FEB 3, 2019

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok

10 air terjun di sekitaran Gunung Rinjani ini dijamin tidak ingin buat lo pulang buru-buru. Keindahan alamnya yang luar biasa, sudah siap untuk menghipnotis lo, nih! Penasaran? Sila simak bahasan kali ini ya!


Siapa bilang sih pesona keindahan alam yang ada di Lombok Nusa Tenggara Timur cuma ada Gunung Rinjani dan deretan pantai yang indah saja? Eksplorasi lo kurang luas, nih!

Jika Lombok mengingatkan lo kepada indahnya Pantai Senggigi dan Gili Trawangan, mohon maaf sebelumnya kalau eksplorasi lo belum terlalu dalam di sini. Tapi, tidak apa – ketika lo nanti akan mendaki Gunung Rinjani, sila ingat-ingat bahasan ini.

Mengapa? Karena di bahasan kali ini, lo akan diajak bereksplorasi sekitaran Gunung Rinjani untuk bertemu dengan 10 sosok bidadari atau dewi dari kayangan yang luar biasa cantik. Eits, itu persona saja, lho, yang dimaksudkan para dewi tersebut adalah air terjun yang keindahan alamnya luar biasa.

Lho, jadi lo belum tahu nih kalau di sekitaran Gunung Rinjani setidaknya ada 10 air terjun yang mesti lo datangi? Tuhkan, ini membuktikan jika para dewi ini ‘bersembunyi’ dengan baik. Namun, sebenarnya – ada beberapa air terjun yang sudah cukup populer dan terkenal di kalangan petualang.

Nah, tanpa menunggu lama lagi, sila persiapkan diri dan segala peralatan trekking, mari berangkat mengeksplorasi 10 air terjun cantik di sekitaran Gunung Rinjani, Lombok – Nusa Tenggara Timur!

Air Terjun Sendang Gile

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok. credit: thelangkahtravel.com

Nama unik dari keindahan alam ini ternyata punya cerita sendiri dari masyarakat sekitarnya, lho. Air terjun ini ditemukan oleh masyarakat setempat saat mereka tengah memburu seekor singa yang masuk ke dalam perkampungan mereka.

Terlepas dari cerita yang unik tersebut, Air Terjun Sendang Gile ini tidak perlu lo ragukan lagi nih soal keindahan alamnya. Mempunyai ketinggian 32 meter, debit air yang cukup deras tentu akan menyegarkan seluruh bagian tubuh lo.

Air Terjun Tiu Kelep, Senaru

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok. credit: sportourism.id

Berlokasi dekat dengan air terjun sebelumnya, pintu masuk Air Terjun Tiu Kelep, Senaru ini berada di depan rumah makan Galang Ijo. Buat sampai ke air terjun ini, lo akan melewati terowongan air. Padatkan nyali lo saat melewati terowongan air ini ya.

Keindahan alam yang ada di Air Terjun Tiu Kelep Senaru ini sudah populer dan terkenal di kalangan petualang. Bahkan, beberapa dari mereka rela menghabiskan waktu sedikit lebih lama karena terhipnotis oleh keindahan alamnya.

Air Terjun Torean

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok. credit: tengakarta.wordpress.com

Sama seperti dua air terjun sebelumnya, keindahan alam yang ada di Air Terjun Torean juga tidak bisa lo lewatkan begitu saja. Berada di jalur pendakian Gunung Rinjani dari jalur Sembalun dan Senaru, setidaknya untuk sampai ke pintu masuk, lo butuh waktu 2 jam trekking.

Air Terjun Aik Genit

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok. credit: backpackerjakarta.com

Tidak jauh lokasinya dari Air Terjun Penimbungan, Air Terjun Aik Genit ini bisa lo sambangi dengan satu jam perjalanan trekking saja.

Air Terjun Pancor Mas

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok. credit: backpackerjakarta.com

Tidak jauh dari air terjun sebelumnya, Air Terjun Pancor Mas berlokasi tidak jauh dari jalur setapak Gunung Rinjani. Cukup trekking dari Air Terjun Aik Genit selama setengah jam, lo sudah bisa bertemu dengan dewi cantik yang satu ini.

Air Terjun Panas Dingin Goa Susu

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok. credit: wego.co.id

Di jalur pendakian Torean, ada sebuah gua yang bernama Gua Susu. Dekat dengan gua tersebut, ada sebuah air terjun yang dinamakan Air Terjun Panas Dingin Gua Susu. Di sini, lo sangat dianjurkan dan direkomendasikan untuk mandi di sana karena bisa memulihkan rasa pegal dan letih lo saat mendaki Gunung Rinjani.

Air Terjun Tiu Pupus

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok. credit: ninabarbosa.com

Tiu berarti genangan, pupus artinya sebuah akar. Jadi bisa lo bayangkan keunikan bentuk air terjun yang satu ini, bro. Mempunyai tinggi 50 meter dan mempunyai kolam yang luas di bawahnya, Air Terjun Tiu Pupus cukup diminati karena keindahan alamnya yang luar biasa.

Air Terjun Gangga

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok. credit: travelmurahlombok.com

Nah, dewi cantik atau air terjun yang satu ini cukup berjauhan dengan yang lain nih. Berlokasi di Lombok utara, Air Terjun Gangga mempunyai pesona yang tidak kalah indah dengan yang lainnya. Pemandangan persawahan dari tebing yang tinggi semakin membuat lo betah di sini.

Air Terjun Sekeper

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok. credit: lombokgilis.com

Salah satu dewi dengan persembunyian terbaik adalah Air Terjun Sekeper ini. Terbukti belum banyak petualang yang berhasil mendatangi air terjun yang satu ini. Daya tarik utamanya adalah predikat air terjun paling tinggi di Pulau Lombok ini.

Air Terjun Jeruk Manis

10 Spot Air Terjun Cantik Bagai Dewi di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok. credit: id.lombokindonesia.org

Nah, jika Air Terjun Sekeper adalah dewi yang pintar sekali bersembunyi, lain halnya dengan Air Terjun Jeruk Manis, nih. Eits, airnya tidak semanis buah jeruk, ya! Air terjun yang masih berlokasi disekitaran Gunung Rinjani ini sudah dikelola oleh banyak tangan.

Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai fasilitas yang sudah ada di sana. Sebut saja homestay, cottage, restoran dan berbagai fasilitas umum lainnya, sudah dibangun di sini. Wah semakin betah deh!

Bagaimana nih bro? Dari 10 pilihan air terjun yang ada di sekitaran Gunung Rinjani, apakah sudah ada yang masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan lo?

 

Source

Feature Image - zonalibur.com


Please login to comment
3 COMMENTS
Yayax IU
February 3, 2019 at 6:00 PM

Area jatim dong


Nasriadi
February 4, 2019 at 8:40 AM

wow mantap gilee


Hendy Nugroho
March 7, 2019 at 7:00 AM

Tahun depan semoga bisa ke sini