FEB 6, 2019

Mengenal 5 Lembah Indah yang Dimiliki Indonesia, Sudah Jelajahi Semuanya?

Untuk membuktikan keindahan alam Indonesia di wilayah darat, lo bisa mengunjungi sejumlah lembah cantik yang tersebar di pelosok nusantara. Apa sajakah itu? Cek jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!


Membicarakan keindahan alam Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Negeri ini menyimpan banyak  wisata alam indah yang sudah menyihir wisatawan lokal dan mancanegara, mulai dari darat hingga laut. Untuk membuktikan keindahan alam Indonesia di wilayah darat, lo bisa mengunjungi sejumlah lembah cantik yang tersebar di pelosok nusantara.

Apa sajakah lembah di Indonesia yang menawarkan panorama indah? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Lembah Baliem

Mengenal 5 Lembah Indah yang Dimiliki Indonesia, Sudah Jelajahi Semuanya? Photo Credit: itchcreature.com

Salah satu lembah cantik yang patut dijelajahi wisatawan di Indonesia adalah Lembah Baliem. Lo bisa menemukan Lembah Baliem di Papua Barat. Lembah ini berlokasi tepat di kaki Pegunungan Jayawijaya, tepatnya di ketinggian 1.600 mdpl.

Saat mengunjungi Lembah Baliem, lo akan dibuat terkesima dengan panorama alam yang disajikan di sini. Tak hanya itu, wisatawan juga akan disambut udaranya yang menyejukkan begitu tiba di lembah ini. Wilayah Lembah Baliem kabarnya didiami oleh masyarakat suku Dani.

Lembah Baliem memiliki panjang mencapai 80 kilometer dengan lebar 20 kilometer. Setiap tahunnya, lembah ini menjadi lokasi diadakannya Festival Lembah Baliem yang berlangsung selama 3 hari. Siapapun bisa mendatangi festival ini, baik wisatawan lokal maupun asing. Perayaan festival ini kabarnya bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia.

2. Lembah Bada

Mengenal 5 Lembah Indah yang Dimiliki Indonesia, Sudah Jelajahi Semuanya? Photo Credit: beritagar.id

Lembah Bada bisa lo jumpai di Palu, Sulawesi Tengah. Wisatawan dapat mengunjungi lembah ini di kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Begitu tiba di sini, lo akan terkagum-kagum dengan lanskapnya yang menawan.

Lembah Bada kabarnya berlokasi di tengah-tengah perbukitan. Saat menyambangi bagian tengah lembah ini, wisatawan bisa melihat Sungai Lariang yang memiliki arus tenang. Bersantai sembari mengamati sungai ini tentu akan membuat lo rileks serta terbebas dari perasaan jenuh.

Di Lembah Bada, lo juga bisa menjumpai puluhan patung serta tempayang yang berasal dari zaman Megalitikum. Total megalith di lembah ini kabarnya berjumlah kurang lebih 419 buah. Banyak pihak memprediksi patung-patung tersebut berasal dari abad ke-14. Meski begitu, tidak ada yang tahu siapa perancang semua patung-patung ini.

3. Lembah Harau

Mengenal 5 Lembah Indah yang Dimiliki Indonesia, Sudah Jelajahi Semuanya? Photo Credit: kompas.com

Lembah Harau juga menawarkan panorama alam yang tak kalah indah dengan lembah-lembah lainnya. Untuk menemukan lembah ini, lo bisa melancong ke Kabupaten Limapuluh Kota, Payakumbuh, Sumatera Barat. Sejak tanggal 10 Januari 1993, lembah Harau dikukuhkan sebagai cagar alam dan suaka margasatwa

 Lembah seluas 270 hektar ini berada di antara dua bukit cadas yang memiliki ketinggian 200 meter. Saat mengunjungi lembah ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan hamparan sawah di antara tebing. Selain itu, lo juga bisa melihat aliran air yang tenang sembari menghidup udara segar di kawasan lembah ini.

Hal menarik lainnya yang bisa lo temukan di kawasan Lembah Harau adalah keberadaan enam air terjun dengan ketinggian hingga 10 meter. Jika tertarik mencicipi pengalaman yang berbeda, lo bisa mendaki sejumlah bukit di sekitar sini, misalnya seperti Bukit Jambu, Bukit Tarantang, Bukit Air Putih, dan Bukit Singkarak.

4. Lembah Pantunan

Mengenal 5 Lembah Indah yang Dimiliki Indonesia, Sudah Jelajahi Semuanya? Photo Credit: walkbali.com

Banyak orang mungkin mengenal Bali sebagai surga wisata pantai indah di Indonesia. Jika ditelusuri lebih jauh, keindahan alam Bali sebenarnya tidak hanya mencakup pantai atau tempat wisata air saja. Di sana, lo juga bisa menemukan lembah cantik dengan suasana asri bernama Pantunan.

Ketika menjelajahi lembah ini, lo bisa melihat hamparan sawah di bukit kecil yang memiliki pemandangan yang begitu alami. Jika dibandingkan dengan Ceking-Tegallang, lembah ini memang masih kalah populer. Meski begitu, Lembah Pantunan tetap menyajikan keindahan panorama alam yang begitu mempesona.

 Lembah Pantunan sangat cocok dikunjungi bagi lo yang berniat melakukan solo traveling atau hendak meluangkan me time. Pasalnya, jumlah pengunjung lembah ini masih terbilang sepi. Suasana sepi yang dihadirkan lembah ini tentu akan membantu lo untuk menenangkan diri. Jadi, jangan tunda waktu berlibur ke sini ya bro!

5. Ngarai Sianok

Mengenal 5 Lembah Indah yang Dimiliki Indonesia, Sudah Jelajahi Semuanya? Photo Credit: azamsyah.com

Keindahan alam lembah ini juga seringkali mengundang decak kagum dari wisatawan lokal dan mancanegara. Sama seperti Lembah Harau, Ngarai Sianok berlokasi di Sumatera Barat. Akan tetapi, lembah ini berlokasi di Kabupaten Agam, kota Bukittingi.

Ngarai Sianok diketahui menjadi penanda garis batas Ngarai Koto Gadang, Ngarai Sianok Enam Suku, serta Palupuh. Lembah ini mempunyai panjang mencapai 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter. Ngarai Sianok kabarnya memiliki kedalaman sekitar 100 meter.

Saat menyambangi daerah patahan lembah ini, wisatawan bisa menjumpai Sungai Sianok yang mengalir begitu tenang. Di sekitar tepi sungai, lo dapat menemukan bunga rafflesia yang tumbuh dengan sumbur. Menarik sekali ‘bukan? Jika berlibur ke Sumater Barat, lo tidak boleh melewatkan keindahan alam Ngarai Sianok.

Demikian 5 lembah cantik yang dimiliki Indonesia. Pesona indah kelima lembah ini dijamin bakal membuat lo terkesima sejak pertama kali melihatnya. Mengunjungi lembah-lembah ini tentu akan membebaskan lo dari rasa stres yang membelenggu pikiran. Jadi, jangan lupa jelajahi semua lembah di atas ya bro!

Source

Feature Image - azamsyah.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!