FEB 6, 2019

Mengapa Generasi Milenial Tergila-gila dengan Traveling? Inilah 5 Alasannya

Traveling telah menjadi gaya hidup sebagian generasi milenial saat ini. Lalu, hal apakah yang membuat milenial tergila-gila dengan traveling? Simak jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!


Dewasa ini, traveling telah menjadi gaya hidup bagi sebagian generasi milenial. Hal tersebut dapat dibuktikan laporan yang dipaparkan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) terkait jumlah perjalanan per tahun. Di dalam data tersebut, liburan generasi milenial dan generasi z mengalami kenaikan hingga 300 juta perjalanan per tahun.

Dari data tersebut, muncul sebuah pertanyaan: hal apakah yang membuat milenial tertarik traveling? Berikut adalah 5 alasannya. Silakan disimak ya bro!

1. Ingin Memulai Perjalanan Layaknya Masyarakat Lokal

Mengapa Generasi Milenial Tergila-gila dengan Traveling? Inilah 5 Alasannya. Photo Credit: googleusercontent.com

Bagi masyarakat umum, melakukan traveling identik dengan mencicipi hal-hal baru yang berada di luar ekspektasi. Banyak orang tertarik melancong ke suatu tempat tak dikenal dengan harapan merasakan pengalaman seru dan unik. Pengalaman unik yang lo rasakan selama traveling tentu akan menumbuhkan semangat positif agar siap memulai hari baru.

Berkaitan dengan itu, generasi milenial sangat menginginkan diri mereka dianggap jadi bagian suatu kebudayaan. Hal tersebut akhirnya mendorong mereka untuk traveling dan menjelajahi berbagai tempat baru. Dengan cara itu, mereka bisa berpartisipasi dalam suatu tradisi lokal yang dilakukan masyarakat setempat.

Ketika traveling, generasi milenial umumnya tertarik melibatkan diri mereka dalam sejumlah festival kebudayaan. Selain itu, hal lainnya yang biasa dilakukan generasi milenial saat traveling adalah menyantap kuliner tradisional khas daerah setempat. Dengan mencicipi makanan baru, mereka bisa menemukan pengalaman unik yang mungkin tak ditemukan di daerah asal.

2. Ingin Menunjukkan Eksistensi lewat Media Sosial

Mengapa Generasi Milenial Tergila-gila dengan Traveling? Inilah 5 Alasannya. Photo Credit: .resonate.com

Di era digital ini, banyak orang menunjukkan eksistensi lewat media sosial. Salah satu media sosial yang digandrungi masyarakat saat ini adalah Instagram. Generasi milenial biasanya berbagi keseruan liburan dengan banyak orang lewat foto traveling yang diunggah di sana.

Tak hanya itu, mereka juga kerapkali memamerkan momen liburan mereka melalui fitur Story di Instagram. Sema postingan foto atau video di Instagram ini nantinya akan dilihat oleh followers mereka. Dengan memperlihatkan aktivitas liburan di Instagram, generasi milenial bisa menunjukkan eksistensi mereka kepada semua orang.

Dewasa ini, sebagian milenial bahkan kerapkali menyewa jasa fotografi selama traveling. Tujuannya agar momen indah saat liburan dapat tertangkap dengan sempurna dalam sebuah foto. Dengan begitu, mereka bisa membagikan foto liburan di Instagram dengan perasaan puas.

3. Adanya Keinginan Mencoba Hal Tak Biasa atau Hal di Luar Dugaan

Mengapa Generasi Milenial Tergila-gila dengan Traveling? Inilah 5 Alasannya. Photo Credit: kisscc0.com

Generasi milenial dikenal memiliki karakteristik unik. Mereka selalu tertantang untuk melakukan perjalanan yang seru dan berkesan. Generasi milenial tertarik menjelajahi tempat baru untuk menggali pengalaman yang berarti.

