JAN 17, 2019

5 Spot Diving di Raja Ampat yang Memiliki Keindahan Alam Bawah Laut Nan Eksotis!

Berada di kawasan Raja Ampat tentunya keindahan alam menjadi sebuah daya tarik utamanya, namun apakah lo sudah tahu kalau di dalam kepulauan ini juga memiliki beragam pilihan spot diving yang tak kalah indahnya? Enggak percaya? Simak saja informasinya di bawah ini!


Keindahan alam bawah laut yang ada di Indonesia memang patut untuk diacungi jempol, salah satunya berada di kawasan Raja Ampat. Yaap, kawasan wisata satu ini memang primadona di kawasan Papua Barat. Banyak dari para wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang penasaran terhadap keindahan yang ada di kawasan nan indah ini. Khususnya para penyelam atau divers yang sangat ingin melihat seperti apa kondisi dari alam bawah laut yang ada di kawasan ini.

Yaap, patut untuk diakui bilamana Raja Ampat sendiri memiliki beragam keindahan yang sangat menarik perhatian. Bahkan di atas permukaan saja kepulauan ini pun memiliki kecantikan atau keidahan alam yang sangat memukau. Tak heran apabila pariwisata di kawasan ini kian meningkat. Berbicara mengenai keindahan alam bawah lautnya, Raja Ampat memiliki jarak pandang yang cukup baik loh untuk para penyelam.

Itu menjadi salah satu alasan mengapa banyak dari para penyelam yang ingin sekali untuk melakukan aktivitasnya di kawasan ini. Nah, ada nih beberapa spot menyelam yang indah serta sulit untuk dilupakan bagi mereka yang sudah masuk ke dalamnya. Penasaran bukan? Untuk itu, langsung saja simak informasinya di bawah ini!

Spot Diving Raja Ampat yang Sulit Untuk Dilupakan – Mios Kun

Suasana Menyelam di Mios Kun. Credit: getlost.id

Diving sendiri memang merupakan salah satu aktivitas yang paling tepat untuk dilakukan bilamana lo berada di kawasan Raja Ampat. Nah, Mios Kun merupakan spot yang tepatny untuk lo bisa melakukan aktivitas tersebut.

Terletak di kawasan selatan dekat Kabui Bay, Mios Kun sendiri terdiri dari pemandagan terumbu karang yang indah beserta dengan biota laut lainnya yang menjadikannya bagaikan sebuah taman yang ada di bawah laut.

Dengan kedalaman sekitar 25 meter, di spot ini lo bisa menemukan Ikan Hiu Wobbegong ketika lo menyentuh dasar lautnya. Selain itu, biota laut lainnya seperti Kuda Laut dan Ikan Fusiliers bisa lo temukan di Mios Kun. Bukankah ini merupakan pengalaman menyelam yang cukup indah?

Spot Diving Raja Ampat yang Sulit Untuk Dilupakan – Blue Magic

Suasana Menyelam di Blue Magic. Credit: rajaampatbiodiversity.com

Dengan letaknya yang tidak terlalu jauh dari Mios Kun, kurang lebih berjarak 1 km ke arah selatan, Blue Magic merupakan spot diving berikutnya yang patut untuk lo kunjungi. Tentunya keindahan yang ada di spot ini pun tak kalah dengan lainnya.

Selain itu, spot Blue Magic ini sendiri juga memiliki biota laut yang bermacam-macam. Mulai dari barakuda, red snappers,surgeonfish, ikan tuna dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, pemandangan terumbu karangnya pun menjadi daya tarik lainnya.

Tak heran apabila spot diving yang memiliki kedalaman sekitar 30 meter ini menjadi sebuah magnet bagi para penyelam baik dari dalam maupun luar negeri. Ooo iyaa, perlu diketahui pula kalau spot Blue Magic sendiri memiliki arus yang cukup kuat, sehingga diperlukannya pengalaman menyelam yang cukup tinggi.

Spot Diving Raja Ampat yang Suilt Untuk Dilupakan – Manta Sandy

Suasana Menyelam di Manta Sandy. Credit: scubadivingresource.com

Untuk lo yang ingin sekali melihat Ikan Pari Manta, Manta Sandy menjadi salah satu destinasi yang harus lo kunjungi. Karena bilamana lo mengunjungi spot diving satu ini, kemungkinan besar lo akan bertemu dengan hewan yang lo idamkan tersebut.

Dengan lokasi yang dekat dengan Pulau Arborek, dengan kedalaman yang hanya mencapai 18 meter tentunya Manta Sandy merupakan spot yang cocok untuk siapapun. Karena bisa dikatakan kalau tingkat kesulitannya pun tidak terlalu tinggi.

Kurang lebih bilamana lo melakukan penyelaman di Manta Sandy, lo akan menemukan sekitar 20 ekor Ikan Pari Manta dalam satu kali menyelam. Ternyata spot ini bukan hanya cocok untuk melakukan aktivtas diving saja, namun lo juga bisa snorkeling di sana.

Spot Diving Raja Ampat yang Sulit Untuk Dilupakan – Batu Lima

Ilustrasi Suasana Menyelam di Batu Lima. Credit: papuaparadise.com

Untuk diving spot berikuntya yang berada di kawasan Raja Ampat ialah Batu Lima. Spot yang berada di Selat Dampier ini memiliki kedalaman menyelam sekitar 24 meter dengan kondisi arus yang bermacam-macam. Spot ini pun memiliki beragam pilihan terumbu karang yang indah.

Bukan hanya dengan berbagai macam saja namun ukuran terumbu karang yang ada di Batu Lima ini sendiri sangatlah besar. Sehingga lo tidak perlu untuk jauh-jauh menyelam untuk melihat keindahan yang ada. Bahkan dengan menyelam sejauh beberapa meter saja lo sudah bisa melihat terumbu karang indah yang berwarna ungu.

Tak perlu khawatir, di kawasan Batu Lima, lo juga bisa melihat beraga pilihan biota laut yang tak kalah indah. Biota laut dengan pilihan ikan dengan warna warninya indah, ditambah dengan adanya Hiu Blacktip di kawasan atau spot diving ini.

Spot Diving Raja Ampat yang Sulit Untuk Dilupakan – Mike’s Point

Suasana di Mike's Point. Credit: rajaampatbiodiversity.com

Bukan Raja Ampat namanya apabila tidak memiliki beragam spot-spot diving yang indah, karena memang di kawasan perairan kepulauan ini pun menyimpan banyak misteri keindahan yang tentunya banyak membuat orang penasaran.

Nah, Mike’s Point merupakan salah satu diantaranya, masih terletak di kawasan Selat Dampier, spot ini pun banyak pula menarik perhatian karena keindahan yang dimiliki. Dengan tingkat kedalaman yang mencapai 30 meter, tentunya pengalaman serta kemampuan menyelam yang tinggi pun diperlukan.

Berada di kedalam maksimalnya, lo bisa melihat bentangan terumbu karang yang indah beserta dengan pilihan penyu serta ikan hiu yang berenang secara bebas. Tentunya hal ini bisa menjadi sebuah pemandagan yang indah.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar spot diving yang ada di Raja Ampat? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kelestariannya yaa. Semangat selalau dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: rajaampatbiodiversity.com

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Hendy Nugroho
March 10, 2019 at 10:24 AM

Raja Ampat mantul