JAN 28, 2019

5 Tips dan Hal Penting Untuk Hiking yang Mesti Lo Ketahui Sebelum Berpetualang!

Udah mau berangkat Hiking? Eits, nanti dulu bro! Apa lo sudah tahu setidaknya ada 5 tips dan hal penting yang mesti lo ketahui sebelum berpetualang? Sikat dulu nih bro!


Katanya, untuk mengetahui indahnya dunia, lo mesti berjibaku dengan tantangan untuk mendapatkan segala keindahan tersebut. Setuju?

Hiking atau dalam bahasa indonesianya mendaki, adalah salah satu aktivitas seru yang digemari oleh para petualang.

Menaklukan berbagai ganasnya pegunungan dan seramnya hutan-hutan lebat, adalah beberapa hal seru yang akan lo dapatkan ketika melakukan pendakian. Para petualang di luar sana mungkin sudah biasa untuk keluar masuk pegunungan atau hutan lebat. Tapi, apakah hiking atau pendakian lo sudah dilakukan dengan benar?

Pertanyaan tersebut menjadi akar pembahasan untuk ulasan kali ini. Petualangan atau pendakian lo akan terasa sangat menyenangkan serta mengasyikan jika lo mengikuti 5 hal penting yang mesti lo ketahui di bawah ini.

Beberapa Hal Inti Untuk Menaklukan

Segala Tantangan Saat Hiking

5 Tips dan Hal Penting Untuk Hiking yang Mesti Lo Ketahui Sebelum Berpetualang! credit: kcbariatric.com

Petualangan di alam bebas sangat rekat dengan menantang segala bahaya di luar sana. Tapi, tentu hal tersebut justru menjadi hal-hal yang menyenangkan bagi para petualang. Oleh karena itu, tetap saja lo mesti tahu beberapa hal inti untuk melewati atau menyelesaikan segala tantangan yang lo temui di luar sana.

Dimulai dari membawa peta dan kompas, membawa beberapa surviving tools seperti pisau lipat, alat penyaring air bersih, dan beberapa pemantik agar mudah membuat api unggun adalah beberapa langkah yang mesti lo siapkan untuk memulai petualangan.

Selain itu, meski sudah diramalkan cuaca spot petualangan yang akan lo datangi akan baik-baik saja, asumsikan lah cuaca tersebut bisa berubah-ubah dan itu artinya, lo mesti tetap membawa peralatan penangkal hujan, seperti jaket ponco, tenda anti air dan tentu jaket hangat.

Kemudian, jangan menyalakan obor sembarangan! Ingat bro, lo berada di alam bebas di mana bisa saja apapun itu akan tertarik dengan obor yang lo nyalakan untuk menerangi tempat di mana lo tengah berpijak. Oleh karena itu, lampu senter adalah hal yang praktis untuk menyelesaikan masalah kegelapan tersebut.

Terakhir, pastikan membawa dan menyimpan makanan serta minuman lebih sebagai bekal perjalanan. Lo tidak bisa memprediksi apa saja yang akan terjadikan? Oleh karena itu, pastikan perut tetap terisi agar petualangan lo semakin seru!

[BEST TIME TO HIKE] Siang Hari Adalah Waktu yang Tepat!

5 Tips dan Hal Penting Untuk Hiking yang Mesti Lo Ketahui Sebelum Berpetualang! credit: colorado.com

Siang hari adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan pendakian atau hiking. Hal ini tentu dikarenakan oleh eksposur sinar yang cukup untuk mengamati segala keindahan alam yang ditawarkan di spot petualangan tersebut.

Namun, tidak serta merta lo bisa pede saja nih ketika hiking di tengah hari begitu. Pastikan tetap membawa peralatan penangkal hujan karena cuaca bisa kapan saja berubah dan tidak bisa diprediksi secara presisi.

Oh iya, pastikan juga lo menggunakan alas kaki sesuai dengan medan yang akan lo tempuh ya. Amannya sih, lo bisa saja menggunakan sepatu khusus untuk mendaki gunung karena sudah didesain untuk melewati berbagai medan.

Namun, jika medan yang akan dilewati cukup aman, lo bisa saja lho menggunakan Sneakers. Sekarang ini, sudah banyak juga pendaki yang menggunakan sneakers mereka untuk melewati berbagai medan di spot petualangan yang mereka sambangi.

Wah, tetap kelihatan keren terus, bro!

Siap Menjawab Tantangan Selanjutnya?

Mulai Pendakian Malam Hari!

5 Tips dan Hal Penting Untuk Hiking yang Mesti Lo Ketahui Sebelum Berpetualang! credit: thoughtco.com

Night Hiking atau pendakian malam adalah sebuah tantangan selanjutnya yang bisa lo lakukan nih. Namun, jelas seperti yang sudah disebutkan di atas, pastikan lo membawa senter agar tidak terlalu menarik perhatian para penghuni di sana.

Kemudian, karena berjalan atau hiking saat malam hari, pastikan juga lo menggunakan kacamata atau goggle bening untuk menghindari mata lo dari terpaan ranting-ranting pepohonan yang tidak kelihatan saat malam hari.

Lalu, karena saat malam hari suhu udara akan berubah tiba-tiba dan bisa menjadi salah satu suhu ekstrem, pastikan juga lo menggunakan jaket serta pelapis tubuh yang hangat untuk menghindari hipotermia.

Mau Coba Keseruan Lainnya?

Ajak Binatang Peliharaan

Lo Sebagai Teman Hiking!

5 Tips dan Hal Penting Untuk Hiking yang Mesti Lo Ketahui Sebelum Berpetualang! credit: blog.bcbsnc.com

Eh, jangan langsung coba ajak anjing atau binatang peliharaan lainnya ke trek yang cukup sulit, lho. Pastikan jika hal ini adalah yang pertama untuk lo, bawalah hiking atau pendakian yang dekat dan singkat saja.

Jika anjing atau binatang peliharaan lo sudah biasa melakukan perjalanan dan petualangan jauh, barulah lo bisa membawa mereka ke jalur-jalur pendakian yang ekstrem. Wah tentu seru sih!

[INGAT] Jangan Tinggalkan Jejak Apapun

5 Tips dan Hal Penting Untuk Hiking yang Mesti Lo Ketahui Sebelum Berpetualang! credit: backpacker.com

Jangan tinggalkan jejak apapun saat hiking atau mendaki di manapun. Bro, pastikan lo mengumpulkan seluruh sampah yang lo hasilkan, dan bawah semua itu turun kembali. Jangan tinggalkan sampah sebagai jejak petualangan lo, ya!

Rawat alam lo nih bro, agar setiap generasi penerus bisa menikmati segala keindahan alam yang sekarang ini masih bisa lo nikmati. Oleh karena itu, pastikan tidak ada sampah yang tertinggal dan tidak melakukan pengerusakan seperti adanya vandalisme di beberapa puncak gunung yang ada di Indonesia.

Tidak boleh lo tiru nih ya!

Wah bagaimana nih bro? 5 Hal penting yang mesti lo ketahui sebelum berangkat berpetualang atau mendaki, sudah paham kan? Kalau sudah, tinggal sekarang lihat jadwal dan daftar perjalanan lo. Pastikan mempunyai waktu kosong untuk menjelajah keindahan alam yang ada di sekitar lo bro!

 

Source

Feature Image - banfflakelouise.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!