Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Siap adu nyali lo dengan jeram-jeram deras nan menantang di 10 spot terbaik dan paling menantang untuk main arung jeram? Sila intip keganasan 10 spot tersebut bro!

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Sudah pernah tes sebesar apa nyali lo saat mencoba 10 spot arung jeram terbaik dan paling menantang di berbagai belahan yang ada di Indonesia ini?

Media untuk mengadu nyali banyak sekali, bro. Buat lo para petualang, mendaki gunung, panjat tebing, atau bahkan menerobos lebatnya hutan-hutan di Indonesia, mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Atau mungkin berselancar dengan ombak yang tinggi? Bisa jadi sudah biasa juga, ya.

Tapi, bagaimana kalau arung jeram? Ya, arung jeram adalah salah satu media untuk melihat dan menilai seberapa besar nyali lo sebagai petualang sejati, nih. Arung jeram yang cukup terkenal di Indonesia ini adalah aksi yang mengedepankan kualitas kerja sama tim.

Jadi, jika hanya lo yang bernyali besar dan mempunyai kemampuan mumpuni dan teman-teman lo tidak seperti diri lo, sepertinya perahu karet tersebut akan habis dimakan serta terguling oleh derasnya jeram di sungai-sungai galak yang ada di berbagai belahan Indonesia.

Nah, bicara soal sungai-sungai galak yang ada di berbagai belahan Indonesia, bahasan kali ini akan mengantarkan lo ke 10 sungai atau spot terbaik dan paling menantang untuk mengadu nyali lo dengan arung jeram. Bisa dikatakan, 10 spot ini mayoritas yang sudah berperingkat 4 ke atas.

Penasaran seperti apa sih spot-spot terbaik dan paling menantang untuk main arung jeram? Sila simak bahasan ini terus sampai habis ya!

Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia? credit: katarik.com

Dibagi menjadi tiga bagian, Sungai Pekalen memberikan opsi untuk lo nikmati, nih. Pertama adalah Sungai Pekalen Tengah yang hanya sejauh 7 kilometer, kemudian kedua Sungai Pekalen Bawah sejauh 10 kilometer, dan terakhir Sungai Pekalen utama yang sepanjang 12 kilometer.

Tiga bagian Sungai Pekalen tersebut mempunyai predikat 3 – 4 untuk arung jeram. Airnya yang jernih, jeramnya yang deras menjadi daya tarik utama di sini. Selain itu, sepanjang berusaha mempertahankan perahu karet dari terjangan arus dan jeram keras, lo akan disuguhkan oleh pemandangan tebing-tebing cadas yang luar biasa indah.

Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia? credit: indooutbound.com

Siapa yang tidak kenal dengan Sungai Citarik? Sungai yang sudah terlebih dahulu terkenal dan populer di kalangan petualang yang ingin mengadu nyalinya melewati dan menaklukan jeram deras khas sungai Jawa Barat.

Berada di Taman Nasional Gunung Halimun, tingkat kesulitan Sungai Citarik ini berada di angka 3. Pemandangan alam yang ada di Sungai Citarik ini mampu memecah konsentrasi lo saat mempertahankan perahu karet dari terjangan jeram, lho. Jadi, tetap fokus, bro!

Sungai Alas, Aceh

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia? credit: dolandolen.com

Mendapatkan predikat sebagai sungai paling panjang di Aceh, Sungai Alas adalah salah satu spot terbaik dan paling menantang untuk bermain arung jeram. Tingkat kesulitan di angka 4 membuat berbagai kelokan, arus deras serta jeram yang dalam, mampu membuat banyak nyali petualang bergetar.

Buat para pemula, tidak direkomendasikan untuk mengarungi Sungai Alas ini. Tentu, alasan utamanya adalah tingkat kesulitan yang mestinya dihadapi oleh para pro arung jeram.

Sungai Asahan, Sumatera Utara

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia? credit: hipwee.com

Siapa bilang jika Sungai Alas di Aceh sudah menjadi sungai yang paling menantang untuk main arung jeram? Sungai Asahan di Sumatera Utara ini mungkin akan menjawab tantangan lo nih. Pasalnya, Sungai Asahan telah mendapat predikat 4-5 dalam tingkat kesulitannya.

