Membawa Barang di Pesawat Menjadi Mahal? Selamat Datang di Era Bagasi Berbayar Bro!

Apakah lo sudah tahu mengenai regulasi terbaru mengenai bagasi pesawat yang sudah tidak gratis? Simak saja informasinya di bawah ini dan selamat membaca!

Membawa Barang di Pesawat Menjadi Mahal? Selamat Datang di Era Bagasi Berbayar Bro!

Maskapai penerbangan merupakan salah satu transportasi yang paling sering digunakan banyak orang. Yaap, dikarenakan dari efisiensi waktu beserta dengan kondisi negara Indonesia sendiri yang memiliki banyak pulau, sehingga alat transportasi satu ini memang sangat vital, apalagi buat lo yang sering bepergian ke luar kota. Dan tentunya membawa barang bawaan merupakan hal yang lumrah untuk lo lakukan.

Bepergian dari kota satu ke kota lainnya tak heran apabila lo membawa barang bawaan yang cukup banyak, mulai dari oleh-oleh ataupun barang pribadi lo. Dari dulu sih memang tidak ada halangan yang berarti yaa untuk lo bisa membawa barang-barang lo tersebut. Namun di tahun 2019 ini apakah lo sudah tahu kalau memasukkan barang ke bagasi pesawat, bukan kabin yaa bro, lo akan dikenakan biaya berdasarkan berat barang bawaan lo?

Yaap, hal tersebut pun bukan hanya isapan jempol belaka, Menteri Perhubungan (Menhub) saja pun sudah merestui langkah ini loh bro. Bahkan salah satu maskapai penerbangan yang cukup terkenal di Indonesia pun sudah mulai melakukan sosialisasi mengenai regulasi baru ini. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap regulasi mengenia bagasi berbayar ini, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Regulasi Bagasi Berbayar – Berdasarkan Berat Bawaan Lo

Membawa Barang di Pesawat Menjadi Mahal? Selamat Datang di Era Bagasi Berbayar Bro!

Membawa Barang di Pesawat Menjadi Mahal? Selamat Datang di Era Bagasi Berbayar Bro! Credit: tripsavvy.com

Membawa oleh-oleh dari tempat yang telah lo kunjungi untuk para orang-orang tersayang merupakan hal yang bisa dibilang patut untuk lo lakukan setelah melakukan travelling. Namun, sayangnya lo harus lebih sedikit bijak sih bro mengenai hal ini.

Karena akan berlangsung sebuah regulasi terbaru dalam waktu dekat yang akan memberikan sebuah harga yang harus lo bayar ketika ingin memasukkan barang lo ke dalam bagasi pesawat. Yaa, hitung-hitung lo harus memikirkan kembali perencanaan budget lebih sebelum naik ke pesawat.

Berdasarkan apa yang sudah direstui oleh Menteri Perhubungan (Menhub), setiap barang yang akan lo bawa dalam bentuk apapun akan dikenakan biaya sesuai dengan beratnya. Untuk berat bawaan 5 kg akan dikenakan Rp 155 ribu, 10 kg dikenakan biaya Rp 310 ribu, 15 kg Rp 465 ribu, 20 kg Rp 620 ribu, 25 kg Rp 755 ribu dan 30 kg akan dikenakan biaya Rp 930 ribu.

Selain itu, buat barang bawaan yang lo ikat menjadi satu pun tidak akan terhitung menjadi satu kesatuan. Misalkan lo bawa 2 dus yang lo ikat bersamaan, barang tersebut pun tetap akan terhitung 2. Tentunya hal ini menjadi sebuah perhatian baru agar lo tidak shock dengan regulasi baru ini.

Regulasi Bagasi Berbayar – Bagaimana dengan Bagasi Kabin?

Membawa Barang di Pesawat Menjadi Mahal? Selamat Datang di Era Bagasi Berbayar Bro!

