Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini!

Hutan pinus bisa menjadi pilihan wisata yang tepat bagi lo yang ingin menikmati panorama pepohonan dengan suasana menyejukkan. Di mana sajakah lokasi hutan pinus yang cocok dijadikan tempat berlibur di Indonesia? Temukan jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini!

Apabila tertarik menjajal destinasi wisata alam berpanorama indah dengan nuansa sejuk, hutan pinus bisa menjadi tujuan yang tepat. Ketika tiba di sana, lo bisa menghirup udara segar sambil memandang rimbunnya pohon pinus yang menyejukkan mata. Hutan pinus juga merupakan tempat yang cocok bagi lo yang memiliki hobi fotografi karena menawarkan pemandangan eksotis.

Di mana sajakah lokasi hutan pinus yang cocok dijadikan destinasi wisata di Indonesia? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Hutan Pinus Samparona

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini!

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini! Photo Credit: kompas.com

Lo bisa menemukan kawasan hutan ini di Keluarahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Hutan Pinus Samparona bisa ditempuh dalam jarak sekitar 15 kilometer apabila lo berangkat dari pusat kota Baubau. Menjelajahi hutan ini bakal membuat pikiran lo terbebas dari rasa jenuh dan stress yang menmpuk.

Kawasan hutan ini memiliki pohon pinus berukuran tinggi dengan posisi saling berdekatan satu sama lain. Di sini, lo dapat menikmati rimbunnya pepohonan sembari menghirup udara segar. Untuk menjelajahi area hutan ini, lo hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5.000. Murah sekali ‘kan bro?

Hutan Pinus Samparona juga menghadirkan sejumlah spot foto yang bisa dinikmati wisatawan, seperti rumah pohon, panggung dengan bentuk menyerupai hati, serta jalur dengan hiasan gantungan payung. Ada juga wahana permainan yang bisa dijajal pengunjung, contohnya seperti flying fox, pointball, tembak sasaran, dan sepeda melayang. Keren sekali, bukan?

2. Hutan Pinus “Top Selfie” Magelang

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini!

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini! Photo Credit: ardiankusuma.com

Hutan ini bisa lo jumpai di Lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Apabila berangkat dari Ketep Pass, lo bisa menempuh hutan ini dalam jarak sekitar 5 kilometer. Cukup dekat kan bro?

Begitu tiba di kawasan hutan ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan pinus yang terbagi menjadi dua oleh jalan beton di bagian tengah. Jalan tersebut diketahui bisa mengantarkan lo ke arah Desa Kragilan. Saat menjelajahi hutan ini, lo bisa berburu foto sembari menghirup udara sejuk.

Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba sejumlah fasilitas yang cocok dijadikan objek foto seperti hammock, rumah panggung, dan ayunan. Hutan ini kabarnya dapat dimasuki siapapun secara gratis. Lo hanya perlu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan ke tempat ini.

3. Hutan Pinus Dlingo

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini!

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini! Photo Credit: jogjaempatroda.com

Hutan Pinus Dlingo diketahui menjadi salah satu kawasan wisata favorit di Yogyakarta. Lo bisa menemukan daerah hutan ini di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Begitu sampai di sini, lo akan disambut udara sejuk yang menyegarkan.

Di kawasan hutan ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan pohon pinus tinggi dengan posisi berjajar rapi. Hutan Pinus Dlingo kabarnya sering menjadi lokasi pemotretan pre-wedding lantaran menyajikan panorama alam yang begitu indah. Oleh sebab itu, hutan ini juga direkomendasikan bagi lo yang memiliki hobi fotografi.

Wisatawan bisa memasuki hutan ini tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi. Jangan lupa datang ke sini  ya bro!

4. Hutan Pinus Gunung Pancar

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini!

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini! Photo Credit: pegipegi.com

Lo bisa menjumpai hutan ini di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Hutan ini diketahui terletak dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Ketika datang ke sini, lo bisa menikmati keindahan panorama pohon pinus sekaligus merasakan suasa sejuk yang begitu nikmat.

Terdapat perbedaan harga tiket saat mengunjungi hutan ini pada hari biasa dan hari libur. Jika mendatangi hutan ini pada hari biasa, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk satu orang. Sementara di hari libur atau akhir pekan, wisatawan wajib membayar tiket masuk seharga Rp 7.500 per orang.

Di tengah hutan pinus, lo bisa menemukan café yang menjajakan kuliner lezat. Tempat ini tentu cocok bagi lo yang tertarik makan ditemani latar pemandangan alam cantik lengkap dengan udara segar. Selain itu, wisatawan juga bisa mendekatkan diri ke alam dengan berkemah di area camping Gunung Pancar.

5.  Hutan Pinus Pasir Langlang

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini!

Usir Rasa Penat Lo dengan Bertualang ke 5 Hutan Pinus di Indonesia Ini! Photo Credit: ksmtour.com

Kawasan  hutan pinus ini bisa lo temukan di selatan Purwakarta, tepatnya di Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.  Begitu memasuki hutan ini, lo akan disuguhi pemandangan pohon pinus berukuran tinggi dengan udara yang begitu segar.

Untuk menikmati pemandangan hutan ini, lo hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5.000. Jika tertarik berkemah di area hutan pinus Pasir Langlang, pengunjung harus mengeluarkan biaya Rp 10.000. Total biaya sewa peralatan kemah di sini adalah Rp 330.000. Harga tersebut sudah mencakup sewa tenda, pemandu, matras, sleeping bag, dan satu set alat masak.

Di hutan pinus Pasir Langlang, pengunjung juga bisa meluangkan waktu bersantai di hammock. Jika tertarik berfoto di sana, lo hanya perlu mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 15.000. Jika pergi berlibur ke Purwakarta, lo tak boleh melewatkan kesempatan berwisata ke hutan ini.

Demikian 5 wisata hutan pinus yang bisa lo kunjungi pada masa liburan. Menjelajahi kelima hutan di atas tentu bisa menjadi kegiatan seru untuk dilakukan bersama orang-orang terdekat. Jangan lupa pergi ke hutan-hutan di atas ya bro!

Source

Feature Image - .efenerr.com

Wilderness Beginner jungle trekking solo traveling
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!