6 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni

Salah satu kemungkinan terburuk yang bisa lo alami ketika traveling adalah terdampar di pulau terpencil yang tidak dihuni siapapun. Apa sajakah hal yang harus dilakukan selama terdampar di pulau? Temukan jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!

6 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni

Salah satu kemungkinan terburuk yang bisa lo alami ketika traveling adalah terdampar di pulau terpencil yang tidak dihuni siapapun. Lo bisa saja mendarat di pulau terpencil usai mengalami kecelakaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, lo sebaiknya mengetahui tips bertahan hidup saat terdampar di pulau tak berpenghuni.

Apa sajakah hal yang harus dilakukan selama terdampar di pulau terpencil? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Mencoba Berpikir Positif

6 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni

6 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni. Photo Credit: travelandleisure.com

Saat terdampar di pulau terpencil, kepala lo akan mudah dipenuhi berbagai pikiran negatif. Oleh sebab itu, lo disarankan segera mengubah mindset dan menganggap laut sebagai sumber persediaan makanan berlimpah yang menawarkan kehangatan alami. Jadi, jangan biarkan pikiran negatif dan rasa panik menguasai diri lo selama terdampar.

Dengan mencoba berpikir positif, lo bakal terpacu untuk mencari jalan agar tetap bertahan hidup di tengah-tengah situasi darurat. Menumbuhkan sikap optimisme dalam diri juga akan membuat lo menjadi tegar menghadapi segala kesulitan yang ada selama terdampar. Dengan demikian, pikiran positif dan sikap optimis bisa menjadi faktor penting yang menentukan hidup atau matinya seseorang di suatu pulau.

Perlu lo ketahui, banyak orang mampu bertahan di pulau terpencil dalam jangka waktu lama karena terus beradaptasi, tenang, dan berpikir jernih. Oleh sebab itu, jauhi segala pikiran negatif selama terdampar serta cobalah bersikap optimis ketika berhadapan dengan sejumlah tantangan. Oke bro?

2. Menciptakan Pisau, Kapak, dan Palu

Untuk tetap menjaga kelangsungan hidup, lo bisa memanfaatkan barang dari perahu atau pesawat yang rusak. Barang-barang tersebut nantinya dapat lo pergunakan untuk membuat berbagai macam kebutuhan penting. Misalnya seperti mendirikan tempat tidur, tempat berteduh, serta membuat pakaian dan alas kaki.

Barang penting lainnya yang perlu disiapkan selama terdampar di pulau terpencil adalah pisau. Alat tersebut tidak hanya akan membantu lo untuk bertahan hidup, melainkan juga untuk berkembang. Selain pisau, barang lainnya yang patut lo persiapkan ketika terdampar pulau adalah kapak dan palu. Kehadiran barang-barang ini bakal memudahkan lo mengerjakan berbagai aktivitas di sana.

3. Menyantap Makanan yang Aman dari Racun

6 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni

6 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni. Photo Credit: yvonnenovela.files.wordpress.com

Biasanya, pulau terpencil menyajikan banyak pilihan makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Meski begitu, lo tetap harus mewaspadai jenis makanan yang disantap agar tidak terkena racun atau penyakit yang terkandung di dalamnya. Contoh makhlut laut yang bisa lo makan selama terdampar adalah ikan, kerang, moluska, rumput laut, dan lain-lain.

Ada sejumlah cara untuk mengetahui apakah kerang atau tiram mengandung racun atau tidak. Apabila kerang memilliki cangkang yang sukar dibuka, mereka biasanya aman untuk dikonsumsi. Sementara itu, jika kerang yang lo temukan memiliki cangkang yang mudah terbuka, mereka sebaiknya tidak dimakan karena mungkin mengandung  penyakit. Oke, bro?

Cara lainnya untuk memastikan apakah makanan laut mengandung racun atau tidak adalah dengan menggosoknya di bagian punggung tangan. Trik ini berlaku jikan makanan yang lo pilih adalah keram atau tiram. Setelah menggosokkannya ke tangan, tunggulah beberapa menit untuk mengetahui apakah makanan tersebut menimbulkan reaksi gatal atau reaksi lainnya.

Selama terdampar di pulau terpencil, lo dianjurkan untuk memasak makanan terlebih dahulu sebelum menyantapnya. Tujuannya tidak lain agar parasit yang terkandung di dalam makanan tersebut dapat benar-benar mati. Cara ini juga dimaksudkan kandungan racun dalam makanan tersebut dapat berubah menjadi netral. Contoh makanan yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu adalah ikan kerang.

4. Mencari Sumber Air

Salah satu hal yang amat menunjang kehidupan seseorang selama terdampar di pulau adalah air. Jika tidak mendapat kebutuhan air di pulau selama berhari-hari, lo diprediksi bakal mati akibat dehidrasi. Selain itu, beraktivitas di pulau beriklim panas selama berjam-jam tanpa air akan berdampak terhadap menurunnya kemampuan berpikir secara drastis.

Oleh sebab itu, lo disarankan membuat wadah untuk menampung air hujan selama terdampar. Apabila pulau yang lo tempati berbentuk hamparan pasir tandus, coba terapkan teknik penyulingan di gurun pasir. Jika pilihan yang tersedia hanyalah air laut, lo bisa memakai teknik desalinasi untuk mengolah air laut menjadi minuman yang aman dikonsumsi.

Untuk melakukan proses desalinasi, lo dapat menggunakan bahan-bahan dari rongsokan kapal karam. Penguasaan teknik ini akan sangat membantu lo bertahan hidup di pulau karena juga dapat digunakan untuk mendaur ulang air seni menjadi air tawar. Jadi, jangan lupa pelajari teknik ini ya bro!

5. Mendirikan Tempat Berlindung

6 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni

6 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni. Photo Credit: 1mhowto.com

Selama terdampar, lo perlu membuat tempat berteduh untuk bertahan dari cuaca. Kehadiran tempat berlindung akan sangat diperlukan terutama jika pulau yang lo tempati sering mengalami hujan petir di malam hari. Dengan mendirikan tempat berlindung, lo bisa terhindar dari gejala hipotermia.

6. Membuat Api Unggun

6 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni

6 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Tak Berpenghuni. Photo Credit: survivalfilms.files.wordpress.com

Sebelum bepergian, ada baiknya lo sudah menguasai teknik membuat api secara manual. Pasalnya, teknik ini akan membantu lo untuk bertahan hidup di pulau terpencil. Lo bisa memanfaatkan kehadiran api untuk memasak serta untuk menjauhkan lo dari gangguan binatang buas seperti ular.

Demikian 6 tips bertahan hidup saat terdampar di pulau tak berpenghuni. Semoga informasi ini bisa membantu lo jika terjebak di suatu pulau terpencil. Pokoknya, jangan lupa terapkan 6 hal agar tetap mampu bertahan hidup ya bro!

Source

Feature Image - imdb.com

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

3 COMMENTS

SHARE
I liked reading your packing list, very exhaustive and helpful. I would like to see Patagonia sometime but not hike that much due to my old age. Good luck and best to your journeys and keep writing on pay for research paper on your adventure.
I have bookmarked your blog, the articles are way better than other similar blogs.. thanks for a great blog. Company setup in Dubai
Jangan sampai yaa terdampar.. Kalau terdampar dihatinya boleh :D