5 Deretan Rumah Adat yang Unik Serta Ikonik di Indonesia!

Rumah adat di Indonesia memang beragam-ragam, namun tahu enggak lo kalau terdapat 5 rumah yang paling ikonik serta unik? Penasaran? Lihat saja informasinya di bawah ini!

5 Deretan Rumah Adat yang Unik Serta Ikonik di Indonesia!

Merupakan sebuah kebanggaan apabila berbicara mengenai budaya di Indonesia, karena memang negeri ini memiliki beragam budaya dari Sabang hingga Merauke. Di dalam kebudayaan tersebut terdapat pula beberapa pilhan rumah adat yang menjadi simbol dari suku-suku yang mendiami negara kepulauan ini. Bahkan setiap daerah pun memiliki rumah adat yang berbeda-beda. Namun dari beberapa pilhan rumah adat yang ada, tentunya terdapat segelintir yang paling populer.

Rumah adat sendiri juga merupakan peninggalan leluhur yang penuh dengan nilai-nilai budaya, sehingga mengetahui beragam rumah adat yang ada pun menjadi nilai tambah buat lo sebagai orang Indonesia. Bukan hanya itu saja, namun juga mampu menyadarkan kalau memang Indonesia ini sangatlah beragam, bukan hanya terdiri dari satu suku saja. Kebersamaan serta toleransi pun menjadi harga mati yang harus selalu dijunjung.

Nah, untuk itu di bawah ini terdapat informasi untuk mengingatkan kembali mengenai pilhan rumah-rumah adat di Indonesia yang memiliki bentuk sangat unik serta populer. Daripada lo semakin penasaran, berikut deretan ruma adat paling populer di Indonesia.

Deretan Rumah Adat di Indonesia – Rumah Adat Limas

5 Deretan Rumah Adat yang Unik Serta Ikonik di Indonesia!

Penampakan dari Rumah Adat Limas. Credit: dekoruma.com

Untuk pilihan pertamanya, rumah adat paling populer di Indonesia yaitu Rumah Adat Limas. Yaap, buat lo yang tinggal di kawasan Sumatera Selatan seharusnya sudah tidak asing lagi. Yaap, ruah adat yang memiliki bentuk limas dengan bangunan bertingkat-tingkat ini sangatlah unik loh.

Selain dari bentuknya yang ikonik, rumah ini juga memiliki filosofi budayanya tersendiri. Bahkan tiap tingkatnya pun memiliki filosofi yang berbeda. Perlu diketahui pula kalau rumah ini memiliki tingkatan dan lima buah ruangan.

Kelima ruangan tersebut juga menjadi simbol dari lima jenjang kehidupan masyarakat, yaitu usia, jenis, bakat, pangkat serta martabat. Sehingga bilamana lo sedang berada di kawasan Sumatera Selatan, jangan lupa untuk melihat bagaimana rumah ini menjadi sebuah daya tarik bagi para wisatawan.

Deretan Rumah Adat di Indonesia – Rumah Adat Joglo

5 Deretan Rumah Adat yang Unik Serta Ikonik di Indonesia!

Suasana di Rumah Adat Joglo. Credit: rumahjoglo.net/

Merupakan salah satu rumah yang tidak asing lagi, karena memang sangat sering sekali menjadi bahan pembicaraan apabila jatuh kepada rumah adat. Rumah Adat Joglo memiliki bentuk arsitektur yang sangat unik beserta penuh dengan sarat akan nilai kebudayaan masyarakat Jawa.

Bahan pembuatan dari rumah ini terbuat dari kay jati, hal tersebut pun yang membuat struktur dari rumah ini pun tahan lama serta kuat. Rumah yang berbentuk persegi panjang ini juga memiliki atap yang sengaja dibuat tinggi. Hal ini pun sangat ikonik dan selalu menempel di rumah adat ini.

Untuk menemukannya pun tergolong mudah, karena lo hanya perlu jalan-jalan ke kawasan Jawa Tengah, lalu dengan mudahnya pula lo akan menemukan deretan rumah adat ini di kawasan tersebut. Buat lo yang tertarik untuk melihat secara langsung keunikannya, langsung saja datang ke daerah tersebut yaa.