Membawa Barang di Pesawat Menjadi Mahal? Selamat Datang di Era Bagasi Berbayar Bro! Credit: atom.mu

Merupakan sebuah pertanyaan yang langsung terlintas di kepala lo apabila mendengar kalau regulasi baru mengenai bagasi ini. Yaap, memang untuk di dalam pesawat sendiri terdapat sebuah bagasi yang berada di kabin. Tepatnya berada di atas kepala lo ketika sedang duduk di dalam pesawat.

Yaap, bukan hanya bagasi yang ada di bawah pesawat saja yang ada regulasi barunya, lo juga masih bisa kok menggunakan bagasi kabin namun dengan beberapa ketentuan yang patut untuk lo ketahui. Pailng mudah untuk diketahui, ialah lo diperbolehkan untuk membawa satu barang ke kabin dengan berat maksimal 7 kg dan satu barang pribadi secara gratis.

Nah, bukan hanya itu saja loh bro, tentunya dengan ruang di bagasi kabin yang terbatas, terdapat regulasi yang patut untuk lo ketahui pula. Yaitu dengan ukuran barang yang lo bawa, sehingga lo hanya bisa membawa barang ke kabin dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm. Bilamana barang lo yang bawa melebihi ketentuan tersebut, lo akan dikenakan biaya tambahan.

Regulasi Bagasi Berbayar – Kapan Sih akan Dimulai Regulasi Ini?

Membawa Barang di Pesawat Menjadi Mahal? Selamat Datang di Era Bagasi Berbayar Bro!

Membawa Barang di Pesawat Menjadi Mahal? Selamat Datang di Era Bagasi Berbayar Bro! Credit: travelandleisure.com

Selain dari ketentuan-ketentuan baru yang cukup asing di telinga ini, pertanyaan berikutnya yang akan terlintas di kepala lo biasanya ialah mengenai waktu kapan akan berlangsungnya hal ini. Percaya atau tidak, sejak tanggal 22 Januari 2019, terdapat dua maskapai penerbangan yang sudah menerapkan regulasi ini. Yang sebelumnya pernah dilakukan sosialisasi kepada para penumpangnya, kurang lebih 2 minggu sebelum tanggal tersebut.

Tentunya dengan hal ini, ke depannya lo harus sudah mulai untuk mengalokasikan dana lebih banyak ketika lo secara mau tidak mau harus membawa barang yang cukup banyak. Dan perlu diketahui pula, kalau regulasi ini hanya berlaku ke maskapai penerbangan LCC atau Low Cost Carrier yaa. Sehingga lo tak perlu khawatir apabila menggunakan jasa maskapai penerbangan yang tidak masuk ke dalam golong LCC.

Dengan beberapa informasinya yang ada di atas mulai dari ketentuan-ketentuanya, lo harus benar-benar memperhatikannya yaa. Agar lo bisa menghindari dari hal-hal yang tidak lo inginkan, mulai dari permainan harga atau hal lainnya. Karena memang merupakan hak lo sebagai penumpang untuk mendapatkan sebuah pelayanan yang jujur serta adil.

Jadi bagaimana bro dengan regulasi baru mengenai bagasi pesawat di atas? Semoga lo tidak akan kaget serta memiliki perencanaan yang matang sebelum melakukan penerbangan yaa. Karena bagaimana pun lo harus tetap menaati peraturan yang sudah dibuat yaa. Mulailah untuk menabung lebih untuk melakukan perjanan lo selanjutnya yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti berekplorasi!

Source

 

 

Featured Image: nakita.grid.id

 

Beginner solo traveling solo backpacker

2 COMMENTS

SHARE
Mitchellodriquez
There are various flexible applications found on the planet today. The music business is working superbly by investigating it as a business while prior it was utilized for making quiet foundations in posted about boom essays. The author has made it an exceptionally critical article by amalgamating two sorts that are music and business.
Rykma Alodya
Ya kalau pen cepat naik peswat apaa boleh buaat