FEB 9, 2019

4 Fakta Menarik Kalibiru Raja Ampat Pasti Bikin Lo Ingin Mulai Petualangan!

Raja Ampat tidak melulu soal diving dan snorkeling bro, coba sesekali berenang di Kalibiru dan rasakan sensasi mengejutkannya! Penasaran? Sila simak di sini ya!


Kalau bicara soal Raja Ampat dan yang lo tahu cuma empat pulau utamanya saja, berarti main lo di Raja Ampat kurang jauh nih, hehe.

Raja Ampat, sudah dinobatkan menjadi salah satu spot diving terbaik di dunia. Bahkan menempati peringkat ketiga, bersaing dengan the great barrier of Australia. Predikat yang cukup membanggakan untuk para petualang millennial Indonesia, nih.

Dengan predikat itu jjuga, tidak heran jika Raja Ampat terlihat tidak pernah sepi pengunjung. Tiap hari, tiap bulan atau tiap musimnya, selalu saja ada yang mengunjungi Raja Ampat, baik mereka yang datang dari dalam negeri sendiri atau mancanegara.

4 Fakta Menarik Kalibiru Raja Ampat Pasti Bikin Lo Ingin Mulai Petualangan! credit: marketeers.com

Oleh karena itu, tidak heran juga jika berbagai fasilitas terus diperbaiki, ditambah dan diperbagus. Sekarang ini, lo sudah tidak akan bingung akan menginap di mana saat berada di Raja Ampat. Akomodasi penginapan di sana sudah bermacam-macam.

Mulai dari hotel bintang lima, guesthouse, atau bahkan bisa menyewa bungalow-bungalow yang ada di tepi pantai eksotisnya. Oleh karena itu, semakin banyak yang mengunjungi Raja Ampat. Bandara di Sorong pun menjadi ramai.

Nah, selain terkenal dengan berbagai keindahan alam bawah laut serta kegiatan diving dan snorkelingnya, Raja Ampat masih punya banyak spot eksotis yang bisa lo eksplorasi, bro. Salah satunya yang sudah cukup terkenal adalah Lembah Baliem.

Namun, kali ini lo tidak akan diajak trekking menyusuri lembah hijau yang indah tersebut, bro. Lo tetap akan diajak main air, tetapi tidak dilaut, nih. Melainkan di tengah-tengah hutan. Eh, ada apa memangnya di tengah-tengah hutan Raja Ampat?

Serpihan Surga yang Tertinggal di Hutan Raja Ampat

4 Fakta Menarik Kalibiru Raja Ampat Pasti Bikin Lo Ingin Mulai Petualangan! credit: traveler.id

Sudah makin penasaran ya soal serpihan surga yang dimaksud dan terletak di kedalaman hutan Raja Ampat? Bro, perkenalkan – Kalibiru. Sebuah sungai yang ajaib dan berada di tengah-tengah hutan Raja Ampat ini.

Jika banyak petualang yang asyik berpetualang di pantai dan lautan Raja Ampat, sebenarnya sedikit rugi jika tidak datang ke spot petualangan ini. Kalibiru adalah sebuah harta karun yang tersimpan dengan rapi. Kalibiru adalah sebuah sungai yang airnya benar-benar sebening kaca dan sebiru lautan.

Kalibiru atau sungai ajaib ini tepat berlokasi di dekat perkampungan Warsandim yang ada di sekitar Teluk Mayalibit. Letaknya yang cukup dalam dan lo perlu trekking untuk menyusuri hutan lebat tersebut. Keindahan Kalibiru sanggup membuat banyak petualang terhipnotis dan betah berlama-lama di sana, lho!

Perlu Usaha Keras Untuk Sampai Kalibiru

4 Fakta Menarik Kalibiru Raja Ampat Pasti Bikin Lo Ingin Mulai Petualangan! credit: nulis.co.id

Sepertinya yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk mencapai ke serpihan surga yang satu ini memang butuh trekking serta usaha keras lainnya. Bro, perlu lo ketahui bersama juga nih. Untuk menuju Kalibiru, setidaknya ada dua jalur yang bisa lo lalui.

Jalur pertama adalah trekking menembus hutan lewat perkampungan Warsandim. Jalur Kedua adalah melalui Waisai. Kedua jalur tersebut benar-benar memakan waktu, terlebih untuk jalur kedua karena lo mesti naik perahu dulu selama satu jam.

Namun, apapun rutenya, yang jelas lo akan trekking terlebih dahulu untuk mencapai Kalibiru. Trek serta medan yang cukup terjal akan membuat lo kehabisan tenaga, minimal nafas akan tersengal-sengal. Namun, jika sudah sampai tempatnya, dijamin rasa lelah tersebut akan hilang.

Dijamin juga lo akan langsung nyebur ke Kalibiru, lho. Eits, boleh saja nih langsung nyebur, tapi ingat jangan meninggalkan apapun termasuk sampah di sana ya! Pastikan lo ikut menjaga kelestariannya agar semua generasi bisa menikmatinya.

Keunikan Kalibiru: Warnanya yang Benar-benar Biru!

4 Fakta Menarik Kalibiru Raja Ampat Pasti Bikin Lo Ingin Mulai Petualangan! credit: backpackerjakarta.com

Tercemar? Karena ganggang atau alga yang ada di sungai? Bukan, bro. Kalibiru benar-benar mempunyai air yang berwarna biru karena proses alami. Sama sekali tidak berbahaya. Airnya yang sangat jernih bahkan dasar sungaipun bisa terlihat dengan mudah.

Warna yang ada di Kalibiru benar-benar membuat kombinasi yang sempurna, lho di pedalaman hutan Raja Ampat. Hutan yang didominasi oleh warna hijau, dengan warna biru dari Kalibiru, tempat tersebut benar-benar terlihat indah.

Keunikan Kalibiru Lainnya: Suhunya yang Dingin!

Kalau tidak kuat dingin, jangan lama-lama ya berenang atau berendam di Kalibiru. Pasalnya, suhu air di Kalibiru ini selalu berkisar diantara 10-20 derajat saja, bro. Keunikannya ini malah menjadi daya tarik utamanya, lho.

Pasalnya, setelah mengeluarkan tenaga serta stamina yang cukup terkuras untuk sampai di spot petualangan ini, para petualang langsung disuguhi oleh sejuk dan dinginnya air di Kalibiru. Cukup tepat untuk para petualang melepas lelah dengan santai berendam di Kalibiru.

Lalu, tidak semua bagian di Kalibiru ini mempunyai suhu yang sama, lho. Dibagian muara, airnya sedikit hangat. Cukup unik bukan? Padahal dari hulu, suhu airnya sudah rendah, namun di muaranya bisa hangat.

Wah bagaimana nih bro? Dari segala keindahan alam yang ada di Kalibiru Raja Ampat, apakah sudah benar-benar membuat lo ingin ke sana? Jika ke Raja Ampat, pastikan lo tidak hanya main di pantai atau diving serta snorkelling saja bro, trekking ke Kalibiru dan berenang di sana juga penting!

 

Source

Feature Image - backpackerjakarta.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!