JAN 25, 2019

Ternyata Ini Merupakan 5 Gunung Tertinggi yang Ada di Asia Tenggara Loh Bro!

Selain Indonesia, di kawasan Asia Tenggara juga memiliki pilihan gunung-gunung tertinggi yang patut untuk lo taklukan. Enggak percaya? Lihat saja informasinya di bawah ini bro!


Berbicara mengenai gunung tertinggi, tentunya Asia Tenggara merupakan kawasan dimana terdapat beberapa pilihannya yang patut untuk lo ketahui. Karena bukan hanya Indonesia saja loh yang memiliki gunung-gunung dengan ketinggian yang ekstrem. Negara-negara seperti Myanmar atau Malaysia ternyata memiliki koleksi gunung yang patut untuk lo taklukan loh. Apabila lo sudah puas mendaki gunung-gunung yang ada di dalam negeri, tak ada salahnya untuk mencoba untuk mempijakkan kaki lo di luar negeri.

Namun memang keunggulan yang dimiliki oleh Indonesia ialah dari jumlah gunung yang dimiliki, namun kalau soal ketinggian, weitss jangan salah dulu bro, ada loh negara di Asia Tenggara yang mengalahkan gunung-gunung yang ada di Indonesia.

Penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini mengenai pilihan gunung tertinggi yang ada di Asia Tenggara. Tentunya gunung-gunung ini pun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, tak heran apabila banyak orang yang ingin menaklukan tantangan yang ditawarkan oleh gunung-gunung tertinggi tersebut. Semoga berguna dan bermanfaat yaa!

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara – Gunung Ramelau, Timor Leste

Ternyata Ini Merupakan 5 Gunung Tertinggi yang Ada di Asia Tenggara Loh Bro!

Suasana di Gunung Ramelau. Credit: wow.tribunnews.com

 Untuk pilihan gunung tertinggi yang ada di Asia Tenggara ialah Gunung Ramelau. Gunung yang terletak di kawasan Timor Leste ini memiliki ketinggian sekitar 2.986 meter di atas permukaan laut. BUkan hanya itu saja gunung ini juga memiliki pemandangan alam yang memukau.

Buat lo para pecinta alam, tentunya merupakan hal yang patut untuk lo lakukan untuk menaklukan puncak dari gunung ini ketika berada di sana. Tentunya kesiapan fisik dan mental merupakan hal yang harus lo penuhi terlebih dahulu untuk bisa mendaki gunung ini.

Gunung ini terletak sekitar 70 km di bagian selatan ibu Kota Dili di sistrik Ainaro. Selain itu Gunung Ramelau ini sendiri merupakan situs budaya dan sejarah besar bagi masyarakat Timor Leste. Gunung ini juga sering dikunjungi untuk tujuan agama dan budaya.

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara – Gunung Fansipan, Vietnam

Ternyata Ini Merupakan 5 Gunung Tertinggi yang Ada di Asia Tenggara Loh Bro!

Suasana di Gunung Fansipan. Credit: sapadragonhotel.com

Berikutnya mengenai gunun tertinggi yang ada di Asia Tenggara, Vietnam merupakan destinasi yang patut untuk lo kunjungi. Karena di dalam negara ini terdapat Gunung Fansipan yang memiliki ketinggian sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut.

Selain dari ketinggiannya, gunung ini juga memiliki pemandangan alam yang memukau. Bukan hanya itu saja, lo juga akan dihadapkan dengan medan yang cukup sulit untuk ditaklukan. Sehingga peralatan yang diperlukan pun cukup banyak serta lo harus memiliki fisik yang kuat.

Gunung yang terletak di Provinsi Lao Cai wilayah barat laut Vietnam ini kurang lebih berjarak 9 km sebelah barat daya dari Sa Pa Township di pegunungan Hoang Lien Son. Karena memang Vietnam sendiri tidak hanya memiliki deretan pantai yang indah.

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara – Gunung Kinabalu

Ternyata Ini Merupakan 5 Gunung Tertinggi yang Ada di Asia Tenggara Loh Bro!

Suasana di Gunung Kinabalu. Credit: adventoro.com

Sebagai negara tetangga yang dekat dengan Indonesia, ternyata Malaysia juga memiliki gunung yang cukup tinggi loh. Gunung ini pun juga sering menjadi target bagi para pendaki, karena memang dari keindahan alamnya yang ada beserta dengan tantangan yang akan dihadapi.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 4.095 meter di atas permukaan laut ini memang merupakan destinasi yang tepat buat lo. Karena selain dari ketinggiannya, gunung ini juga memiliki pemandangan alamnya yang memukau.

Selain itu, Gunung Kinabalu juga masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dikarenakan kekayaan ekologis yang terdapat didalamnya. Lalu, gunung ini juga merupakan tempat habitat kurang lebih 6.000 spesies flora, 326 burung dan 100 spesies mamalia.

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara – Puncak Jaya, Indonesia

Ternyata Ini Merupakan 5 Gunung Tertinggi yang Ada di Asia Tenggara Loh Bro!

Susana di Puncak Jaya. Credit: adventurealternative.com

Berikutnya merupakan gunung yang berasal dari Indonesia, yaap gunung yang memang sudah sangat terkenal di kalangan para pendaki ini memang memiliki ketinggian yang cukup ekstrem. Tak heran apabila lo sudah bisa menaklukannya, rasa bangga pun akan datang.

Puncak Jaya merupakan sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua. Dengan ketinggian yang mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut ini terdapat gletser Carstensz di sekitarnya, yang merupakan satu-satunya gletser tropika di Indonesia.

Namun sayangnya gletser tersebut semakin sedikit karena pemanasana global. Puncak ini merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia dan puncak in ijuga merupakan salah satu dari tujuh puncak dunia loh. Apakah lo sudah siap untuk menaklukan puncaknya?

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara – Gunung Hkakabo Razi, Myanmar

Ternyata Ini Merupakan 5 Gunung Tertinggi yang Ada di Asia Tenggara Loh Bro!

Suasana di Gunung Hkakabo Razi. Credit: gearminded.com

Gunung tertinggi yang ada di Asia Tenggara jatuh kepada Gunung Hkakabo Razi yang berada di kawasan Myanmar. Yaap, gunung yang memiliki ketinggian sektiar 5.881 meter di atas permukaan laut ini memang memiliki keunikan serta pemandangan alam yang indah.

Terletak di bagian utara negara Myanmar tepatnya di Provinsi Kachin dan merupakan bagian dari Taman Nasional Hkakabo Razi yang dibuka sejak tahun 1998.  Untuk pendaki pertama yang berhasil menaklukan puncak ini ialah pendaki asal Jepang ialah Takahashi Ozaki.

Perlu diketahui kalau gunung ini merupakan pembatas antara tiga negara yaitu Tibet, India dan Myanmar. Nah, apakah lo sudah siap untuk menaklukan gunung tertinggi yang ada di Asia Tenggara ini? Siapkan segala persiapan lo serta mental dan fisik lo sebelum mendaki gunung ini.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar gunung tertinggi yang ada di Asia Tenggara di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu mengutamakan keselamatan lo dan semangat selalu!

Source

 

 

Featured Image: klook.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Juang Pratama
January 27, 2019 at 12:06 PM

nice info