepeda BMX nya tetap bisa berjalan.

Endo – Menghentikan Sepeda Sampai Ban Belakang Terangkat

[MESTI BISA!] 7 Trik Dasar Main BMX Biar Makin Keren, Bro! credit photo: freestylenow.net

Trik dasar ini cukup beresiko. Selain keseimbangan yang lo butuhkan, keberanian serta tekad yang kuat untuk bisa perlu benar-benar sudah terkumpul lengkap, bro. Endo adalah teknik di mana tetiba lo menghentikan kecepatan sehingga roda belakang sampai terangkat.

Cara mudahnya melakukan trik ini adalah menguatkan tangan lo yang memegang stang depan yang akan jadi tumpuan saat ban belakang terangkat. Biasanya, jika tidak hati-hati atau pegangannya tidak kuat, lo bisa terpleset dan malah jatuh terjerembap ke depan.

Jika sepeda BMX lo masih mempunyai rem depan, ada cara mudah lainnya untuk melakukan Endo. Saat lo tengah bergerak melaju dengan kecepatan cukup, ambil tuas rem, tarik kuat dan pastikan condongkan badan lo ke depan. Secara otomatis, ban belakang terangkat.

Manual – Mirip dengan Wheelie

[MESTI BISA!] 7 Trik Dasar Main BMX Biar Makin Keren, Bro! credit photo: mellonbmx.com

Selintas memang mirip dengan trik dasar sebelumnya yaitu Wheelie. Bedanya, Manual hanya mengharuskan lo mengangkat tipis ban depan dan tetap menjaga laju sepeda BMX tersebut. Jadi, lo tetap berjalan dengan kecepatan cukup walau roda depan terangkat tipis-tipis.

Cukup mudah dan mirip untuk melakukan trik yang satu ini. Caranya, letakan salah satu kaki di pedal, kemudian kaki lainnya berada di peg belakang, hentakan pedal atau angkat stang saja sembari tetap menjaga keseimbangan sepeda BMX nya.

Nose Manual – Tidak Mirip Dengan Endo

[MESTI BISA!] 7 Trik Dasar Main BMX Biar Makin Keren, Bro! credit photo: bmxunion.com

Walau terlihat seperti Endo, namun Nose Manual tidak sama sekali mirip dengan trik sebelumnya tersebut, bro. Nose Manual mengharuskan lo dapat mengangkat roda belakang dengan kondisi sepeda BMX tetap berjalan dengan kecepatan yang cukup.

Kalau Endo dilakukan sembari berhenti, tetapi kalau Nose Manual tetap sembari berjalan. Caranya adalah sila taruh salah satu kaki lo di peg depan, kemudian kaki satunya lagi berada di pedal yang siap untuk menjaga keseimbangan dan membiarkan BMX tetap berjalan.

Kemudian, condongkan badan lo ke depan sampai terlihat seperti berdiri. Jika sudah diposisi ini, pastikan lo benar-benar menggenggam stang dengan erat. Karena, jika lo ragu-ragu untuk melakukannya, yang ada lo malah jatuh nanti.

Pogos – Lompatan Kecil

Kalau skateboard bisa melakukan lompatan-lompatan kecil saat tengah berkecepatan cukup, BMX juga bisa, bro! Nama triknya adalah Pogos. Untuk melakukan trik ini, yang mesti lo lakukan adalah rem roda belakang, kemudian taruh kaki di peg belakang, angkat stang dan lompatlah dengan sepeda.

Pastikan badan lo sendiri seperti mengikuti gerakan lompatan tersebut ya. Dengan begitu, lo akan terlihat cukup keren bisa membuat sepeda BMX nya melompat tipis-tipis.

Bunny Hop – Berbeda Dengan Pogos

[MESTI BISA!] 7 Trik Dasar Main BMX Biar Makin Keren, Bro! credit photo: bmxonline.com

Trik yang satu ini cukup sulit untuk dilakukan, lho. Tetapi karena masih termasuk trik dasar, lo mesti menguasainya, lho. Trik ini jelas butuh latihan yang rutin untuk melancarkan gerakannya. Bunny Hop adalah trik di mana lo akan meloncat lebih tinggi dengan sepeda BMX lo tersebut.

Hal ini dikarenakan oleh lo mesti bisa mengkoordinasikan kaki serta tangan untuk memastikan kapan waktu yang tepat buat lompat. Jika lo bisa mendapatkan waktu yang tepat serta tenaga dengan momentum yang pas, lompatan lo akan terlihat tinggi, bro!

Dork Wheeliethe Next Level of Wheelie

Kali ini wheelie yang akan lo lakukan mempunyai tingkat kesulitan baru, lho. Saat melakukan Dork Wheelie pastikan satu kaki lo berada di belakang untuk mengendalikan keseimbangan. Wheelie yang satu ini tidak lo lakukan dengan posisi duduk, tetap berdiri di peg belakang.

Wah bagaimana nih bro? Tujuh trik dasar BMX di atas sudah siap lo coba? Sebelum mencobanya, pastikan lo sudah menggunakan berbagai peralatan perlindungan ya!

 

Source

Feature Image - icebike.org


Please login to comment
1 COMMENTS
Eksan B
March 5, 2019 at 11:27 PM

Sangat keren... Yang penting safety