JAN 15, 2019

4 Pilihan Spot Diving di Indonesia yang Cukup Menarik Perhatian Para Penyelam!

Keindahan alam bawah laut yang ada di Indonesia memang bagaikan sebuah harta karun, karena masih banyak spot-spot yang unik loh. Beberapa diantaranya ada di bawah ini. Penasaran? Langsung cek sja informasinya!


Berbicara mengenai keindahan alam bahari, tentunya Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keindahan tersebut. Biota lautnya yang unik dan beragam serta jernihnya air laut yang ada menjadi daya tarik yang cukup kuat. Tak heran apabila banyak orang, khususnya penikmat diving yang memilih untuk melakukan penyelaman di beberapa spot yang memang ada di perairan Nusantara.

Kondisi negara kita yang memilki sekitar 18.000 pulau, bukan merupakan hal yang aneh apabila terdapat sebuah spot menyelam atau diving yang memiliki kualitas dunia. Bahkan keindahan alam bawah laut Indonesia pun sudah diakui secara internasional loh. Banyangkan saja kelautan Indonesia merupakan rumah bagi kurang lebih 3.000 jenis ikan serta biota laut lainnya.

Waktu terbaik untuk lo menjelajahi keindahan alam bawah laut yang ada di Indonesia ialah antara Bulan Mei dan September. Karena di jangka waktu tersebut biasanya suhu air yang ada di perairan Indonesia sendiri menyentuh 26-27 derajat Celsius. Selain itu jarak pandang yang lo dapatkan juga jernih dan jelas.

Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai spot-spot diving apa saja yang patut untuk lo kunjungi di Indonesia, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin menyelam ke dalam keindahan alam bawah laut yaa!

Spot Diving yang Indah di Indonesia – Batu Bolong, Pulau Komodo

Keindahan Alam di Batu Bolong. Credit: divebooker.com

Tujuan pertama yang patut untuk lo kunjung bila ingin mendapatkan sebuah spot diving yang indah di Indonesia ialah Batu Bolong. Spot diving ini pun terletak di kawasan Pulau Komodo. Selain dari reptilnya yang unik, ternyata pulau ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa.

Bahkan banyak terdapat banyak pilihan biota laut yang juga unik serta jarang lo dapatkan dimana-mana, termasuk Black Giant Travally dan Giant Sweetlips yang merupakan dua jenis ikan dengan ukuran besar menjadi sebuah daya tarik di Batu Bolong.

Namun lo harus tetap berhati-hati bila melakukan penyelaman di Batu Bolong, terkadang arus air yang ada di bawah sana pun cukup kencang. Sehingga selalu mendengar saran dan arahan dari guidenya yaa. Tentunya keindahan yang ada di Batu Bolong sendiri memiliki keindahan kelas dunia.

Dikarenakan eksistensi dari Batu Bolong yang sangat terkenal, tak heran apabila kawasan atau spot ini seringkali ramai. Oleh sebab itu, tinggal bagaimana lo mengatur waktu dengan para guide agar lo bisa mendapatkan momen paling tepat ketika menyelam di spot ini.

Spot Diving yang Indah di Indonesia – Manta Point, Pulau Komodo

Suasana di Manta Point. Credit: pinterest.com

Masih dari kawasan Pulau Komodo juga terdapat spot lainnya yang memiliki keindahan yang memukau loh, yaitu Manta Point. Dengan wilayah yang cukup luas, tak heran apabila Manta Point ini sering menjadi spot favorit bagi para penyelam baik dari dalam maupun luar negeri.

Kedalaman yang ada di spot ini bisa mencapai 30 meter dengan keindahan yang memukau, mulai dari warna airnya yang jernih membuat lo lebih mudah untuk memandang walaupun dengan jarak yang cukup jauh. Bukan hanya itu saja, kalau beruntung lo bisa bertemu dengan Ikan Pari Manta yang memang menjadi primadona di spot diving ini.

Biasanya orang yang berhasil melihat Ikan Pari tersebut berada di kedalaman sekitar 15 meter di kedalaman maksimal. Biota laut lainnya yang bermacam-macam juga bisa menjadi hal yang mampu memanjakan mata lo ketika menyelam di spot ini.

Spot Diving yang Indah di Indonesia – Sabolan Kecil, Flores

Penampakan dari Fire Dartfish. Credit: equatordiving.com

Setelah puas menjelajahi Pulau Komodo, jangan lupa untuk mampir ke kawasan Flores bro, karena di sana terdapat satu spot diving yang tak boleh lo lewatkan. Karena lo bisa melihat beragam keindahan alam bawah laut yang unik nan menarik.

Lokasinya pun tak begitu jauh dari Labuan Bajo, kurang lebih memerlukan waktu sekitar 15 menit mengguanakan kapal. Yaap, biota laut yang ada di spot ini pun memang benar- benar unik, seperti ikan Fire Dartfish yang merupakan ikan kecil namun memiliki tubuh yang indah dan jarang sekali lo temukan di perairan lainnya. Tak lupa dengan jarak pandang yang jernih serta jelas di kawasan ini yang menjadi sebuah magnet bagi para penyelam.

Untuk kedalaman yang ada di spot diving ini pun bisa mencapai titik 30 meter di kedalaman maksimalnya, tentunya akan banyak hal yang bisa lo dapatkan sehingga pengalaman diving baru pun akan menjadi hal yang sulit untuk dilupakan di dalam kehidupan lo.

Spot Diving yang Indah di Indonesia – Pulau Mahangetang

Suasana Diving di Pulau Mahangetang. Credit: mahasiswarajinblog.wordpress.com

Bila lo berada di kawasan Sulawesi Utara, jangan lupa untuk berkunjung ke Pulau Mahangetang yaa. Karena beragam keindahan alam bawah laut yang ada di kawasan ini pun tak kalah indahnya. Bahkan terdapat gunung berapi yang ada di dalam laut di sana.

Kurang lebih terletak 500 meter dari pulau ini lo sudah bisa melihat gunung api bawah laut yang ada di sana. Bukan hanya itu saja, biota laut seperti Ikan Hiu Hammerhead bisa lo temukan di dalam kawasan alam bawah laut Pulau Mahangetang. Barakuda juga menjadi ikan yang bisa lo temukan di sana.

Kedalaman laut yang bisa menyentuh 40 meter ini juga memiliki jarak pandang yang sangat jelas dan jernih. Walaupun kawasan ini masih belum terkenal apalagi bagi orang awam tentu akan memberikan sebuah kejutan bagi siapapun yang menyelam di kawasan ini.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar spot diving yang ada di Indonesia? Semoga bisa menjadi trip atau destinasi lo berikutnya ketika ingin melakukan penyelaman yaa. Utamakan selalu keselamatan lo dan bersenang-senanglah!

Source 

 

 

 

Featured Image: madmonkeyhostels.com

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!