JAN 12, 2019

6 Fakta Di Balik Indahnya Seni Bela Diri Capoeira yang Penuh Dengan Keunikan!

Capoeira merupakan seni bela diri yang memiliki banyak keunikan dan hal tersebut pun menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Tak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya. Selain itu, juga terdapat beberpa fakta unik yang perlu lo ketahui seputar seni bela diri ini, enggak percaya? Simak saja beberapa informainya di bawah ini!


Apa yang pertama kali terlintas di kepala lo bila membicarakan mengenai Capoeira? Yaap, pasti tak jauh-jauh dari budaya orang Brazil bukan? Seni bela diri yang cukup unik ini memang sudah cukup terkenal di Indonesia. Tak heran apabila sudah banyak di buka tempat pelatihan Capoeira, bukan hanya itu saja namun peminat juga sudah mulai banyak.

Seni bela diri yang terlihat sepintas aneh ini ternyata banyak menarik perhatian banyak orang. Bahkan ada yang mengira kalau bela diri ini sendiri hanya nari-nari saja. Namun, Capoeira sendiri ternyata memiliki fakta serta nilai sejarah yang cukup panjang loh. Dan seni ini sudah ada sejak lama, dari abad ke 15!

Nah, untuk itu di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa fakta menarik mengenai Capoeira itu sendiri. Baik dari segi sejarahnya hingga segala sesuatu yang jarang lo dengarkan sebelumnya. Daripada semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini, semoga bisa berguna dan bermanfaat!

Fakta Seputar Capoeira yang Perlu Lo Ketahui – Berasal dari Angola

Capoeira Pertama Kali di Angola. Credit: en.wikipedia.org

Salah satu fakta yang cukup membuat orang bertanya-tanya ialah darimana asal seni bela diri ini? Karena memang masih terdapat informasi yang simpang siur mengenai hal ini. Sebenarnya untuk awalnya terbuat seni bela diri ini bukan dari Brazil loh bro, melainkan dari Angola.

Angola memang menjadi wilayah yang melahirkan seni ini, namun memang banyak dikembangkan di Brazil. Hal itu tersebut dikarenakan pada saat zaman perbudakan dimana bangsa Portugis banyak mengambil budak dari Angola. Dapat dikatakan pula Capoeira dikembangkan oleh para budak Afrika di Brazil.

Fakta Seputar Capoeira yang Perlu Lo Ketahui – Bela Diri dan Tarian

Ilustrasi Peragaan Capoeira. Credit: /capoeira-rhein-neckar.de/

Alasan mengapa seni bela diri ini memasukkan unsur tari di dalamnya ialah dikarenakan pada zaman perbudakan dahulu, para budak itu tidak diizinkan untuk belajar bela diri, oleh sebab itu mereka sering menyamarkan bela diri tersebut sebagai tarian.

Para budak ini berlatih bela diri saat tidak ada penjaga yang memperhatikan dan mengubahnya menjadi tarian saat penjaga datang. Capoeira sendiri merupakan seni bela diri yang terdiri dari tendangan, perpindahan dan menghindar. Perlu diketahui pula kalau Capoeira diresmikan sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada tahun 2014.

Fakta Seputar Capoeira yang Perlu Lo Ketahui – Alat Musik Tradisional

Penggunaan Alat Musik di Capoeira. Credit: /undergroundsound.eu/

Salah satu alasan mengapa seni bela diri satu ini sangat unik dikarenakan oleh faktor ini, yaap, di setiap pementasan Capoeira itu sendiri pas ada alat musik tradisional yang selalu memberikan sebuah alunan yang indah.

Capoeira sendiri dimainkan dalam sebuah lingkaran dengan beberapa alat musik, biasanya alat musik yang digunakan ialah berimbau. Berimbau merupakan sebuah tongkat panjang yang dililitkan dengan senar. Lalu ada Lalua da Atabaque, semacam gendang atau jimbe.

