JAN 11, 2019

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan

Di Seoul, lo bisa menjumpai sejumlah kuil dan istana kuno dengan gaya arsitektur indah dan elegan. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya.


Salah satu kota di Korea Selatan yang menyimpan spot wisata sejarah menawan adalah Seoul. Di sana, lo bisa menjumpai sejumlah kuil dan istana kuno dengan gaya arsitektur indah dan elegan. Mengunjungi tempat-tempat ini tentu akan membuat lo mengenal sejarah lebih dekat.

Apa sajakah spot wisata sejarah yang ada di kota Seoul? Berikut adalah 5 di antaranya. Sila dibaca ya bro!

1. Jongmyo Shrine

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan. Photo Credit: theseoulguide.com

Sejak abad ke-14, Jongmyo Shrine telah dimanfaatkan penduduk Korea sebagai tempat diadakannya pemujaan dan ritual adat. Saat berkunjung ke kuil kuno ini, lo bisa mengamati tablet memorial 19 raja dan 30 ratu Korea. Kuil kuno sangat cocok dikunjungi wisatawan yang mencintai hal-hal seputar sejarah.

Pada zaman penjajahan Jepang di Korea, Jongmyo Shrine kabarnya sempat dilanda kebakaran hebat. Meski begitu, seluruh tablet memorial raja dan ratu dalam kuil ini berhasil diselamatkan. Pasca kebakaran, kuil ini mengalami renovasi pada tahun 1601.

Wisatawan yang mendatangi kuil ini pada bulan Mei berkesempatan melihat upacara Jongmyo Jerye. Upacara tradisional ini merupakan bentuk penghormatan terhadap mendiang raja dan ratu dalam wujud persembahan. Jongmyo Jerye kabarnya juga melibatkan upacara doa dari penduduk yang mempunyai hubungan kekerabatan dengan keluarga raja. Untuk menemukan kuil Jongmyo, lo bisa menyambangi wilayah kota Seoul.

2. Changdeokgung

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan. Photo Credit: rip101.com

Istana kerajaan ini merupakan bangunan kuno yang didirkan pada masa pemerintahan Raja Taejo. Lo bisa menemukan Changdeokgung di kota Seoul. Pada tahun 1997 silam, bangunan yang dikenal dengan nama “Istana Changdeok” ini dimasukkan Unesco dalam daftar situs warisan dunia. Keren sekali, bukan?

Bangunan Changdeokgung kabarnya terbagi atas tiga bagian utama, yakni wilayah publik, tempat tinggal keluarga raja, dan taman belakang.  Sama seperti Jongmyo Shrine, istana ini sempat terbakar pada masa kolonialisasi Jepang. Usai peristiwa kebakaran itu, changdeokgung dibangun ulang oleh Pangeran Gwanghaegun pada tahun 1611.

Banyak orang terpikat dengan keunikan gaya arsitektur istana kuno ini. Changdeokgung dianggap sukses memadukan unsur dari tiga kerajaan, yakni Kerajaan Silla, Baekje, dan Goguryeo. Menurut pengamatan sejumlah pihak, setiap bagian arsitektur Changdeokgung mengandung makna yang berhubungan dengan nilai-nilai filosofis. Wajib ke sini deh bro!

3. Changgyeonggung

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan. Photo Credit: wordpress.com

Situs bersejarah ini juga layak dikunjungi wisatawan yang sedang berlibur di Korea Selatan, khususnya di Seoul. Changgyeonggung didirikan pertama kalinya pada tahun 1104 oleh Raja Sejong. Pada masa pendudukan Jepang, istana ini kabarnya sempat dialihfungsikan menjadi kebun binatang dan taman botani di masa lampau.

Changgyeonggung baru dikembalikan ke fungsi aslinya pada tahun 1983. Istana kuno ini terdiri atas beberapa ruangan, yakni Tongmyeongjeon, Hyangyeongjeon, kolam Chundangji, dan paviliun Haminjeong. Changgyeonggung saat ini tidak hanya menjadi situs wisata sejarah bagi penduduk Seoul, melainkan juga menjadi lokasi piknik, melukis, dan bersantai.

Setiap pengunjung istana ini wajib membayar tiket masuk dengan harga yang beragam.  Pengunjung dewasa akan dikenakan tiket seharga 1000 Won, semantara anak-anak wajib membayar 500 Won. Keindahan istana ini tentu patut lo nikmati secara langsung bro!

4. Gyeongbokgung

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan. Photo Credit: koreatraveleasy.com

Istana yang sering dipanggil dengan nama “Bukgowl” ini berdiri di atas lahan seluas 180.000 meter persegi. Bangunan ini didirkan pada tahun 1395 oleh pendiri Dinasti Joseon, Lee Seong-Gye.

Gyeongbokgung memiliki sejumlah bangunan utama, yakni Gyotaejeon, Gyeonghoeru, Geunjeongjeon, Hyangwonjeong, dan Jagyeonjeon. Masing-masing bangunan mempunyai fungsi yang berbeda, misalnya Gyeongeru yang dijadikan tempat berkumpulnya tokoh terkemuka atau Geunjeongjeon yang dimanfaatkan sebagai tempat berlangsungnya paseban agung. Lo akan dibuat terpana begtu melihat desain bangunan ini yang begitu indah dan apik.

Istana ini diketahui hanya tutup setiap hari Kamis. Tiket Gyeongbokgung juga bisa lo pakai untuk menjelajahi Museum Nasional Kerajaan Korea serta Museum Nasional Rakyat. Bangunan berusia lebih dari 500 tahun ini tentu bisa jadi destinasi liburan menarik selama lo berwisata di Korea Selatan.

5. Deoksugung

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan

5 Spot Wisata Sejarah Menawan yang Bisa Lo Temukan di Seoul, Korea Selatan. Photo Credit: kdramalove.com

Apabila lo mencari objek wisata sejarah dengan suasana tenang di Korea, Deoksugung adalah tempat yang sangat direkomendasikan. Istana tradisional ini didirikan oleh Pangeran Wolsan pada abad ke-15. Deoksugung memiliki nama bahasa Inggris “Palace of Virtuous Longevity”.

Usai terjadi peristiwa penyerangan pada tahun 1592, Deoksugung diketahui menjadi tempat tinggal resmi Raja Seongjo selama 16 tahun. Bangunan istana ini awalnya  terdiri dari dua lantai. Kemudian, pada tahun 1906, Deoksugung dibangun ulang hingga akhirnya memiliki satu lantai saja.

Tidak seperti istana kebanyakan, Deoksugung memiliki bentuk bangunan sederhana tanpa disertai hiasan megah. Ruangan utama istana ini diketahui bernama Jungwhajeon. Bangunan tersebut kabarnya digunakan Kaisar Gojong untuk menunaikan tugas negara serta berkumpul dengan pejabat asing.

Jam operasional Deoksugung dimulai dari pukul 09.00 hingga 20.00 waktu setempat. Pengunjung dewasa diwajibkan membayar tiket masuk seharga 1000 Won, sementara anak-anak harus membeli tiket seharga 500 Won. Istana ini diketahui hanya tutup pada hari Sabtu.

Demikian 5 spot wisata sejarah yang bisa lo jumpai di Seoul. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang tengah mencari referensi destinasi wisata menarik di Negeri Ginseng. Selamat berlibur ke sana ya bro!

Source

Feature Image - koreatraveleasy.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!