JAN 15, 2019

Mengintip 5 Gua Berpanorama Indah yang Dimiliki Indonesia

Indonesia menyimpan wisata alam gua yang begitu eksotis dan memanjakan indah. Lo bisa menjumpai gua-gua dengan panorama menakjubkan di berbagai penjuru nusantara. Di mana sajakah itu? Temukan jawabannya dalam artikel ini ya bro!


Indonesia memiliki banyak daerah dengan keindahan wisata alam tak terbantahkan. Selain dipenuhi pantai dan pegunungan elok, Ibu Pertiwi juga menyimpan wisata alam gua yang begitu eksotis. Lo bisa menjumpai gua-gua dengan panorama menakjubkan di berbagai penjuru nusantara.

Gua apa sajakah yang menghadirkan pemandangan memukau di tanah air? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Gua Gong

Mengintip 5 Gua Berpanorama Indah yang Dimiliki Indonesia. Photo Credit: tobasatu.com

Salah satu gua yang dikenal menawarkan pemandangan eksotis adalah Gua Gong. Lo bisa menemukan gua cantik ini di Dusun Pulem, Desa Bromo, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur. Gua ini berlokasi kurang lebih 37 km dari pusat kota.

Gua Gong diketahui memiliki panjang 300 meter. Begitu memasuki Gua Gong, lo akan dibuat terpesona saat melihat lekukan stalagmit dan stalagnitnya yang begitu menawan. Keindahan panorama gua ini juga didukung kehadiran warna-warni lampu sorot di dalamnya.

Asal-usul nama “Gua Gong” kabarnya terinspirasi dari keunikan yang dimiliki gua ini sendiri. Konon, suara gong akan terdengar nyaring ketika lo memukul stalagmit dan stalagtit gua ini. Apabila berwisata ke Pacitan, lo disarankan tak lupa menjelajahi keindahan gua ini. Oke, bro?

2. Gua Pindul

Mengintip 5 Gua Berpanorama Indah yang Dimiliki Indonesia. Photo Credit: tirto.id

Destinasi wisata gua ini berlokasi di wilayah Gunungkidul. Wisatawan dapat menikmati langsung keelokan panorama gua ini di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Gua Pindul sangat cocok dijadikan tempat liburan bagi lo yang ingin rehat sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan.

Saat mendatangi gua ini, lo berkesempatan mencoba aktivitas seru bernama cave tubing. Di dalam kegiatan tersebut, wisatawan dapat mengarungi sungai bawah tanah dengan menaiki pelampung ban. Arus sungai tersebut nantinya membawa wisatawan melintasi lorong Gua Pindul. Seru sekali, bukan?

Dibutuhkan waktu sekitar satu jam bagi wisatawan untuk menjelajahi gua tersebut. Aksi cave tubing ini nantinya berhenti pada sebuah dam. Aliran sungai yang melewati Gua Pindul kabarnya bersumber dari mata air Gedong Tujuh. Pokoknya, lo tak boleh melewatkan keseruan menerobos gua ini dengan ban. Siap, bro?

3. Gua Jatijajar

Mengintip 5 Gua Berpanorama Indah yang Dimiliki Indonesia. Photo Credit: wisatajateng.com

Gua sepanjang 250 meter ini berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.  Gua Jatijajar diketahui terbuat dari batu kapur dan proses pembentukannya berlangsung secara alamiah. Orang pertama yang menyadari keberadaan gua ini adalah petani bernama Jayamenawi. Ia menemukan gua ini pada tahun 1802.

Gua ini memiliki ketinggian 12 meter, lebar 15 meter, serta tingkat ketebalan langit-langit sebesar 10 meter. Ketika menjelajahi isi gua, lo dapat melihat stalagmit dan stalagnit cukup jelas lewat cahaya lampu listrik di bagian dalam. Setiap bagian Gua Jatijajar kabarnya sudah dilengkapi jalan yang terbuat dari beton serta tempat istirahat.

Banyak penduduk Kebumen tertarik menyambangi Gua Jatijajar karena dianggap berhubungan dengan cerita rakyat Lutung Kasarung. Apabila bosan dengan wisata alam seperti pantai ataupun gunung, lo tentu bisa mendatangi Gua Jatijajar untuk mencicipi suasana dan pengalaman baru. Jangan lupa menyambangi tempat ini ya bro!

4. Gua Jomblang

Mengintip 5 Gua Berpanorama Indah yang Dimiliki Indonesia. Photo Credit: koran-jakarta.com

Selain Gua Pindul, Gunungkidul juga memiliki gua indah lain yang pas dikunjungi pada masa liburan. Nama gua tersebut adalah Gua Jomblang. Panorama elok gua ini dijamin bakal membuat lo terbebas dari rasa jenuh dan stres. Lo akan terhipnotis dengan pemandangan indah sewaktu cahaya menerobos masuk ke dalam perut bumi ini.

Wisatawan dapat mengunjungi Gua Jomblang di perbukitan karst Pesisir Selatan yang terbentang dari kawasan Gombong di Jawa Tengah hingga ke kawasan karst Pegunungan Sewu di Jawa Timur. Gua ini kabarnya memiliki kedalaman sejauh 90 meter dari permukaan tanah. Vegetasi di bagian dasar gua ini terbilang subur. Penduduk setempat menyebut daerah tersebut dengan nama “Hutan Purba Kidul” karena terus ditumbuhi berbagai flora unik yang berbeda.

Perlu lo ketahui, Gua Jomblang tercipta melalui proses geologi yang berlangsung ratusan tahun silam. Proses geologi yang terjadi adalah runtuhnya permukaan atas gua hingga menyerupai sinkhole. Apabila bingung menentukan destinasi wisata alam di Yogyakarta, lo bisa mendatangi Gua Jomblang untuk meluangkan waktu liburan.

5. Gua Maharani

Mengintip 5 Gua Berpanorama Indah yang Dimiliki Indonesia. Photo Credit: kidnesia.com

Gua berpanorama cantik ini kabarnya tergabung dengan dua tempat wisata, yakni Maharani Zoo serta Tanjung Kodok Resort. Lo bisa menyambangi Gua Maharani di Lamongan, Jawa Timur. Gua Maharani menyajikan pemandangan stalagmit dan stalagnit yang menyegarkan mata para pengunjungnya.

Setiap sudut Gua Maharani dilengkapi tambahan lampu warna-warni indah dan menakjubkan. Mengamati keindahan gua ini tentu akan membuat pikiran lo teralihkan dari stres. Dengan begitu, lo siap menyambut hari baru dengan energi baru dan pikiran segar.

Saat menyambangi daerah gua ini, wisatawan juga dapat menemukan kebun binatang. Tidak hanya itu, lo juga bisa menikmati Wisata Bahari Lamongan di sekitar area Gua Maharani. Dengan demikian, gua ini tentu layak dikunjungi apabila lo berwisata ke Lamongan.

Demikian 5 destinasi wisata gua yang menyajikan panorama indah kepada pengunjung. Mendatangi gua-gua ini akan membuat pengalaman berlibur lo terasa lebih berkesan dan menyenangkan. Selamat berwisata ke lima gua ini ya bro!

Source

Feature Image - koran-jakarta.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!