Selain Diving di Raja Ampat: Menikmati Kicauan Burung Surga Dengan Birdwatching!

Raja Ampat tidak melulu soal diving serta keindahan alam bawah lautnya saja, bro. Birdwatching salah satu kegiatan seru yang mesti lo coba saat berada di sana. Penasaran? Sila simak bahasan kali ini dulu ya!

Selain Diving di Raja Ampat: Menikmati Kicauan Burung Surga Dengan Birdwatching!

Menjadi salah satu spot diving ternama dan terbaik di dunia, Raja Ampat dipastikan akan penuh oleh para petualang yang datang dari berbagai belahan dunia di waktu liburan.

Tapi, selain diving atau kegiatan sejenisnya, ada kegiatan seru lain yang bisa lo lakukan saat berada di Raja Ampat, Papua – yaitu Birdwatching.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Raja Ampat? Spot petualangan yang sudah diakui oleh banyak petualang dari berbagai penjuru dunia sebagai salah satu potongan surga terbaik yang ada di bumi Indonesia begitu terkenal dan populer.

Selain Diving di Raja Ampat: Menikmati Kicauan Burung Surga Dengan Birdwatching!

Selain Diving di Raja Ampat: Menikmati Burung Surga Dengan Birdwatching! credit: expeditionengineering.com

Keindahan alam yang direpresentasikan dengan untaian pulau-pulau kecil, serta keindahan alam bawah laut yang dibuktikan dengan berjuta keberagaman terumbu karang, koral serta biota laut dari yang kecil sampai besar – semuanya menjadi daya tarik utama Raja Ampat.

Namun, apakah hanya benar-benar itu saja keindahan alam serta daya tariknya Raja Ampat? Apakah tidak ada yang lain lagi yang bisa dinikmati oleh para petualang yang rela datang dari jauh-jauh ke sana? Jawabannya: ada, bro!

Selain Diving di Raja Ampat: Menikmati Kicauan Burung Surga Dengan Birdwatching!

Selain Diving di Raja Ampat: Menikmati Burung Surga Dengan Birdwatching! credit: destinasian.co.id

Selain diving serta menikmati segala daya tarik yang sudah dijelaskan di atas, Raja Ampat – Papua, mempunyai daya tarik lain yang bisa para petualang juga nikmati. Birdwatching, mengapa hal tersebut yang disebutkan? Bukankah sedikit terdengar membosankan?

Eits, jangan bilang membosankan jika lo belum pernah melihat dan mengalami sendiri bagaimana birdwatching di Raja Ampat Papua. Papua terkenal mempunyai salah satu spesies burung endemik di sana. Burung tersebut juga dikenal sebagai burung dari surga.

Cendrawasih, adalah burung yang dimaksud. Salah satu bintang utama di Raja Ampat Papua ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melanjutkan petualangan dan perjalanan lo di Raja Ampat. Desa Sawinggrai menjadi salah satu spot habitat burung ini.

Sebelum lo bereksplorasi soal burung Cendrawasih tersebut, apakah lo sudah tahu apa itu birdwatching? Berdasarkan dari situs Wikipedia, birdwatching adalah rekreasi atau kegiatan mengamati burung di alam bebas dengan menggunakan beberapa bantuan penglihatan.

Bantuan penglihatan tersebut adalah teleskop dan teropong binocular. Dengan dua alat bantu tersebut, lo akan bisa melihat dengan jelas burung Cendrawasih tersebut serta mendengar cuitannya yang khas serta merdu dan indah.

Persiapan Untuk Birdwatching

Selain Diving di Raja Ampat: Menikmati Kicauan Burung Surga Dengan Birdwatching!

Selain Diving di Raja Ampat: Menikmati Burung Surga Dengan Birdwatching! credit: chainimage.com

Bangun pagi, adalah salah satu persiapan yang benar-benar perlu lo siapkan karena jika lo tidak bisa bangun pagi, lo akan melewatkan cuitan burung Cendrawasih di habitat aslinya. Hal tersebut dikarenakan oleh kebiasaan burung Cendrawasih yang sudah beraktifitas dari jam 05.00 WIT.

Setelah melewati jam 06.00 WIT, gerombolan burung Cendrawasih tersebut akan berangsur meninggalkan sarangnya untuk mencari makan. Nah, tenang saja nih kalau lo melewatkan waktu tersebut. Lo bisa kembali ke sana saat pukul 17.00 WIT.

