JAN 30, 2019

Deretan 4 Pantai dengan Ombak Menantang di Pangandaran, Peselancar Wajib Tahu!

Kabupaten Pangandaran menyimpan pantai indah yang sering dijadikan tempat berselancar wisatawan lokal dan mancanegara. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!


Kabupaten Pangandaran menyimpan pantai indah yang sering dijadikan tempat berselancar wisatawan lokal dan mancanegara. Di sana, lo bisa menemukan sejumlah pantai dengan ombak menantang yang bakal memuaskan dahaga pecandu adrenalin. Mantap sekali ‘kan bro?

Apa saja pantai di Pangandaran yang cocok dijadikan tempat berselancar? Berikut adalah 4 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Pantai Bulak Setra

Deretan 4 Pantai dengan Ombak Menantang di Pangandaran, Peselancar Wajib Tahu! pemudapangandaran.blogspot.com

Lo bisa menemukan pantai ini di Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Pantai Bulak Setra berlokasi di kawasan pantai timur Pangandaran, dekat pelabuhan nelayan Cikidang.  Pantai ini memliki break water yang membuat gelombang ombak menjadi tidak terlalu liar. Dengan demikian, lo dapat puas berselancar di sini dengan perasaan aman dan nyaman.

Pantai Bulak Setra juga pas dijadikan arena latihan bagi para peselancar pemula. Wisatawan bisa mengasah kemampuan berselancar secara leluasa karena ombak pantai ini dianggap tidak terlalu liar. Selain itu, karakteristik ombak pantai ini juga dikatakan tidak berisiko tinggi membuat pengunjungnya terseret gelombang atau mengalami kecelakaan lain.

Untuk mengunjungi Pantai Bulak Setra, lo tidak perlu bersusah payah melalui perjalanan yang lama. Pasalnya, pantai ini berada di daerah yang cukup strategis, yakni di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran. Mudahnya akses menuju tempat ini tentu akan membuat perjalanan liburan lo tetap menyenangkan.

Selain cocok dijadikan tempat berselancar, Pantai Bulak Setra juga menyajikan pengalaman berlibur seru bagi wisatawan yang datang bersama keluarga. Di dekat sini, lo bisa menjelajahi berbagai spot wisata menarik seperti cagar alam, hutan mangrove, dan pantai barat Pangandaran. Usai puas beraktivitas, wisatawan bisa menyambangi hotel dan tempat penginapan yang berjarak dekat dengan spot surfing di sepanjang area pantai timur Pangandaran. Mantap sekali, ‘kan bro?

2. Pantai Barat Pangandaran

Deretan 4 Pantai dengan Ombak Menantang di Pangandaran, Peselancar Wajib Tahu! Photo Credit: pergidulu.com

Wisatawan dapat mengunjungi pantai cantik ini di simpul utama kawasan objek wisata pantai Pangandaran. Begitu mendatangi pantai barat, lo bisa menemukan dua spot surfing seru.  Lokasi pertama terletak di blok pantai Batu Mandi, sementara lokasi kedua yang dikenal dengan nama Beach Street berada sekitar 100 meter dari Taman Boulevart Pangandaran.

Kawasan blok Batu Mandi berlokasi di ujung pantai barat Pangandaran, tidak jauh dari wilayah Cagar Alam. Hampir setiap harinya, blok pantai ini didatangi peselancar dari berbagai tempat. Salah satu alasan yang membuat Batu Mandi kerap dijadikan destinasi surfing dalah kehadiran ombak pantai yang cenderung teratur dan tidak terlalu liar. Hal tersebut kabarnya dipengaruhi posisi blok ini yang berdekatan dengan teluk dan dataran tinggi wilayah Cagar Alam.

Meski demikian, lo tetap harus berhati-hati ketika mendatangi Batu Mandi. Pasalnya, kawasan blok ini dipenuhi sejumlah karang-karang tajam yang bisa membahayakan keselamatan peselancar bila terhempas dari ombak. Jadi, tetaplah waspada saat berselancar di sini ya bro!

