FEB 4, 2019

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro!

Saat menikmati biota bawah laut di perairan Kepulauan Seribu, ada baiknya lo tidak lupa menaati aturan yang berlaku di sini. Apa sajakah itu? Silakan simak jawabannya di bawah ya bro!


Kepulauan Seribu diketahui menjadi salah satu destinasi wisata diving dan snorkeling favorit masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kawasan Jabodetabek. Saat mengunjungi tempat ini, lo bisa menemukan sejumlah spot diving terbaik untuk mengamati keindahan alam bawah lautnya yang mempesona. Contoh titik selam favorit wisatawan di Kepulauan Seribu adalah Tanjung Penyu dan Monas.

Saat menikmati biota bawah laut di perairan Kepulauan Seribu, ada baiknya lo tidak lupa menaati aturan yang berlaku di sini. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 aturan yang wajib dipatuhi penyelam di Kepulauan Seribu menurut Dive Master asal Ody Dive bernama Robby. Silakan disimak ya bro!

1. Menembak Ikan dan Merusak Terumbu Karang

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro!

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro! Photo Credit: travelinglinkinfo,com

Menurut pengakuan Robby, salah aktivitas buruk yang sering dilakukan para penyelam di Kepulauan Seribu adalah menembak ikan serta merusak terumbu karang. Kegiatan tersebut tentu menggangu keanekaragaman hayati kehidupan laut di sana. Jika hal ini terus dibiarkan, kelangsungan hidup makhluk laut bakal terancam.

Robby berpendapat bahwa aktivitas menembak ikan dan merusak terumbu karang berimbas pada ekosistem laut. Oleh sebab itu, kegiatan ini tentu ditentang pemerintah setempat serta pecinta selam yang mendukung kelestarian alam bawah laut Kepulauan Seribu. Jadi, jangan coba melakukan hal ini selama diving di sana ya bro!

Selain itu, Robby juga mengatakan ada aktivitas lain yang bisa merusak ekosistem laut selain menembak. Contohnya seperti menangkap ikan dengan pukat. Apabila berniat diving di Kepulauan Seribu, lo sebaiknya tetap berkomitmen menjaga keselestarian alam sekitar. Oke bro?

2. Menyelam Tanpa Izin

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro!

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro! Photo Credit: blogspot.com

Jika ingin menyelam di perairan Kepulauan Seribu, pastikan lo sudah mendapat izin dari pengelola wisata bawah air daerah ini terlebih dahulu. Jangan sampai lo melakukan aktivitas selam secara ilegal atau tanpa melalui proses izin. Mengerti, bro?

Dengan mengurus perizinan selam, lo bisa mengurangi risiko buruk saat diving. Jika penyelam berhadapan dengan situasi darurat, tim penyelamat bisa memberikan bantuan lebih cepat. Berguna sekali ‘kan?

Robby juga menjelaskan bahwa pemberlakuan aturan selam berizin dimaksudkan agar lingkungan laut Kepulauan Seribu terhindar dari kerusakan. Melalui peraturan ini, tujuan penyelaman diharapkan dapat lebih terkontrol sehingga keanekaragaman hayati Kepulauan Seribu terjaga secara optimal. Oleh sebab itu, uruslah segala perizinan sebelum diving di Kepualuan Seribu ya bro!

3. Menyentuh Fauna Laut

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro!

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro! Photo Credit: instagram.com/harapan.island

Perlu lo ketahui, memegang fauna laut juga merupakan aktivitas terlarang di Kepulauan Seribu. Para penyelam diketahui tak diperbolehkan menyentuh hewan laut selama diving di sini. Aturan ini sebenarnya tidak hanya berlaku di Kepulauan Seribu, melainkan juga di spot diving dan snorkeling lainnya di tanah air.

Jika dibandingkan dengan fauna yang tinggal di danau atau sungai, binatang laut umumnya memiliki sifat yang tak agresif. Meski begitu, memegang binatang laut dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan penyelam. Jadi, jauhi kontak langsung dengan hewan laut selama diving ya bro!

Menurut Robby, hewan laut akan merasa terganggu ketika tubuhnya disentuh. Oleh sebab itu, penyelam disarankan mengamati keindahan biota laut tanpa mengusik aktivitas fauna di sana. Pokoknya, jangan pegang hewan laut apapun ketika menyelam ya bro!

4. Menyelam Sendirian

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro!

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro! Photo Credit: belajardivingjakarta.net

Pernahkah lo mendengar istilah “never dive alone!”? Apabila lo merupakan seorang penyelam, istilah tersebut mungkin sudah terdengar familiar.  Frasa tersebut sebenarnya tak hanya merujuk pada romantisme saat diving, melainkan juga keamanan yang didapat saat menyelam bersama teman.

Aksi diving lo akan berjalan lebih aman  bila ditemani rekan penyelam lainnya. Apabila mengalami kendala saat diving, lo tentu bisa meminta pertolongan mereka agar terhindar dari hal-hal buruk. Hal ini tentu akan berbeda bila lo menghadapi masalah saat menyelam sendiri.

Robby mengatakan penyelam akan membutuhkan buddy atau rekan penyelam ketika menghadapi kendala. Menurutnya, kehadiran buddy telah menjadi standar keamanan penyelaman di Kepulauan Seribu. Oleh sebab itu, ia menyarankan setiap penyelam untuk melakukan aksi diving bersama divemaster demi alasan keamanan.

5. Membuang Sampah

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro!

Hindari 5 Hal ini ketika Diving di Kepulauan Seribu Ya Bro! Photo Credit: instagram.com/indrasfllh

Pihak pengelola Kepulauan Seribu juga melarang penyelam untuk membuang sampah di bawah laut.  Menurut pengakuan Robby, dirinya tidak mengetahui asal muasal sampah yang ada di sejumlah titik perairan Kepulauan Seribu. Keberadaan sampah tersebut tentu saja mengancam kehidupan bawah laut.

Robby mengaku dirinya prihatin terhadap keberadaan sampah di Kepulauan Seribu. Ke depannya, ia berharap penyelam tidak lagi meninggalkan sampah sembarangan di sini. Selain itu, Robby juga menghimbau para penyelam untuk berpartisipasi membersihkan sampah di perairan ini. Dengan demikian, kelestarian perairan ini dapat terjaga dengan baik.

Demikian 5 hal yang tak boleh dilakukan wisatawan saat menyelam di Kepulauan Seribu. Semoga informasi di atas meningkatkan rasa kepedulian lo kepada alam, khususnya lingkungan bawah laut. Pokoknya, hindari hal-hal di atas saat melakukan diving di Kepulauan Seribu ya bro!

Source

Feature Image - travelinglinkinfo,com


Please login to comment
2 COMMENTS
Eksan B
February 9, 2019 at 10:41 PM

Jagalah alam seperti engkau menjaga pacarmu.. ????


Aswin
March 31, 2019 at 9:48 AM

Nice Article