Mereka seringkali melakukan traveling untuk mencicipi hal-hal di  luar ekspektasi. Contohnya seperti berpindah ke sejumlah pulau dalam waktu singkat, bertualang di alam liar, mendaki gunung, berwisata kuliner ke tempat baru, serta mendaki gunung. Oleh sebab itu, traveling seringkali menjadi gaya hidup para milenial.

Keinginan mereka untuk menjelajahi hal baru ternyata memiliki dampak positif. Berkat hobi traveling, generasi milenial tak jarang berhasil memperkenalkan tempat wisata alam indah yang mungkin belum pernah dijamah orang. Mantap sekali, bukan? Jadi, jangan lupa luangkan waktu untuk traveling ya bro!

4. Harapan Menemukan Jati Diri selama Liburan

Mengapa Generasi Milenial Tergila-gila dengan Traveling? Inilah 5 Alasannya. Photo Credit: wetu.com

Banyak generasi milenial menjadikan momen liburan untuk mencari jati diri. Saat traveling ke suatu tempat baru, mereka seringkali meluangkan waktu bersantai sembari menyusun berbagai rencana penting dalam hidup. Suasana tempat liburan yang sepi tentu akan membantu mereka untuk berpikir secara jernih.

Dengan melakukan traveling, generasi milenial bisa berhenti sejenak dari rutinitas harian yang melelahkan serta memahami diri sendiri secara lebih dalam. Ketika mengasingkan diri ke daerah tak dikenal, mereka berkempatan menemukan tujuan hidup yang mungkin sempat dilupakan. Bermanfaat sekali, bukan?

Pada masa liburan, generasi milenial tidak hanya dapat melepas penat dengan menjajal berbagai kegiatan seru. Mereka juga berkesempatan mengenal diri lebih dekat serta menemukan jawaban atas kegelisahan yang sering menghantui hidup. Usai traveling, sejumlah generasi milenial bahkan berganti pekerjaan karena berhasil menemukan jati diri mereka yang sebenarnya.

5. Lebih Percaya Informasi Travel yang Dipaparkan Influencer ketimbang Agen Perjalanan

Mengapa Generasi Milenial Tergila-gila dengan Traveling? Inilah 5 Alasannya. Photo Credit: ploytrip.com

Masyarakat seringkali menggali informasi seputar travel dari dunia maya, tak terkecuali generasi milenial. Untuk mencari referensi wisata, mereka biasanya membaca blog serta menyimak postingan di sejumlah media sosial. Dengan begitu, mereka dapat mengetahui keadaan tempat yang dituju secara jelas.

Saat menentukan destinasi wisata, generasi milenial biasanya mengamati postingan travell yang diunggah oleh para influencer. Melalui postingan-postingan tersebut, mereka dapat menemukan inspirasi terkait hal-hal yang akan dilakukan selama traveling. Uniknya, generasi milenial seringkali lebih meyakini informasi travel yang disampaikan influencer daripada Agen Perjalanan.

Saat mengamati postingan travel yang diunggah para influencer, generasi milenial akan terdorong untuk menjelajahi tempat liburan baru yang menawarkan suasana unik. Mereka bahkan tak jarang mempraktekkan hal yang sama dilakukan oleh para influencer dalam postingan tersebut. Intinya, mereka seringkali menjadikan postingan influencer sebagai acuan travel.

Demikian 5 alasan mengapa generasi milenial tergila-gila dengan traveling. Semoga informasi di atas membuka wawasan lo tentang traveling di era modern. Pokoknya, selalu sempatkan waktu traveling di sela-sela kesibukan ya bro!

Source

Feature Image - kisscc0.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Eksan B
February 13, 2019 at 12:21 PM

Yupp betul sekali.. Karena hidup bukan cm kerja.. Travelling lah sejauh jauhnya..


Zul Asfi Rusman
February 15, 2019 at 4:47 PM

Eksistensi kali yah