Selain Batu Mandi, ada juga blok pantai Beach Street yang menjadi lokasi berselancar pertama  di pantai barat Pangandaran. Blok pantai ini kabarnya kerap dijadikan lokasi perlombaan surfing tingkat nasional dan internasional. Oleh sebab itu, banyak peselancar mendatangi tempat ini hampir setiap harinya untuk melakukan latihan. Beach Street diketahui sudah dikukuhkan sebagai kawasan khusus untuk berselancar.

3. Pantai Madasari

Deretan 4 Pantai dengan Ombak Menantang di Pangandaran, Peselancar Wajib Tahu! Photo Credit: flickr.com/absolutraia

Pantai Madasari bisa lo jumpai di Desa Madasari, Kecamatan Cimarak, Kabupaten Pangandaran. Pantai ini berlokasi di ujung barat Kabupaten Pangandaran dengan jarak sekitar 40 kilometer dari pantai Pangandaran. Jika berangkat dari pantai Pangandaran, lo bisa menempuh pantai Madasari dengan kendaraan dalam kurun waktu sekitar 1 jam.

Meski sudah lama dikukuhkan sebagai kawasan wisata, pantai Madasari tidak boleh dijadikan tempat berenang. Hal tersebut disebabkan oleh letak pantai ini yang berhadapan langsung dengan laut lepas. Selain itu, wilayah pantai Madasari juga tidak dilindungi teluk. Dengan demikian, wisatawan dilarang berenang di sini untuk alasan keamanan.

Pantai Madasari menyuguhkan panorama alam yang begitu menawan. Setibanya di sini, lo bisa melihat batu unik berukuran raksasa yang menjadi simbol utama pantai Madasari. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat pemandangan pulau-pulau kecil yang terletak beberapa mil dari tepi pantai ini.

Pantai ini juga merupakan surga wisata surfing bagi para peselancar lokal dan mancanegara. Lo dapat puas berselancar dengan ombaknya yang terbilang liar dan tidak beraturan. Pantai Madasari sangat cocok dikunjungi peselancar berpengalaman yang memiliki jiwa petualang.

Perlu diingat, pantai Madasari kurang direkomendasikan bagi peselancar pemula lantaran ombaknya terbilang ganas. Bila tak terbiasa menghadapi ombak pantai ini, peselancar dikhawatirkan terseret ombak dan tenggelam. Peselancar pemula yang datang ke sini wajib mengenakan alat keselamatan pelampung serta harus berada dalam pengawasan peselancar.

4. Pantai Batukaras Pangandaran

Deretan 4 Pantai dengan Ombak Menantang di Pangandaran, Peselancar Wajib Tahu! Photo Credit: tempat-wisatabagus.blogspot.com

Lo bisa mengunjungi pantai ini di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangadaran. Pantai Batukaras bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit bila lo berangkat dari kawasan pantai Pangandaran. Lokasi pantai ini berjarak dekat dengan Green Canyon Pangandaran.

Aktivitas yang sering dilakukan wisatawan di Pantai Batukaras adalah berenang dan berselancar. Pantai ini mempunyai teluk kecil yang mampu menahan terjangan ombak. Hal tersebut menjadikan ombak pantai ini tak terlalu liar sehingga aman untuk dijajal peselancar.

Pantai Batukaras memiliki dua spot wisata surfing terkenal, yakni blok Pantai Legok Pari dan blok Pantai Karang. Kedua tempat tersebut cocok dijadikan tempat latihan bagi peselancar pemula karena gelombang ombak di sana  tidak terlalu liar. Pantai ini dikabarkan sering menjadi tempat berkumpulnya komunitas surfing.

Selain itu, pantai Batukaras juga menyediakan hotel dan villa yang bisa dijadikan tempat menginap bagi wisatawan. Dengan begitu, lo bisa mengerjakan berbagai kegiatan seru selama berlibur ke sini. Jadi, jangan lupa ke sini ya bro!

Demikian 4 pantai yang menawarkan ombak menantang di Pangandaran. Keempat pantai di atas tentu bisa menjadi referensi wisata bagi lo yang masih bingung menentukan tempat liburan. Selamat jalan-jalan ya bro!

Source

Feature Image - tempat-wisatabagus.blogspot.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Nasriadi
February 1, 2019 at 2:53 PM

infonya keren