FEB 6, 2019

5 Pilihan Pulau Tak Berpenghuni di Indonesia dengan Keindahan Alam yang Memukau!

Percaya atau tidak, sebagai negara yang memiliki banyak pulau ini, masih ada beberapa dari pulau tersebut yang belum berpenghuni, bahkan memiliki sebuah bentangan alam yang sangat indah. Enggak percaya? Simak saja informasinya di bawah ini!


Sebagaimana yang sudah diketahui kalau Indonesia sendiri merupakan negara kesatuan yang memiliki banyak sekali pulau. Kurang lebih terdapat sekitar 17.000 pulau yang ada di dalam negara ini, tak heran apabila Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Namun dari pulau-pulau tersebut, hanya 30-35 persen saja yang berpenghuni. Sehingga masih banyak terdapat pulau yang belum memiliki penghuninya namun memiliki keindahan alam yang memukau.

Menariknya lagi, dari beberapa pilihan pulau tak berpenghuni yang ada di Indonesia bisa lo kunjungi serta nikmati keindahannya. Banyak hal yang bisa lo dapatkan ketika berada di pulau-pulau tersebut, seperti dengan keindahan pantainya eksotik hingga air lautnya yang jernih, tentunya bisa menjadi salah satu lokasi yang bisa menghilangkan rasa penat lo.

Untuk itu, ketika lo memiliki waktu luang yang cukup banyak atau masih bingung mengenai destinasi liburan lo berikutnya, tentunya beberapa pilihan pulau tak berpenghuni di Indonesia bisa menjadi opsi lo. Nah, daripada lo semakin penasaran, berikut beberapa pilihan pulau tak berpenghuni di Indonesia yang patut untuk lo kunjungi!

Pilihan Pulau Tak Berpenghuni di Indonesia – Pulau Pasumpahan

Suasana di Pulau Pasumpahan. Credit: yasmenchaniago.com

Untuk pilihan pertama mengenai pulau tak berpenghuni di dunia merupakan sebuah pulau yang terletak di kawasan Sumatera Barat, yaitu Pulau Pasumpahan. Pulau ini pun masuk ke dalam wilayah administrative Kotamadya Padang.

Keunikan yang bisa lo dapatkan ketika berada di Pulau Pasumpahan ialah berupa hamparan pasir putih dan lautan hijau biru yang masih sangat jernih. Bukan hanya itu saja, lo juga bisa menikmati suasana pulau yang sepi bagaikan pulau pribadi.

Bukan hanya sebuah isapan jempol belaka, namun ketika lo berkunjung ke pulau ini, tentunya rasa penat yang lo dapatkan dari kehidupan keseharian lo akan hilang secara perlahan. Tentunya juga banyak aktivitas yang bisa lo lakukan di sana, bersantai di bibir pantai ataupun snorkeling merupakan hal yang tepat untuk lo lakukan.

Pilihan Pulau Tak Berpenghuni di Indonesia – Pulau Nipa

Suasana di Pulau Nipa. Credit: 92pulau.org

Ini merupakan pilihan pulau tak berpenghuni di Indonesia yang letaknya sangat dekat dengan wilayah negara Singapura. Pulau Nipa memiliki sebuah pemandangan alam yang belum pernah terjamah oleh tangan manusia, sehingga lo benar-benar akan mendapatkan sebuah keindahan alam yang asri.

Terdapat sebuah kejadian yang unik, karena pada tahun 2000 pulau ini nyaris tenggelam karena penambangan pasir yang berlebihan untuk reklamasi Singapura. Pulau dengan luas sekitar 62 hektar yang berada di wilayah administrative Kotamadya Batam, Kepulauan Riau ini dijaga ileh TNI Angkatan Laut.

Pilihan Pulau Tak Berpenghuni di Indonesia – Pulau Mandiki

Suasana di Pulau Mandiki. Credit: ohelterskelter.com

Berikutnya bila membicarakan pulau tak berpenghuni yang ada di Indonesia, Pulau Mandiki patut untuk masuk ke dalam pilihannya. Bagaiaman tidak, pulau yang tak berpenghuni ini memiliki sebuah keindahan alam yang cukup memukau.

Pulau yang terletak di semenanjung barat Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini memiliki sebuah ciri khas yang hanya bisa lo dapatkan di sana. Bebatuan indah yang tersebar di dalam pulau ini pun menjadi sebuah daya tarik yang bisa lo dapatkan ketika berkunjung ke pulau ini.

Tak heran apabila pulau ini juga memiliki nama lain yaitu Pulau Batu. Buat lo yang mengincar liburan yang santai dan tenang bisa mengunjungi pulau ini. Berada di dalam kawasan pulau ini pun akan membuat lo merasakan bagaimana berada di pulau pribadi.

Pilihan Pulau Tak Berpenghuni di Indonesia – Pulau Pombo

Suasana di Pulau Pombo. Credit: ksmtour.com

Bila melihat dari bentuknya saja, pulau ini sudah menandakan keindahan apa yang akan lo dapatkan ketika berada di sana. Tak heran apabila sudah banyak terdengar di kalangan para wisatawan mengenai keindahan dari pulau ini.

Pulau yang merupakan kawasan konservasi baik daratan maupun lautannya ini bisa menjadi destinasi wisata alam lo berikutnya. Uniknya lagi, di kawasan pulau ini lo bisa mengamati burung serta melakukan trekking di sepanjang pulau ini.

Aktivitas seperti berenang, snorkeling dan diving merupakan pilihan yang bisa lo lakukan di sana, tentunya keindahan baharinya juga menjadi daya tarik yang sering sekali diincar oleh para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri.

Nama dari pulau ini pun berasal dari spesies Burung Pombo yang banyak ditemukan di dalam pulau ini. Pulau yang hanya berjarak sekitar 5 km dari Pulau Ambon ini tentunya bisa menjadi destinasi liburan berikutnya apabila lo ingin mencari pulau yang masih alami.

Pilihan Pulau Tak Berpenghuni di Indonesia – Pulau Intata

Suasana di Pulau Intata. Credit: sitaro.wordpress.com/

Kalau sedang berada di kawasan Sulawesi Utara, jangan lupa untuk mampir ke Pulau Intata yaa. Merupakan salah satu pulau yang masuk ke dalam kawasan pulau terluar di Sulawesi Uatara ini menyimpan keindahan alam yang cukup memukau.

Daya tarik berupa lautnya yang masih jernih berwarna biru hijau toska menjadi sebuah magnet bagi para wisatawan. Buat lo yang suka dengan suasana pantai, tentunya Pulau Intata merupakan pulau yang tepat untuk lo singgahi, karena memiliki pasir pantainya yang lembut dan putih serta kawasan di pulau ini pun alami dan sejuk.

Perlu diketahui pula kalau letak dari pulau ini berbatasan langsung dengan wilayah perairan Filipina dan tidak jauh dari pulau ini terlihat keindahan dari Pulau Kakorotan yang patut untuk lo kunjungi pula ketika sudah puas menjelajahi Pulau Intata.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar pulau tak berpenghuni yang ada di Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

 

Featured Image: tempatwisataindonesia22.blogspot.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Eksan B
February 6, 2019 at 9:37 PM

Perlu kesitu nih kayaknya. Keren abis..