Deretan Rumah Adat di Indonesia – Rumah Adat Tongkonan

5 Deretan Rumah Adat yang Unik Serta Ikonik di Indonesia!

Penampakan Rumah Adat Tongkonan. Credit: tradisikita.my.id

Berikutnya bila berbicara mengenai rumah adat, Tongkonan merupakan rumah yang jangan sampai terlewatkan. Karena memang rumah adat satu ini memiliki daya tarik yang sangat indah. Bentuknya yang unik bagaikan perahu dengan struktur rumah panggung pun menjadi magnet bagi para wisatawan.

Tiang penyangga yang berbentuk bulat berdiri berjajar menopang banguna rumah ini. Belum lagi dengan adanya susunan tanduk kerbau di depan rumahnya, selain sebagai hiasan, tanduk kerbau tersebut juga menunjukkan tingkat strata sosial dari pemilik rumah.

Tana Toraja yang terletak di Sulawesi Selatan ini juga memiliki beragam budaya yang tergolong unik dan hanya bisa lo lihat di kawasan tersebut. Seperti pesta adat Rambu Solo yang merupakan perayaan atas meninggalnya orang Toraja ini menjadi magnet bagi setiap wisatawan yang datang ke sana.

Deretan Rumah Adat di Indonesia – Rumah Panggung Minahasa

5 Deretan Rumah Adat yang Unik Serta Ikonik di Indonesia!

Penampakan Rumah Panggung Minahasa. Credit: rumahpanggungsulut.blogspot.com

Masih berasal dari kawasan Pulau Sulawesi, namun tepatnya berada di bagian utaranya. Terdapat sebuah rumah adat yang banyak menarik perhatian, yaitu Rumah Panggung Minahasa. Rumah adat yang juga terkenal dengan sebutan “wale” atau “bale” ini merupakan rumah yang ditopang oleh beberapa kayu.

Rumah ini pun mampu berdiri kooh dengan dua tangga di serambi bagian depannya. Sesuai dengan filosofi masyarakat Minahasa, dua tangga tersebut bermakna khusus pada saat oeminangan. Uniknya lagi, rumah ini memiliki ukuran yang cukup luas, bahkan mampu dihuni oleh enam hingga 8 orang loh.

Bila lo berada di Sulawesi Utara, bukan merupakan hal yang sulit untuk bisa menemukan rumah adat ini, karena memang hampir di setiap pinggir jalannya lo bisa menemukan rumah ini. Kalau lo ingin melihat serta merasakan secara langsung keaslian dari rumah ini, langsung saja rencanakan perjalanan lo ke Sulawesi Utara bro.

Deretan Rumah Adat di Indonesia – Rumah Adat Honai

5 Deretan Rumah Adat yang Unik Serta Ikonik di Indonesia!

Penampakan Rumah Adat Honai. Credit: id.wikipedia.org

Berada di kawasan Papua, rumah adat satu ini sangatlah unik. Karena memiliki bentuknya yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan rumah lainnya. Namun hal ini menjadi sebuah karakter yang kuat serta ikonik.

Rumah yang berbentuk kerucut dan dibangun dari material alam ini pun patut menjadi salah satu rumah adat yang harus lo kunjungi suatu saat. Bukan hanya itu saja, namun rumah adat ini memiliki tiga kategori yang dipisahkan menurut jenis kelamin serta hewan. Untuk pria bernama Honai, wanita bernama Ebei dan kandang hewan bernama Wamai.

Rumah adat ini bagi masyarakat Papua bukan saja menjadi tempat tinggal semata, melainkan juga sebagai tempat pengajaran kehidupan untuk mendidik para pria atau wanita. Memang untuk menemukan rumah ini sedikit suli, karena lo harus menempuh jalan masuk ke pedalaman Papua.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar rumah adat di Indonesia? Semoga bisa menjadi panduan lo yaa ketika ingin mengetahui pilihan-pilhan rumah adat. Teruslah jaga kebudayaan Indonesia dan lestarikanlah selalu!

Source

 

 

 

Featured Image: tanyadokter.com

 

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

2 COMMENTS

SHARE
If it's not too much trouble share more like that. http://yogaexercise.doodlekit.com/home/ashtanga-yoga
Tongkonan terkeren