Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan!

Sejumlah pulau di dunia kabarnya tidak aman untuk dikunjungi wisatawan lantaran keadaan lingkugannya cukup berbahaya. Pulau mana sajakah itu? Simak jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan!

Berkelana keliling dunia bisa jadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan selama masa liburan. Salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi saat liburan adalah pulau. Meski begitu, ada sejumlah pulau dunia yang tidak direkomendasikan kepada wisatawan karena berbahaya.

Apa sajakah pulau dunia yang tidak aman untuk dikunjungi wisatawan? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan disimak ya bro!    

 1. Pulau Gruinard

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan!

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan! Photo Credit: scotislands.com

Pulau berpanorama cantik ini berlokasi di Skotlandia.  Meski menyimpan keindahan alam mempesona, Pulau Gruinard tak boleh dikunjungi wisatawan karena kondisi lingkungannya berbahaya. Jadi, jangan coba sekali-kali melancong ke sini ya bro!

Pemerintah Inggris diketahui membeli Pulau Gruinard di tahun 1942. Pada masa lampau, pulau ini pernah menjadi lokasi pengujian senjata biologis, terutama anthrax. Kala itu, virus anthrax diketahui mencemari pulau ini dalam kurun waktu lama.

Sejak saat itu, anthrax terus menyebar ke penduduk lokal hingga akhirnya menyebabkan kasus kematian sebesar 95 persen. Pada tahun 1980-an, sekelompok ilmuwan mulai melakukan pembersihan terhadap Pulau Gruinard. Meski sudah dinyatakan aman pada tahun 1990, pulau ini tetap tak dihuni satu orang penduduk.   

Akan tetapi, saat ditelusuri lebih jauh, para ahli menemukan adanya kehadiran spora anthrax di pulau ini. Dengan demikian, wisatawan masih tidak diperbolehkan berlibur ke sini. Pulau Gruinard kabarnya tidak siap dihuni hingga ratusan tahun ke depan.

2. Pulau Sentinel Utara

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan!

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan! Photo Credit: orangesmile.com

Pulau Sentinel Utara termasuk dalam kawasan Kepulauan Andaman, Teluk Benggala, Samudera Hindia. Luas pulau ini diketahui mencapai 28 kilometer persegi. Daerah pulau ini kabarnya dikelilingi oleh terumbu karang.

Pulau Sentinel Utara dihuni oleh masyarakat suku Sentinelese. Jumlah mereka diperkirakan mencapai 400 orang. Karakteristik masyarakat Sentinelese terbilang protektif. Mereka kabarnya mendirikan batas untuk memisahkan diri dari dunia luar.  

Ada yang mengatakan bahwa suku Sentinelese menolak interaksi dengan dunia luar. Mereka takkan segan-segan menghabisi nyawa wisatawan yang mendatangi Pulau Sentinel Utara. Jika ada pesawat atau helikopter terbang rendah di atas pulau, mereka bakal melemparinya dengan panah api dan batu.

Pada tahun 2006 silam, ada dua orang wisatawan dilaporkan terbunuh usai tidak sengaja menepi ke pulau ini. Seram sekali bukan? Pokoknya, jangan coba-coba deh traveling ke pulau ini bro!

3. Pulau Ramree

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan!

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan! Photo Credit: earthtripper.com

Pulau Ramree sangat berbahaya untuk dikunjungi lantaran menjadi ‘rumah’ bagi para binatang buas. Jika berniat pergi ke pulau ini, lo harus siap menghadapi lebih dari 1000 buaya air asin paling mematikan di dunia. Gimana? Apakah lo masih berani mendatangi pulau ini?

 Suasana angker yang ditawarkan Pulau Ramree tidak hanya berasal dari situ. Saat mendatangi pulau ini, lo juga akan disambut hewan berbahaya lain seperti nyamuk malaria serta kalajengking berbisa. Dengan demikian, kecil kemungkinan wisatawan dapat bertahan hidup di pulau ini.

Pada masa Perang Dunia II, Pulau Ramree diketahui menjadi wilayah pertempuran sengit. Seramnya, banyak tentara dilaporkan tewas bukan karena terkena serangan musuh, melainkan akibat dimangsa buaya.  Dari 1.000 tentara Jepang yang menyusuri area rawa pulau, hanya 20 orang dikabarkan berhasil bertahan hidup.

4.   Pulau Poveglia, Italia  

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan!

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan! Photo Credit: telegraph.co.uk

Pulau ini juga masuk dalam deretan tempat paling berbahaya di muka bumi. Selama berabad-abad lamanya, Poveglia telah menjadi lokasi perlindungan, pengasingan, dan pembuangan bagi orang sakit dan meninggal.

Pulau ini diketahui berlokasi di Italia Utara, tepatnya di antara Venesia dan Lido. Sejumlah pihak memprediksi bahwa ada sekitar 100 ribu orang yang telah tewas di pulau ini selama berabad-abad. Hal tersebut membuat pulau ini terkesan angker di kalangan wisatawan.

Hingga sampai saat ini, banyak orang takut menjelajahi Pulau Poveglia. Hal tersebut dipengaruhi oleh kesan angker pulau ini yang sudah tersohor ke berbagai belahan dunia. Akibatnya, pulau ini terus dijauhi wisatawan mancanegara dari waktu ke waktu.

5. Ilha da Queimada Grande

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan!

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan! Photo Credit: 60detiknews.com

Banyak wisatawan menjuluki tempat ini dengan sebutan “Pulau Ular”. Alasannya karena populasi ular di pulau ini sangatlah tinggi. Pulau Ular berada di Brazil, tepatnya di lepas pantai Sao Paula.  

Jika berniat berlibur ke Brasil, lo sebaiknya menjauhi daerah Pulau Ular. Pasalnya, setiap wisatawan akan menjumpai banyak ular begitu menjelajahi setiap sudut pulau ini. Hal tersebut tentu mengancam keselamatan wisatawan.  

Pulau ular kabarnya hanya boleh dimasuki segelintir ilmuwan. Mereka pun harus melewati proses perizinan sebelum bisa beraktivitas di area pulau tersebut. Intinya, penduduk atau wisatawan tidak diperbolehkan menjelajahi pulau ini sembarangan.

6. Rennel Timur, Kepulauan Solomon

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan!

Meski Indah, 5 Pulau Dunia Ini Tak Aman untuk Dikunjungi Wisatawan! Photo Credit: whlovers.com 

Pulau indah ini juga tak cocok dijadikan destinasi wisata. Rennel Timur kabarnya dihuni oleh masyarakat pemburu yang buas layaknya penduduk Sentinel Utara. Seram sekali, bukan?

Meski begitu, keanekaragaman hayati pulau ini telah diakui dunia. UNESCO kabarnya telah menetapkan pulau ini sebagai salah satu warisan dunia. Mantap sekali, bukan?

Demikian 6 pulau yang berbahaya untuk dikunjungi wisatawan. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang berencana traveling ke berbagai belahan dunia. Pokoknya, tetap berhati-hati saat melakukan traveling ya bro!    

Source

Feature Image - whlovers.com

Wilderness Beginner Extreme solo traveling
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!