Tingkat kesulitan itu akan selalu lo temukan sepanjang sungai tersebut. 22 kilometer adalah jarak yang mesti lo taklukan jika sudah mengarungi jeram di Sungai Asahan ini. Dengan berbagai tantangan serta kondisi yang ada di sungai ini, tidak heran, Sungai Asahan dinobatkan menjadi spot arung jeram terbaik ketiga di dunia.

Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia? credit: progorafting.com

Tidak hanya Sumatera Utara yang mempunyai Sungai Asahan dengan tingkat kesulitan di angka 5, lho. Berlokasi di Jawa Tengah, Magelang – Sungai Progo siap menjawab tantangan lo untuk main arung jeram, nih. Sungai Progo juga dibagi mnejadi tiga bagian, yaitu Progo Bawah, Progo Hulu dan Progo Atas.

Sangat bervariasi nih kondisi spot arung jeram yang satu ini. Sungai Progo bawah mempunyai tingkat kesulitan 5 dengan panjang jarak 16 kilometer. Nah buat lo yang masih pemula, lo bisa main arung jeram di Sungai Progo atas, namun jika ingin menikmati keseluruhan Sungai Progo, sila main arung jeram di Hulu untuk mengarungi 26 kilometer jarak sungai tersebut, bro!

Sungai Ayung, Bali

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia? credit: kintamani.id

Kalau yang lo tahu hanya sekedar pantai dan beberapa spot seru lainnya di Bali dan tidak tahu Sungai Ayung, wah berarti lo kurang jauh nih eksplorasinya di Bali. Sungai Ayung di Bali adalah salah satu spot terbaik dan paling menantang untuk main arung jeram.

Mempunyai jarak panjang 12 kilometer, Sungai Ayung tidak begitu berbahaya seperti beberapa sungai yang sudah disebutkan di atas.

Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia? credit: jogja.tribunnews.com

Kembali lagi ke Magelang, Jawa Tengah, selain Sungai Progo, terdapat Sungai Elo yang menjadi salah satu spot terbaik dan paling menantang untuk main arung jeram. Mempunyai panjang 12 kilometer, tingkat kesulitan sungai ini hanya ada diangka 2-3 saja. Buat para pemula, sungai ini cocok buat lo nih!

Green Canyon, Pangandaran, Jawa Barat

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia? credit: anekatempatwisata.com

Kalau Amerika punya Grand Canyon, Pangandaran di Jawa Barat mempunyai Green Canyon yang terkenal karena airnya yang biru toska serta pemandangan alam tebing terjal yang luar biasa indah. Green Canyon ini ternyata juga salah satu spot terbaik untuk main arung jeram, lho.

Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia? credit: manadobaswara.com

Berlokasi di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara – Sungai Nimaga adalah salah satu sungai terbaik untuk main arung jeram, lho. Mempunyai lima rute sekaligus, angka kesulitan di sungai ini hanya berkisar 2-3 saja, lho.

Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia?

Berani Coba 10 Spot Arung Jeram Terbaik dan Paling Menantang di Indonesia? credit: serayurafting.com

Walau mempunyai cerita mitos dan legenda yang sedikit menyeramkan, tidak menghalangi banyak petualang untuk mencoba arung jeram di Sungai Serayu yang berlokasi di Banjarnegara, Jawa Tengah. Walau tidak sepopuler sungai lainnya, Sungai Serayu mempunyai tingkat kesulitan 3-4 dan mempunyai panjang 24 kilometer.

Tetap menantang, bukan?

Wah bagaimana nih bro? Dari 10 spot arung jeram terbaik dan menantang yang sudah disebutkan di atas, apakah sudah ada yang masuk ke dalam daftar perjalanan atau petualangan lo? Kalau sudah ada, pastikan lo dan tim sudah siap untuk basah-basahan dan menaklukan jeram yang deras ya!

 

Source

Feature Image - alidesta.wordpress.com

Beginner Extreme solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!