FEB 7, 2019

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah!

Tidak membawa kompas dan ponsel pintar lo mati dan tidak bisa membuka aplikasi kompas digital? Tenang, lo tetap tidak akan tersesat karena bisa menentukan arah mata angin tanpa kompas. Lihat caranya di bahasan kali ini, bro!


Mendaki gunung tapi lupa bawa kompas? Tenang, dibahasan kali ini akan diulas 6 cara mudah untuk menentukan arah mata angin tanpa kompas. Perlu lo ingat, nih!

Walau dengan perkembangan zaman yang sudah maju ini, alat-alat konvensional dalam mendaki gunung tetap dibutuhkan, lho. Sebenarnya, bisa saja hanya mengunduh aplikasi lunak yang berada di ponsel pintar lo, dan pendakian lo akan aman.

Banyak sudah para petualang yang sudah punya kompas digital. Tinggal menyalakan ponsel pintar dan membuka aplikasi kompas digital tersebut, mereka yakin mereka bisa menentukan arah mata angin dan tidak akan tersesat.

Lalu, bagaimana jika ponsel pintar tersebut mati karena kehabisan daya, atau karena hal lainnya? Kelimpungan? Pasti. Oleh karena itu, kompas konvensional masih perlu lo bawa dalam setiap perjalanan dan petualangan lo – terlebih di dalam sebuah pendakian.

Tapi, worst case – bagaimana jika lo tidak membawa kompas konvensional, dan ponsel pintar lo juga mati karena kehabisan daya? Stay calm, bro. Selalu ada cara dalam setiap kesulitan. Seperti 6 cara menentukan arah mata angin tanpa kompas yang akan dibahas di bawah ini.

Penasaran? Sila simak terus bahasan kali ini ya!

Tanda dan Petunjuk di Pepohonan

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah!

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah! credit: maudisini.com

Pepohonan menyimpan berbagai tanda dan petunjuk saat lo akan menentukan arah mata angin, lho. Tanda dan petunjuk tersebut dimulai dari lebatnya pohon tersebut dan juga arah batang pohon condong ke mana. Biasanya, arah batang atau dahan pohon akan condong ke arah timur untuk mencari sinar matahari.

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah!

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah! credit: phinemo.com

Selanjutnya, pada pohon tersebut, raba dan rasakan adanya lumut. Jika salah satu sisinya basah, lembab dan berlumut, itu artinya sisi pohon tersebut mengarah ke timur karena butuh sinar matahari. Namun, pertumbuhan lumut bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Jadi, hal tersebut hanya menjadi salah satu parameternya saja.

Ketiga, rasakan suhu pohon, bila satu sisi pohon terasa hangat, maka sisi tersebut mengarah ke arah barat. Hal tersebut berdasarkan hipotesis cahaya matahari yang menghangatkan sisi tersebut.

Lihat Arah Mata Angin Dengan Jam Tangan

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah!

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah! credit: blog.jamtangan.com

Selain sebagai pemberi waktu dengan presisi, ternyata jam tangan juga bisa menentukan arah mata angin, lho. Namun, perlo lo ingat dan ketahui juga bahwasanya, hanya jam tangan analog atau jam tangan yang menggunakan jarum saja yang bisa digunakan.

Cara menentukan arah mata angin dengan menggunakan jam tangan adalah lihat angka 12 pada jam tersebut, lalu arahkan tepat ke arah matahari. Dari situ, lihat jarum pendek di jam tangan tersebut, akan ada bayang di antara angka 12 dan jarum pendek tersebut.

Bayang tersebut akan mengarah ke utara. Hal ini bisa terjadi karena lo ternyata berada di sisi selatan garis khatulistiwa. Cukup mudah dan ternyata mind blown ya?

Buat Kompas Sederhana

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah!

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah! credit: id.wikihow.com

Jika benar-benar tidak membawa kompas analog atau konvensional untuk menentukan arah mata angin, lo bisa kok buat sendiri kompas tersebut dengan bahan-bahan seadanya. Bahan-bahan yang dimaksud adalah jarum/silet, gabus atau sejenisnya yang bisa mengapung, serta semangkuk air.

Kemudian, yang bisa lo lakukan jika bahan-bahannya sudah terkumpul, sila gosokan jarum atau silet ke permukaan yang kering, sehingga bahan tersebut mendapatkan gaya listrik dan gaya magnetis. Lalu, letakan jarum atau silet pada gabus tersebut.

Setelah itu, apungkan di atas semangkuk air yang sudah lo siapkan sebelumnya. Perhatikan dengan seksama pada dua ujung jarum. Kedua ujung jarum tersebut akan menunjukan arah utara dan selatan, lho.

Memanfaatkan Matahari

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah!

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah! credit: theoskars.com

Memanfaatkan matahari sebagai cara paling mudah menentukan arah mata angin adalah hal yang pasti bisa dilakukan oleh tiap petualang saat dalam perjalanan dan petualangan mereka. Jika matahari terbit, pasti dari arah timur, jika terbenam pasti ke arah barat.

Nah, jika lo berdiri tepat ke arah matahari terbit, sebelah kanan lo adalah arah utara, dan sebelah kiri lo adalah arah selatan. Begitu juga sebaliknya. Tinggal dibalik saja bro, lo menghadap ke timur atau ke barat, sisi kanan dan kiri lo pasti menghadap ke arah utara atau selatan.

Bayangan Batang Kayu

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah!

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah! credit: phinemo.com

Menggunakan batang kayu untuk menentukan arah mata angin juga merupakan salah satu cara mudah untuk dilakukan. Yang lo butuhkan dalam percobaan ini hanyalah sebilah kayu dengan tinggi 30cm – 50cm saja.

Kemudian, tancapkan ke tanah, lalu perhatikan bayangan yang ada di sebilah kayu tersebut. Tandai setiap titik di ujung bayangan tersebut. Tandai sampai membentuk tanda plus. Jika ada garis bayangan yang berlawanan, garis bayang tersebut menghadap ke sisi utara.

Melihat Rasi Bintang Pari – Crux

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah!

Tanpa Kompas: Berikut 6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Mudah! credit: earthsky.org

Jika dari tadi adalah cara menentukan arah mata angin pada siang hari, cara terakhir ini bisa lo lakukan di malam hari. Melihat rasi bintang, khususnya rasi bintang pari atau crux adalah cara menentukan arah mata angin.

Rasi bintang pari dapat dengan mudah lo lihat dan rasi bintang ini berada di sisi selatan. Bentuknya yang seperti Salib atau laying-layang dan bentukannya sedikit condong atau miring.

Bagaimana bro? Sudah paham dengan 6 cara mudah untuk menentukan arah mata angin tanpa kompas? Jadi, lo tidak perlu takut tersesat karena alam serta bahan-bahan mudah bisa menjadi penolong lo untuk menentukan arah, nih!

 

Source

Feature Image - inspirilo.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Zaenal Mudtaqin
April 2, 2019 at 10:15 PM

Info menarik