FEB 10, 2019

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro!

Road trip menggunakan mobil bisa menjadi pilihan kegiatan seru untuk dilakukan selama liburan. Jika berniat melakukan road trip dengan mobil, lo harus mengetahui beberapa hal penting sebelum dan selama perjalanan. Apa sajakah itu? Cek jawabannya di bawah ya bro!


Ada banyak kegiatan seru yang bisa lo lakukan pada masa liburan, salah satunya adalah melakukan road trip. Dengan road trip, lo bisa mencicipi pengalaman unik karena menjadikan perjalanan sebagai destinasi liburan. Hal-hal yang lo alami di perjalanan tentu akan menjadi pengalaman berkesan untuk masa depan.

Jika berniat melakukan road trip dengan mobil, lo harus mengetahui beberapa hal penting sebelum dan selama perjalanan. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicek ya bro

1. Menyiapkan Barang-barang di Kotak P3K

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro!

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro! Photo Credit: xlraceparts.com

Setiap hendak melakukan perjalanan, pengendara mobil sudah seharusnya mengecek kelengkapan kotak P3K di dalam kendaraan mereka. Tujuannya tidak lain agar mereka siap menghadapi situasi darurat di perjalanan. Sayangnya, banyak pengendara seringkali tidak memedulikan isi kotak P3K serta malas mengeceknya selama bertahun-tahun.

Jika berniat melakukan road trip, lo disarankan mengecek isi kotak P3K. Pastikan lo sudah membawa semua barang yang diperlukan jika terjadi situasi darurat di perjalanan. Jangan lupa juga untuk mengganti barang yang sudah terlalu lama berada di dalam kotak.

Sebelum berangkat road trip, pengendara baiknya sudah melengkapi seluruh barang yang ada di kotak P3K. Dengan begitu, lo bisa langsung melakukan pertolongan pertama jika terjadi hal buruk di perjalanan. Pokoknya, jangan lupa cek kota P3K sebelum memulai perjalanan ya bro!

2. Mengecek Kondisi Mobil

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro!

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro! Photo Credit: tpbrake.com

Agar road trip berlangsung aman dan lancar, ada baiknya lo tidak lupa mengecek keadaan mobil sebelum berangkat. Pasalnya, kondisi mobil akan sangat menunjang kenyamanan lo di perjalanan. Jika mobil berada dalam keadaan tidak baik, segeralah perbaiki segala kerusakan tersebut agar perjalanan lo terhindar dari hal-hal kurang menyenangkan.

Contoh beberapa bagian mobil yang perlu dicek sebelum road trip adalah oli, aki, kabel-kabel, dan ban. Lo wajib memastikan apakah level oli berada di garis aman atau tidak. Jangan lupa juga mengecek kondisi ban utama serta ban cadangan. Jika diperlukan, lo bisa melakukan spooring dan balancing. Selain itu, lo dianjurkan membawa air kaki bila hendak menempuh perjalanan jauh.

Menjelang hari keberangkatan, bawalah mobil ke bengkel langganan untuk  mengetahui kondisi dan kesiapannya secara jelas. Dengan mengecek keadaan mobil, lo dapat mengurangi risiko ha-hal buruk yang mungkin terjadi di perjalanan. Jadi, selalu cek keadaan mobil setiap ingin memulai road trip ya bro!

3. Selalu Mengunci Mobil

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro!

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro! Photo Credit: thoughtco.com

Di tengah-tengah road trip, lo mungkin bakal sesekali berkunjung ke rest area atau menepi ke pinggir jalan untuk beristirahat. Saat itu, pastikan lo sudah mengunci pintu mobil. Tujuannya agar lo bisa meminimalisir risiko terjadinya aksi kejahatan yang sering mengincar pengendara yang lelah.

Sebelum meninggalkan mobil, lo wajib memastikan pintu mobil sudah terkunci rapat. Dengan begitu, barang-barang berharga yang lo tinggalkan di dalam mobil dapat terjaga keamanannya. Jika lupa mengunci mobil, bukan tidak mungkin barang-barang milik lo  jadi sasaran empuk para pelaku kejahatan.

Selain itu, ada juga hal lain yang perlu lo lakukan sebelum meninggalkan mobil. Lo disarankan menaruh tas dan barang berharga di tempat tertutup atau tersembunyi. Dengan demikian, kehadiran barang-barang  lo tidak akan menarik perhatian orang lain.

4. Membawa Perlengkapan Senang-Senang agar Perjalanan Berlangsung Seru

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro!

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro! Photo Credit: helloworld.it

Road trip seringkali dikait-kaitkan dengan perjalanan jarak jauh yang memakan waktu panjang. Untuk menghindari rasa bosan selama perjalanan, lo disarankan membawa sejumlah benda-benda menarik sebelum berangkat. Dengan begitu, perjalanan lo bakal tetap berlangsung seru dan ceria.

Contoh barang yang bisa lo persiapkan sebelum berangkat road trip adalah buku, gadget, serta permainan yang bisa dimainkan di dalam mobil. Kehadiran barang-barang ini tentu akan membuat lo terhindar dari rasa jenuh selama road trip. Jadi, selalu bekali diri lo dengan benda-benda seru jika hendak pergi road trip ya bro!

Sebelum berangkat, lo juga bisa menyiapkan musik yang cocok dengan suasana road trip agar perjalanan terasa lebih menyenangkan. Kehadiran musik dianggap penting bagi pengendara yang melakukan road trip. Melalui kehadiran musik, pengemudi dapat terhindar dari rasa kantuk yang mungkin mengganggu perjalanan.

5. Mengamati Level Bensin

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro!

Berniat Road Trip dengan Mobil? Simak 5 Tips di Bawah Ini Ya Bro! Photo Credit: beetify.com

Apabila berada di tengah-tengah kota, lo mungkin tidak merasa khawatir ketika bensin sudah menyusut hingga ke level terakhir. Hal tersebut disebabkan oleh kehadiran pom bensin yang mudah ditemukan di hampir setiap sudut kota. Lo dapat menjumpai pom bensin yang terletak sebelah kiri atau kanan jalan secara mudah.

Hal ini akan terasa berbeda ketika lo melangsungkan road trip. Saat melakukan road trip, pastikan level bensin tidak pernah ada di garis terakhir. Apabila bensin yang tersisa sudah menunjukkan 2 bar, maka lo perlu mengisinya kembali hingga penuh. Dengan begitu, lo dapat melanjutkan perjalanan dengan perasaan tenang.

Selama road trip,  lo tidak dapat memastikan jarak pom bensin terdekat yang bisa dikunjungi ketika bensin habis. Oleh sebab itu, hindari kondisi di mana bensin sudah menunjukkan level terakhir. Apabila bensin habis di perjalanan, momen road trip lo tentu akan terganggu.

Demikian 5 tips melakukan road trip dengan mobil secara aman dan nyaman. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi lo yang berniat menjajal road trip dalam waktu dekat. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati selama perjalanan ya bro! Selamat bersenang-senang!

Source

Feature Image - terrydean.files.wordpress.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Eksan B
February 11, 2019 at 10:04 PM

Semua tips jangan sampai kelwat kawan.. ????


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 24, 2019 at 3:55 PM

Minta restu sama orang tua jangan lupa bre