JAN 12, 2019

Ternyata 5 Pilihan Padang Pasir Ini Terluas yang Ada di Dunia Loh!

Ingin tahu mengenai padang pasir terluas yang ada di dunia? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini, semoga bisa berguna dan bermanfaat!


Apakah lo sadar kalau dunia ini memiliki wilayah yang sangat luas? Tentu saja bukan, bukan hanya lautan atau daratan saja yang mendominasi. Namun juga terdapat beberapa pilihan padang pasir yang memiliki bentangan yang sangat luas. Tak heran apabila banyak dari pilihan padang pasir tersebut yang memiliki wilayah yang mampu membuat orang terpukau.

Nah, berbicra mengenai padang pasir sendiri pasit langsung terlintas di kepala lo mengenai sebuah hamparan pasir yang mampu membuat lo langsung merasa haus seketika, karena memang suasananya pun sangat kering. Dan memang padang-padang pasir ini kebanyakan berada di benua Afrika. Maka tak heran apabila benua tersebut identic dengan suhu yang panas pula.

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan padang pasir terluas yang ada di dunia, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Mungkin lo akan kaget bilamana sudah mengetahui betapa luasnya ukuran dari padang pasir yang akan dibahas. Berikut beberapa informasinya buat lo bro, semoga bermanfaat!

Pilihan Padang Pasir Terluas di Dunia – Gurun Sahara

Suasana di Gurun Sahara. Credit: cheria-travel.com

Untuk pilihan pertama bila membicarakan mengenai padang pasir yang luas, tentunya satu spot ini tidak boleh terlewatkan. Yaap, Gurun Sahara merupakan spot yang dimaksud. Memang eksistensi dari gurun ini pun tidak perlu dipertanyakan kembali.

Dengan luas yang bisa mencapai 9.100.000 km2, gurun ini ternyata juga melintasi beberapa negara loh, seperti Algeria, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Nigeria, Sudan dan Tunisia. Tentunya bisa dibayangkan bukan, betapa luasnya gurun ini.

Tak heran apabila UNESCO menetapkan Gurun Sahara sebagai gurun pasir terluas yang ada di dunia. Ketika tahun 2016 terdapat sebuah peristiwa unik di Gurun Sahara, karena secara tiba-tiba padang pasir ini pun ditutupi lapisan salju selama satu hari.

Pilihan Padang Pasir Terluas di Dunia – Gurun Arabia

Suasana di Gurun Arabia. Credit: masirul.com

Berikutnya mengenai padang pasir terluas yang ada di dunia merupakan Gurun Arabia atau biasa juga disebut Gurun Semenanjun Arabia. Padang pasir ini pun memiliki sebuah daya tarik yang cukup unik karena melintasi beberapa negara yang cukup terkenal di Timur Tengah.

Seperti negara Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Yaman. Luas dari padang pasir ini pun bisa mencapai 2.330.000 km2. Serta Gurun Arabia sendiri juga terdiri atas Gurun An-Nafud dan Rub Al-Khali.

Untuk ukuran wilayah dari Gurung An-Nafud sendiri memiliki luas sekitar 68.035 km2. Sedangkan untuk Rub Al-Khali memiliki luas sekitar 593.110 km2. Buat lo yang ingin melihat betapa megahnya padang pasir ini bisa langsung mengunjungi beberapa negara yang dilintasinya.

Pilihan Padang Pasir Terluas di Dunia – Gurun Gobi

Suasana di Gurun Gobi. Credit: liputan6.com

Padang pasir terluas di dunia pun tak berhenti sampai di situ saja, karena masih ada Gurun Gobi yang patut untuk lo ketahui. Sekarang kita berpindah ke Benua Asia. Gurun Gobi sendiri memang terletak di kawasan Tiongkok dan bagian selatan Mongolia.

Denga luas yang mencapai 1.295.000 km2, padang pasir ini pun patut untuk lo kunjungi sekali dalam hidup lo. Padang pasir terluas yang ada di Asia ini langsung berbatasan dengan Pegunungan Altai di sebelah utara, dataran tinggi Tibet di sebelah barat daya dan dataran Cina Utara di sebelah tenggara.

Di kawasan Gurun Gobi sendiri juga terdapat beberapa pilihan fauna yang cukup unik dan mematikan loh. Salah satunya ialah Cacing Maut Mongolia. Walaupun kecil, namun sangat berbahaya. Tak heran apabila padang pasir ini sangat mematikan bagi manusia.

Pilihan Padang Pasir Terluas di Dunia – Gurun Kalahari

Suasana di Gurun Kalahari. Credit: anivers.net

Kembali ke kawasan Benua Afrika tedapat sebuah padang pasir dengan luas wilayah yang cukup memukau lainnya. Yaitu Gurun Kalahari. Bayangkan saja, Gurun Kalahari memiliki luas yang mencapai 900.000 km2.

Keunikan dari padang pasir ini ialah merupakan kawasan yang semi gurun. Mengapa begitu, karena sebagian wilayah ini kering dan juga terdapat pada rumput setelah terjadinya hujan. Tak heran apabila gurun ini pun menimbulkan rasa penasaran bagi para petualang

Gurun Kalahari sendiri sebagian besar membentang di kawasan Botswana dan beberapa bagian dari Namibia dan Afrika Selatan. Sehingga buat lo yang ingin melihat keindahan dari padang pasir ini, tinggal mengunjungi beberapa pilihan negara tersebut.

Pilihan Padang Pasir Terluas di Dunia – Gurun Patagonia

Suasana di Gurun Patagonia. Credit: travel.tribunnews.com

Selain memiliki keindahan alam yang memukau, Gurun Patagonia juga memilik luas wilayah yang cukup memukau loh. Bayangkan saja, luas dari padang pasir ini bisa menyentuh 673.000 km2. Oleh sebab itu, padang pasir ini pun menjadi yang terluas di Benua Amerika.

Gurun atau padang pasir nan luas ini terletak di 2 negara yang berada di bagian paling selatan dari Amerika Selatan. Tepatnya berada di wilayah Argentina dan Chili. Keindahan alam yang ada di padang pasir ini pun sudah mengundang para petualang untuk mengeksplorasi keindahan yang ada.

Selama satu tahun, wilayah Gurun Patagonia bisa terjadi musim dingin selama tujuh bulan dan musim panas selama lima bulan. Sehingga buat lo yang ingin datang ke padang pasir ini harap untuk memperhatikan kapan musim-musim itu berlangsung. Jangan sampai salah kostum yaa!

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar gurun pasir terluas yang ada di dunia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang paling terpenting ialah untuk selalu semangat dan jangan berhenti berekplorasi, karena masih banyak hal di luar sana yang patut untuk lo taklukan!

Source

 

 

Featured Image: dearyoti.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!