FEB 7, 2019

5 Alasan Mengapa Lo Perlu Beli Oleh-oleh Selama Liburan!

Saat traveling, tidak ada salahnya lo meluangkan waktu membeli oleh-oleh. Pasalnya, kegiatan tersebut mendatangkan banyak keuntungan. Apa sajakah itu? Simak jawabannya di bawah ya bro!


Membeli oleh-oleh diketahui telah menjadi salah satu kegiatan favorit wisatawan saat berlibur. Meski begitu, ada juga orang yang tak tertarik melakukan aktivitas ini karena dianggap menyita anggaran liburan. Lo tentu dibebaskan memilih sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Terlepas dari itu semua, lo perlu mengetahui sejumlah keuntungan yang didapat dari membeli oleh-oleh. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 alasan mengapa lo perlu membawa oleh-oleh saat traveling. Silakan disimak ya bro!  

1. Membuka Kesempatan untuk ke Menjelajahi Spot Wisata Lebih Dekat

5 Alasan Mengapa Lo Perlu Beli Oleh-oleh Selama Liburan! Photo Credit: thejakartapost.com

Saat hendak membeli oleh-oleh untuk orang terdekat, lo berkesempatan menjelajahi tempat baru yang mungkin jarang diketahui orang. Agar terhindar dari rasa bosan, cobalah traveling ke kota berbeda setiap liburan. Dengan begitu, lo dapat menelusuri oleh-oleh baru dari setiap daerah yang dijelajahi.

Di Pulau Jawa, ada banyak destinasi wisata yang menghadirkan rumah-rumah kerajinan berkualitas baik. Selain benda, lo juga bisa membeli makanan khas daerah setempat untuk dijadikan oleh-oleh.  Sebelum membawanya pulang, pastikan lo telah mencicipinya sedikit agar tidak kecewa.

Menjelajahi hal baru selama traveling tentu akan meninggalkan kesan mendalam dalam benak lo. Bukan cuma itu, lo juga berkesempatan menemukan benda atau makanan unik yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang spesial. Menarik sekali, bukan? Jadi, sempatkan waktu untuk membeli oleh-oleh ya bro!

2. Membantu Usaha Pedagang Oleh-oleh Daerah Setempat

5 Alasan Mengapa Lo Perlu Beli Oleh-oleh Selama Liburan! Photo Credit: thestar.com

Di daerah terpencil, terdapat banyak pedagang oleh-oleh yang mengelola usahanya secara mandiri dengan modal seadanya. Dengan membeli oleh-oleh di suatu tempat wisata, lo telah berkontribusi membantu usaha bisnis pedagang lokal. Para pedagang pun dapat melanjutkan hidup mereka dengan tenang.

Penjual oleh-oleh tentu akan merasa terbantu ketika lo membeli barang dagangan mereka, sekalipun barang yang dibeli tidak dalam jumlah banyak.  Melalui uang hasil penjualan oleh-oleh, mereka bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Tak hanya itu, para pedagang juga dapat mempergunakan uang tersebut untuk membiayai sekolah anak-anak mereka.

Dengan demikian, membeli oleh-oleh akan sangat membantu kehidupan para pedagang lokal. Membeli dapat melanjutkan hidup dan bisnis, sementara lo juga dapat merasa senang karena menemukan oleh-oleh untuk orang tersayang. Sama-sama untung, bukan?

3. Membuat Lo Lebih Peduli terhadap Anggaran Liburan

5 Alasan Mengapa Lo Perlu Beli Oleh-oleh Selama Liburan! Photo Credit: medium.com

Jika berniat membeli oleh-oleh, lo tentu harus menyiapkan anggaran lebih agar perjalanan liburan tidak terganggu dan berlangsung lancar. Lo pun akan semakin berhati-hati dalam menyisihkan uang selama liburan. Hal ini tentu membuat lo lebih disiplin mengelola biaya traveling. Setuju ‘kan bro?

Membeli oleh-oleh memang bukan kegiatan yang wajib dipenuhi traveler saat bepergian ke suatu tempat. Meski begitu, banyak orang melakukannya demi memberi hadiah spesial bagi orang terdekat. Oleh-oleh yang dibeli tentu dapat berbentuk barang atau makanan.

Selain itu, oleh-oleh juga bisa menjadi pengingat manis terhadap tempat liburan yang lo kunjungi. Saat melihatnya lagi di lain waktu, lo dapat bernostalgia dengan tempat liburan yang  pernah dikunjungi. Berguna sekali, bukan?

4. Mendorong Keinginan untuk Berwisata ke Tempat Baru

5 Alasan Mengapa Lo Perlu Beli Oleh-oleh Selama Liburan! Photo Credit: year13.com.au 

Ada banyak faktor yang membuat seseorang tertarik traveling, misalnya seperti mencari suasana baru. Selain itu, banyak juga orang melakukan perjalanan wisata demi menemukan benda atau makanan baru. Setuju ‘gak bro?

Sebagai contoh, sebagian wisatawan yang pergi ke Yogyakarta tentu tertarik mencicipi bakpia. Jika wisatawan terpincut dengan kelezatan bakpia, bukan tidak mungkin mereka akan engunjungi tempat makan tersebut untuk kedua kalinya dengan rencana baru. Mereka bisa saja mencicipi bakpia dalam jumlah lebih banyak.

5. Merekatkan Hubungan dengan Orang Terdekat

5 Alasan Mengapa Lo Perlu Beli Oleh-oleh Selama Liburan! Photo Credit: exploringtherockies.com

Seperti yang lo ketahui, hubungan persahabatan tidak melulu berbicara soal materi atau barang. Meski begitu, seseorang tentu akan merasa senang jika dirinya dibawakan oleh-oleh liburan dari sahabatnya. Ketika lo membelikan oleh-oleh untuk seorang sahabat, ia tentu akan merasa bahagia sekaligus dihargai.

Usai puas berwisata, sempatkanlah waktu untuk membeli oleh-oleh atau cenderamata untuk orang-orang terdekat. Salah satu contoh oleh-oleh yang bisa dibeli wisatawan saat liburan adalah gantungan kunci. Meski ukuran barang ini terbilang kecil, menyerahkan gantungan kunci kepada orang spesial tentu akan membuat mereka senang.

Dengan membawa oleh-oleh, lo dapat menjalin hubungan baik dengan pihak penerima oleh-oleh. Ia tentu akan merasa senang karena lo telah menyempatkan waktu untuk membelikannya oleh-oleh. Kebaikan lo tentu akan disambut baik oleh sang penerima.

Demikian 5 alasan mengapa lo perlu membeli oleh-oleh saat traveling. Semoga informasi di atas bisa menjadi pengingat agar lo tak lupa membawa cenderamata atau oleh-oleh ketika berlibur. Jangan lupa traveling ya bro!

Source

Feature Image by Hector Ratia


Please login to comment
3 COMMENTS
Zul Asfi Rusman
February 7, 2019 at 2:18 PM

karena oleh oleh adalah cinta


Eksan B
February 9, 2019 at 10:43 PM

Siap dah.. Persiapkan uang saku yg banyak...????


Rykma Alodya
February 17, 2019 at 10:55 PM

Ingat orang rumah beli oleh oleh dong