Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi!

Tidak hanya Jam Gadang, Bukittinggi juga mempunyai spot wisata keren yang patut lo kunjungi secepatnya. Apa sajakah itu? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi!

Kota Bukittinggi diketahui menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di Sumatera barat. Di kota ini, lo bisa menjumpai banyak tempat wisata keren yang bakal membuat momen liburan terasa berkesan. Beberapa di antaranya dikenal baik wisatawan karena menyajikan pemandangan alam indah serta suasana yang begitu asri.

Selain Jam Gadang, Bukittinggi juga memiliki spot wisata keren yang patut dijajal pengunjung. Apa sajakah itu? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Ngarai Sianok

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi!

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi! Photo Credit: pesona.travel

Salah satu destinasi wisata paling terkenal di Bukit Tinggi adalah lembah Ngarai Sianok. Lembah indah ini diketahui terhampar dari Nagari Koto Gadang bagian selatan hingga Nagari Sianok Enam Suku bagian utara. Ngarai Sianok kabarnya tercipta akibat peristiwa gempa bumi yang terjadi di masa lampau.

Lembah sepanjang 15 kilometer ini memiliki celah dengan lebar sekitar 200 meter serta kedalaman sekitar 100 meter. Salah satu daya tarik Ngarai Sianok terletak pada suasananya yang begitu damai dan sejuk. Saat mendatangi lembah ini, lo juga akan disuguhi pemandangan alam eksotis yang sungguh menakjubkan.

Suasana tenang yang dimiliki Ngarai Sianok membuat lembah ini sering dijuluki “Lembah Pendiam” oleh para pengunjung. Apabila lo merasa jenuh dengan suasana perkotaan dan mencari destinasi wisata alam bernuansa sejuk, Ngarai Sianok adalah tempat yang direkomendasikan. Jangan lupa ke sini ya bro!

2. Danau Maninjau

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi!

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi! Photo Credit: wisataku.id

Saat berlibur ke Bukittinggi, lo juga tak boleh melewatkan keindahan Danau Maninjau. Wisatawan dapat menjumpai danau ini di atas cekungan Singkarak-Solok. Danau Maninjau kabarnya memiliki kedalaman mencapai 268 meter.

Dahulu, danau Maninjau dimanfaatkan penduduk setempat sebagai sumber listrik bertenaga air. Kala itu, masyarakat Singkarak membangun terowongan air yang membentang 19 kilometer hingga bukit barisan. Kemudian, seiring pergantian waktu, danau ini mulai dikenal sebagai salah satu kawasan pariwisata di Bukitinggi.

Salah satu spot wisata yang patut lo kunjungi di danau Maninjau adalah kelok 44. Kawasan tersebut menghadirkan danau dengan latar pemandangan sawah yang menyejukkan mata. Lo akan dibuat terpana begitu mengamati lokasi ini secara langsung.

3. Janjang Saribu

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi!

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi! Photo Credit: masihbaru.com

Apabila belum berkesempatan melihat Tembok Besar China secara langsung, lo disarankan berlibur ke kabupaten Agam di Bukittinggi. Pasalnya, daerah tersebut juga memiliki tembok besar disertai deretan anak tangga yang teramat panjang. Nama tempat tersebut Janjang Saribu.

Tembok yang menjadi ikon khas daerah Koto Gadang ini memiliki panjang sekitar 1 km. Selain menjadi objek wisata, Janjang Saribu juga digunakan sebagai jembatan penghubung. Lokasi Janjang Saribu kabarnya tidak terlalu jauh dari Taman Panorama Bukitinggi.

Janjang Saribu diketahui terbentang di sepanjang Ngarai Sianok. Menaiki tangga Janjang Saribu sembari menikmati pemandangan alam di sekitarnya tentu akan menjadi kenangan manis selama lo berlibur di Bukitinggi.  Dengan demikian, Janjang Saribu layak masuk dalam daftar destinasi yang dikunjungi di Bukitinggi.

4. Lobang Jepang

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi!

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi! Photo Credit: harismunandar.com

Di Bukittinggi, lo juga bisa berwisata sejarah ke bunker kuno yang dibangun pada masa kolonialisme Jepang. Penduduk setempat menjuluki bunker tersebut dengan nama “Lobang Jepang”. Lokasinya berada 40 meter di bawah Ngarai Sianok.

Panjang bunker ini diketahui mencapai 1.470 meter. Saat memasuki bunker ini, lo bisa menemukan 21 terowongan yang dahulu dimanfaatkan tentara Jepang untuk berbagai kepentingan. Contohnya seperti ruang tahanan, dapur, gudang amunisi, ruang pertemuan, ruang penyiksaan, hingga tempat tinggal.

Lobang Jepang tentu patut dikunjungi wisatawan yang menyukai hal seputar sejarah. Selain itu, menyambangi bunker ini juga akan membangkitkan semangat nasionalisme dalam diri wisatawan. Lo bakal tersadar akan besarnya pergorbanan para pahlawan nasional saat melawan tentara Jepang.

5. Bukit Ngarai Takuruang

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi!

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi! Photo Credit: jalanwisata.id

Wisatawan bisa menjumpai bukit ini di kawasan Ngarai Sianok. Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, nama bukit ini memiliki arti “bukit terkurung”. Saat mendatangi bukit Takuruang, lo akan merasakan sensasi berlibur ke pulau terpencil lantaran keaslian tempat ini sangat terjaga.

Dari atas bukit Takuruang, lo bisa menikmati pemandangan sawah yang begitu asri serta Gunung Singgalang yang menawan. Dengan demikian, bukit ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang mempunyai hobi fotografi. Selain itu, bukit Takuruang juga menyuguhkan suasana tenang yang bakal menjernihkan pikiran lo.

Berdasarkan cerita yang tersebar, bukit Takuruang kabarnya tercipta akibat peristiwa gempa bumi dahsyat yang melanda Sumatera Barat di masa lampau. Begitu menyambangi bukit ini, wisatawan juga bisa mendengar gemericik suara air sungai yang amat menenteramkan hati. Bukit Takuruang tentu bisa menjadi tempat berlibur yang ideal bagi wisatawan yang tinggal di kawasan perkotaan.

6. Air Terjun Lembah Anai

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi!

Selain Jam Gadang, 6 Spot Wisata Keren Ini Juga Patut Lo Jelajahi di Bukittinggi! Photo Credit: myinfoku.net

Bukittinggi juga menyimpan wisata air terjun indah yang cocok dikunjungi pada masa liburan, yakni Air Terjun Lembah Anai. Saat mengunjungi air terjun ini, wisatawan akan dibuat kagum dengan keeelokan pemandangan di sekitarnya. Akses menuju Air Terjun Lembah Anai terbilang mudah sehingga wisatawan takkan kesulitan saat menempuhnya.

Demikian 6 spot wisata keren yang bisa lo temukan di Bukitinggi selain Jam Gadang. Dengan mengunjungi enam tempat di atas, lo bakal menemukan pengalaman seru sehingga siap menyambut hari baru secara positif. Selamat berlibur ke enam tempat di atas ya bro!

Source

Feature Image - jalanwisata.id

Wilderness Beginner sumatera solo traveling

2 COMMENTS

SHARE
Memang is the bast
Indonesia punya