Alat musik lainnya yang sering digunakan untuk mengiringi Capoeira ialah Pandeiro. Pandeiro merupakan semacam rebana yang terbuat dari kulit sapi dan masih banyak lagi alat masuk yang digunakan ketika Capoeira dipentaskan.

Fakta Seputar Capoeira yang Perlu Lo Ketahui – Memiliki Tingkatan

Sabuk Capoeira. Credit: budointernational.com

Sama halnya seperti bela diri pada umumnya, di dalam seni bela diri Capoeira juga terdapat beberapa tingkatan yang dimulai dari tingkatan pemula hingga sudah senior. Tingkatan itu sendiri juga memiliki warna yang dapat membedakannya.

Capoeirista atau sebutan kepada pemain capoeira pasti akan menggunakan sabuk-sabuk tersebut. Meskipun memiliki tingkatan yang berbeda-beda, awalnya pasti bermula dari Aluno, yaitu pembelajaran Capoeira dari nol.

Kemudian, dilanjutkan menjadi Instrutor, dimana lo sudah bisa mulai memperdalam filosofi dari Capoeira. Setelah itu terdapat tingkatan ketiga atau tingkatan Mestre atau master, yaitu orang-orang yang telah menguasai Capoeira dari beberapa aspek. Yaitu gerakan, filosofi, musik dan aspek lainnya.

Nah, untuk pemberian atau kenaikan sabuk ini sendiri dilakukan berdasarkan kenaikan tingkat dan dipimpin langsung oleh sang Mestre itu sendiri. Tak heran apabila banyak orang yang tertarik mengenai Capoeira itu sendiri, selain indah juga terdapat sebuah filosofi yang cukup mendalam.

Fakta Seputar Capoeira yang Perlu Lo Ketahui – Nama Panggilan

Peragaan Capoeira. Credit: trekkiewonk.blogspot.com

Ini merupakan sebuah kebiasaan yang ada di Capoeira dan merupakan sebuah keunikan. Yaap, setiap orang yang masuk untuk belajar Capoeira akan mendapatkan nama panggilan dari gurunya. Hal ini dilakukan agar lebih mudah untuk mendekatkan diri.

Biasanya nama julukannya itu berbahasa Portugis, bisa berupa nama binatang, benda mati, peraltan rumah tangga dan bahkan kata sifat. Julukan ini pun diberikan berdasarkan fisik dan gerakan dari setiap Capoeirista.

Fakta Seputar Capoeira yang Perlu Lo Ketahui – Masuk ke Indonesia

Ilustrasi Capoeira. Credit: entertainjakarta.wordpress.com

Capoeira sendiri merupakan seni bela diri yang masih terbilang baru di Indonesia, karena baru masuk sejak awal tahun 2000-an. Walaupaun terbilang baru, namun sudah merambah di seluruh kota besar di Indonesia.

Capoeira ini sendiri sudah populer di kalangan remaja bahkan orang tua, karena memang manfaat dari seni bela diri ini bukan hanya sekedar bela diri saja, namun lo juga bisa belajar bahasa asing loh. Bukan hanya itu saja, bilamana lo bisa menguasai Capoeira itu sendiri akan membuat badan lo lebih lentur serta bisa menjadi sebuah aktivitas yang memiliki banyak keuntungan.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Capoeira di atas? Semoga bisa menjadi salah satu informasi yang berguna dan bermanfaat buat lo. Selalu semangat dan jangan berhenti bereksplorasi bro, karena masih banyak hal di dalam dunia ini yang patut untuk lo taklukan!

Source

 

 

 

Featured Image: abadacapoeira.com.au

 


Please login to comment
3 COMMENTS
Nasriadi
January 24, 2019 at 9:05 AM

jadi ingin belajar bela diri ini


Eksan B
February 6, 2019 at 8:14 AM

Smbil bela diri bisa belajar bhasa asing. Keren tuh.


Rykma Alodya
March 6, 2019 at 11:20 PM

Kerenlaah