FEB 7, 2019

Bukan Hanya Menyelam, Namun 5 Fakta Menarik Taman Nasional Bunaken Ini Patut Untuk Lo Ketahui!

Keindahan dari Taman Nasional Bunaken memang sudah tak perlu lagi diragukan, namun apakah lo sudah tahu mengenai 5 fakta menarik seputar taman nasional ini? Penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Keindahan alam bahari yang ada di Indonesia sudah menjadi salah satu daya tarik ataupun magnet yang cukup kuat bagi banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Tak heran apabila tempat wisata yang berbau lautan pun menjadi tujuan utama para pelancong yang ingin menikmati alam di Negeri ini. Salah satunya ialah Taman Nasional Bunaken.

Merupakan taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, keindahannya pun bisa lo tengok di seputara Segitiga Terumbu Karang yang juga menjadi habita bagi 390 spesis terumbu karang, berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken juga merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia yang meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.

Selain itu, taman nasional ini pun juga memiliki beberapa fakta menarik yang tentunya membuat kawasan wisata bahari ini semakin indah untuk bisa lo kunjungi. Daripada lo semakin penasaran terhadap beberapa fakta-fakta tersebut, simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Fakta Menarik Seputar Taman Nasional Bunaken – Reruntuhan Kapal Kuno

Bukan Hanya Menyelam, Namun 5 Fakta Menarik Taman Nasional Bunaken Ini Patut Untuk Lo Ketahui!

Penampakan dari Reruntuhan Kapal Kuno. Credit: thalassamanado.com

Satu hal yang perlu untuk lo ketahui seputar Taman Nasional Bunaken ialah terdapatnya sebuah reruntuhan kapal kuno yang ada di dalam kawasannya. Bahkan lo bisa melakukan penyelaman di spot ini loh. Sehingga ketika lo sedang berada di taman nasional ini, jangan lupa untuk mencoba keseruan menyelam di bawahnya.

Konon katanya kapal ini merupakan kapal pedadang Jerman yang dahulunya karam. Setelah sudah melewati beberapa waktu yang cukup lama, kapal ini pun menjadi rumah bagi puluhan ribu ikan yang hidup di kawasan taman nasional ini.

Oleh karena itu, tak heran apabila spot ini pun menjadi sebuah kawasan menyelam yang menyimpan sebuah keindahan yang cukup berbeda dengan yang lain. Siapkan peralatan penyelaman lo dan rasakan keseruan di spot ini yaa.

Fakta Menarik Seputar Taman Nasional Bunaken – Bubur Tinutuan Manado

Bukan Hanya Menyelam, Namun 5 Fakta Menarik Taman Nasional Bunaken Ini Patut Untuk Lo Ketahui!

Penampakan dari Bubur Tinutuan Manado. Credit: idntimes.com

Selain dari keindahan alam bawah lautnya, ketika lo berkunjung ke taman nasional ini, lo juga bisa mendapatkan salah satu kuliner khas Sulawesi Utara dengan cita rasa yang cukup nikmat. Bukankah sebuah perpaduan yang sangat lengkap apabila lo bisa menikmati keindahan alam di Bunaken lalu menikmati kuliner khasnya?

Bubur Tinutuan sendiri menjadi primadona di kawasan ini karena memiliki rasa yang nikmat serta sangat tepat sekali untuk lo nikmati ketika sudah basah-basahan di laut taman nasional nan indah ini. Serta lo juga bisa menikmati kuliner makanan laut yang tak kalah nikmatnya. Bukan hanya itu saja, lo juga bisa mencicipi kuliner berbahan dasar kelapa di kawasan taman nasional ini.

Fakta Menarik Seputar Taman Nasional Bunaken – 5 Titik Penyelaman

Bukan Hanya Menyelam, Namun 5 Fakta Menarik Taman Nasional Bunaken Ini Patut Untuk Lo Ketahui!

Suasana Penyelaman di Taman Nasional Bunaken. Credit: /indonesiadestinations.com

Sebagai seorang penyelam, tentunya merupakan sebuah pencapaian apabila bisa melakukan aktivitas penyelaman di kawasan ini. Bagaimana tidak, terdapat kurang lebih 5 spot penyelaman yang patut untuk lo salami ketika berada di Bunaken.

Keindahan alam bawah lautnya yang memukau serta mampu memuaskan hasrat lo untuk melihat sebuah spot menyelam kelas dunia menjadi sebuah alasan yang kuat untuk lo bisa selalu menyelam di dalamnya.

5 spot yang patut untuk lo selami ketika berada di sana ialah Bunaken Timur, Mandolin, Reruntuhan Kapal dan Puncak Barakuda. Disarankan untuk membawa peralatan menyelam lo yaa, karena bisa mengurangi biaya ketika melakukan penyelaman di sana.

Fakta Menarik Seputar Taman Nasional Bunaken – Biota Laut yang Beragam

Bukan Hanya Menyelam, Namun 5 Fakta Menarik Taman Nasional Bunaken Ini Patut Untuk Lo Ketahui!

Biota Laut di Taman Nasional Bunaken. Credit: .flickr.com

Tentunya selain dari keindahan alam yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Bunaken ini, lo akan mendapatkan sebuah pemandangan lainnya yang mampu membuat lo terpukau. Yaap, dengan kekayaan biota laut yang ada di dalam lautan taman ini pun menjadi alasannya.

Bayangkan saja lo bisa menemukan beraga pilihan biota alam berupa barakuda, unicornfish serta pilihan hewan laut lainnya yang patut untuk lo lihat sendiri. Bahkan kalau lo bisa bertemua dengan ikan barakuda, itu merupakan momen yang akan jarang sekali bisa lo dapatkan.

Perlu diketahui pula selain memiliki biota laut yang banyak, di kawasan Taman Nasional Bunaken ini lo juga akan mendapatkan beragam pilihan biota yang jarang ataupun langka. Bagaimana bro sudah membulatkan tekad lo untuk datang serta bermain di Taman Nasional Bunaken?

Fakta Menarik Seputar Taman Nasional Bunaken – Waktu Terbaik

Bukan Hanya Menyelam, Namun 5 Fakta Menarik Taman Nasional Bunaken Ini Patut Untuk Lo Ketahui!

Suasana di Taman Nasional Bunaken. Credit: trover.com/

Untuk dapat menikmati keindahan yang ada di taman nasional ini, disarankan untuk datang pada saat bulan Mei hingga Agustus. Karena memang di bulan-bulan tersebut lo akan mendapat suasana serta cuaca yang cukup bersahabat untuk lo bisa melihat pemandangan alam indah.

Alasan lainnya mengapa di bulan-bulan tersebut merupakan waktu yang tepat, ialah karena mulai dari ombak dan arus airnya pun cukup tenang. Dengan begitu lo akan lebih nyaman untuk bisa menikmati aktivitas penyelaman lo. Oo iyaa, di kurun waktu tersebut lo juga akan mendapatkan kondisi airnya ayng jernih.

Perlu lo ketahui pula, ketika bulan-bulan tersebut lo akan mendapatkan atau didukung dengan duhu udara yang juga hangat yaitu berada di suhu sekitar 26-31 derajat celcius. Oleh sebab itu, rencanakan waktu sebaik-baiknya agar lo bisa tiba di Taman Nasional Bunaken dengan kurun waktu yang disarankan.

Jadi bagaimana bro dengan fakta-fakta menarik seputar Taman Nasional Bunaken di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga serta melestarikan semua tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: .idntimes.com/

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!