Jam lima sore tersebut adalah saat kawanan burung Cendrawasih kembali ke sarang. Salah satu daya tarik utama saat birdwatching adalah lincahnya burung Cendrawasih menari untuk memancing burung Cendrawasih betina.

Saat tengah mengamati burung Cendrawasih, sebaiknya lo jangan berisik. Hal tersebut bukan karena mereka takut dengan para petualang, namun mereka akan merasa bebas untuk melakukan apapun yang mereka mau.

Oh iya, burung Cendrawasih mempunyai beberapa jenis, lho. Di Desa Sawinggrai sendiri, terdapat beberapa jenis burung Cendrawasih berwarna merah.

Nah, bicara soal jenis burung Cendrawasih, dari artikel yang ada di situs tempo, disebutkan setidaknya ada 6 jenis burung Cendrawasih yang cukup populer dan terkenal.

Jenis Burung Cendrawasih yang Populer

Selain Diving di Raja Ampat: Menikmati Kicauan Burung Surga Dengan Birdwatching!

Selain Diving di Raja Ampat: Menikmati Burung Surga Dengan Birdwatching! credit: kandarestaurant.com

Lesser bird of paradise – adalah cendrawasih kuning-kecil. Burung ini memiliki panjang sekitar 32 cm. Salah satu burung paling ditunggu oleh para petualang saat birdwatching adalah burung Cendrawasih ini. Hal tersebut dikarenakan oleh kemampuannya untuk menari melebih jenis lainnya.

Mempunyai warna autentik yaitu kuning dan cokelat, paruhnya yang abu-abu kebiruan dan pada ekornya, terdapat antenna hitam.

Magnificent bird of paradise – jenis yang satu ini lebih banyak ditemukan di Papua Barat, khususnya Tambrauw. Mempunyai warna campuran hitam dan putih serta merah, di ekornya terdapat antenna berbentuk spiral yang berwarna biru muda menyala.

Cendrawasih Raja – burung yang satu ini adalah salah satu Cendrawasih yang sempat menjadi perburuan gelap para pihak tidak bertanggung jawab. Hal tersebut dikarenakan bulunya mempunyai warna yang indah. Perpaduan warna cokelat, merah tua dan putih serta ekornya yang berwarna ulir hijau, membuat Cendrawasih ini diincar oleh banyak pihak tidak bertanggung jawab.

Magnificent riflebird – Cendrawasih inilah yang mempunyai sebutan lain, yaitu burung dari surga. Mempunyai warna hitam beludru, kepalanya yang berwarna biru dan hijau. Cendrawasih yang satu ini mempunyai panjang badan kurang lebih 34 cm.

Western Parotia – Salah satu Cendrawasih paling cantik, jenis yang satu ini mempunyai warna hijau keemasan, di atas kepalanya ada mahkota berwarna abu-abu perak, serta dapat menari layaknya ballerina. Saat birdwatching cukup sulit melihat gerak burung Cendrawasih jenis ini karena geraknya yang cepat.

Superb bird of paradise – mirip dengan jenis Cendrawasih sebelumnya, yang satu ini juga mempunyai mahkota di atas kepalanya yang berwarna hitam dan hijau warna-warni. Berwarna biru, cokelat dan merah, perpaduan warna tersebut cukup memikat mata saat tengah melakukan birdwatching.

Nah, selain burung Cendrawasih – dari situs wanderlust.co.uk – setidaknya ada 6 spesies lainnya yang berada di Papua, sampai ke Papua Nugini.

Burung-burung tersebut merupakan target-target para petualang saat melakukan birdwatching. Jadi, pastikan jika lo diajak mengamati burung-burung surga nan eksotis tersebut, pastikan lo melihat mereka semua ya!

Nah, bagaimana nih bro! Ternyata Raja Ampat tidak selalu soal diving kan? Birdwatching ini mesti lo coba untuk mendapatkan pengalaman petualangan yang berbeda saat berpetualang di Raja Ampat, bro!

 

Feature Image - rojakdaily.com

In Depth Beginner Extreme snorkling diving solo traveling solo backpacker

8 COMMENTS

SHARE
Yoai mamen
This is beautiful.. ????
Ciwiiie... So beautiful
Indonesia punya.. Juara!
Masih bermimpi untuk ke Raja Ampat ')
Kapan bisa kesana
Salah satu objek wisata yang kelak saya datangi bila tuhan mengizinkan,Amin
Sepenggal surga yg tertinggal di indonesia