Jangan Panik Petualang! Banjir di Bromo Adalah Fenomena Unik dan Langka!

Banjir di Bromo bukanlah hal yang mesti ditakutkan bro. Berdasarkan para ahli, banjir tersebut dinilai hanya sebagai sebuah fenomena. Penasaran bagaimana penjelasannya? Sila simak bahasan kali ini ya!

Jangan Panik Petualang! Banjir di Bromo Adalah Fenomena Unik dan Langka!

Waduh Bromo banjir, bro! Eits, jangan panik, banjir di Bromo beberapa waktu lalu bukan banjir bandang seperti di tempat lainnya.

Memangnya bisa ya ada banjir di padang pasir hitam yang ada di Bromo? Tentu pertanyaan tersebut akan muncul di pemikiran tiap petualang dalam menanggapi berita Bromo banjir. Memang, banjir tersebut sempat membuat warga setempat TNBTS – Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru terkejut.

Banjir bromo ini terjdi pada Jumat 25 Januari 2019 yang lalu. Banjir tersebut mengejutkan warga setempat di pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.45 WIB. Saat itu, banjir tersebut berbentuk aliran air di padang pasir Gunung Bromo.

Duh, cukup membingungkan ya bagaimana bisa terjadi banjir di padang pasir seluas di Bromo sana. Biar tidak makin bingung, sila teruskan simak bahasan ini agar mengetahui penjelasan terkait dengan banjir di Bromo ini.

Banjir Bromo: Bukan Fenomena yang Luar Biasa

Jangan Panik Petualang! Banjir di Bromo Adalah Fenomena Unik dan Langka!

Banjir di Gunung Bromo nyatanya adalah sebuah fenomena. Terbilang cukup langka, namun banjir di Gunung Bromo ini adalah fenomena yang biasa saja. Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Sarif Hidayat.

Sarif menyatakan bahwa banjir di Gunung Bromo ini adalah fenomena yang biasa saja. Laut pasir Bromo berada pada posisi lembahan yang dilingkari oleh beberapa pegunungan yaitu Pegunungan Tengger, Bromo, Batok, Widodaren, Watangan dan Keciri.

Sarif juga mengatakan bahwa air tersebut berasal dari curah hujan yang tengah tinggi dan rutin di kawasan Pegunungan Bromo.

Banjir Bromo: Banjir yang Tidak Berlangsung Lama

Jangan Panik Petualang! Banjir di Bromo Adalah Fenomena Unik dan Langka!

Jangan Panik Petualang! Banjir di Bromo Adalah Fenomena Unik dan Langka! credit: radarbromo.co.id

Tidak seperti banjir bandang yang terjadi sebelumnya di beberapa daerah di Indonesia, banjir di Gunung Bromo ini tidak berlangsung lama. Hal tersebut tentu dikarenakan oleh kemampuan pasir yang ada di sana untuk menyerap air lebih cepat.

Oleh karena itu, dipastikan banjir di Gunung Bromo tidak berbahaya bagi warga setempat ataupun untuk para petualang yang kebetulan di sana. Sarif bahkan juga menyatakan jika banjir tersebut tidak berlangsung lama, hanya satu jam saja.

Setelah satu jam, air dari banjir tersebut kemudian surut dengan cepat dan mengembalikan kondisi lautan pasir di pegunungan Bromo tersebut seperti semula dan biasa.

Stay Calm Citizen and Traveller!

Jangan Panik Petualang! Banjir di Bromo Adalah Fenomena Unik dan Langka!

Jangan Panik Petualang! Banjir di Bromo Adalah Fenomena Unik dan Langka! credit: kl.antaranews.com

Karena hal ini adalah fenomena yang tidak begitu berbahaya bahkan cenderung serta relatif biasa saja, Balai Besar Taman Nasional mengimbau banyak warga setempat serta para petualang yang dekat dengan spot tersebut untuk tetap tenang.

Faktor ketenangan serta kewaspadaan terhadap apa yang terjadi menjadi kunci untuk tetap fokus menghadapi fenomena banjir di pegunungan Bromo tersebut.

Banjir Bromo: Sementara Tidak Dilewati Dulu

Jangan Panik Petualang! Banjir di Bromo Adalah Fenomena Unik dan Langka!

Jangan Panik Petualang! Banjir di Bromo Adalah Fenomena Unik dan Langka! credit: beritajatim.com

Untuk menjaga keamanan masing-masing individu, baik untuk warga setempat serta para petualang yang tengah berpetualang atau bereksplorasi di sana, Sarif juga meminta para petualang serta warga untuk menghindari padang pasir tersebut.

Menghindari padang pasir tersebut berdasarkan oleh ramalan curah hujan yang terus tinggi untuk akhir-akhir waktu ini. Sarif juga menyatakan kalau pihaknya menyediakan serta mensiagakan banyak personel yang siap mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, buat lo para petualang yang kebetulan tengah berada di sekitar kawasan pegunungan Bromo, pastikan lo tidak melewati atau melintasi padang pasir tersebut karena kondisi belum memungkinkan dan belum kondusif.

Dari empat poin di atas, tentu penjelasan soal banjir di pegunungan Bromo ini sudah cukup jelas. Tidak terlalu berbahaya, namun untuk tetap menjaga keselamatan, sebaiknya para petualang tidak melewati atau melakukan aktivitas di sekitar sana.

 

Source

Feature Image - kelanakota.suarasurabaya.net

Wilderness Beginner Extreme solo traveling solo backpacker

1 COMMENTS

SHARE
Untung dulu pas ke bromo pas tidak banjir