FEB 8, 2019

6 Hal yang Patut Untuk Lo Ketahui Seputar Rumah Adat Bali yang Mempesona!

Merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang memiliki kebudayan sangat beragam serta menarik, Bali memang merupakan destinasi yang tepat untuk menghabiskan waktu luang lo. Namun, apakah lo sadar kalau rumah ada di pulau ini pun juga sangat menarik? Penasaran? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!


Bila membicarakan mengenai Bali rasanya tidak ada habisnya yaa, mulai dari kebudayaan hingga keindahan alam yang ada di dalam pulau ini pun bisa menjadi sebuah daya tarik yang mampu menarik banyak perhatian dari para wisatawan. Tak heran apabila pulau ini pun seringkali menjadi tujuan utama para wisatawan dari berbagai bagian di dunia ini untuk berlibur. Namun di balik itu semua terdapat sebuah keunikan lainnya yang perlu lo ketahui, yaitu rumah adat Bali yang sangat ikonik.

Yaap, ketika lo sudah berada di pulau ini langsung terasa sebuah suasana yang berbeda, bahkan lo sudah tahu tanpa harus membuka mata lo apabila lo sudah berada di Bali. Hal tersebut juga diperkuta dengan hadirnya pilihan rumah adat yang hingga hari ini masih bisa lo temukan dengan mudah di sana. Untuk itu mengapa pulau ini sangatlah unik, karena kebudayaannya pun masih terjaga hingga hari ini.

Perlu diketahui pula kalau rumah adat yang ada di Bali itu sendiri tidak hanya terdiri dari satu jenis saja loh. Namun terdapat beberapa pilihan rumah adat Bali yang masih bisa lo nikmati. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap rumah-rumah adat tersebut, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini, semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Pilihan Rumah Adat Bali -  Angkul-Angkul

Penampakan dari Angkul-Angkul. Credit: deskgram.net

Rumah adat bali pertama yang patut untuk lo ketahui ialah Angkul-Angkul. Karena memang rumah adat satu ini cukup unik bila melihat dari infrastrukturnya. Namun sayangnya masih sedikit orang yag mengetahui bilamana tidak melihatnya terlebih dahulu.

Angkul-Angkul sendiri merupakan bangunan yang menyerupai gapura yang memiliki fungsi sebagai pintu masuk. Terdapat pula komponen dalam bangunan ini yang mampu membedakannya dengan rumah adat lainnya yang ada di Bali, yaitu dengan adanya atap di atas bangunan ini.

Pilihan Rumah Adat di Bali – Aling-Aling

Penampakan dari Aling-Aling. Credit: minglets.com

Setelah sudah mengetahui bentuk dari Angkul-Angkul itu sendiri, tentunya rumah adat Bali lainnya yang perlu untuk lo ketahui ialah Aling-Aling. Karena memang perlu diketehui pula kalau Bali sendiri memiliki kebudayaan yang cukup kompleks namun sangatlah menarik.

Aling-Aling sendiri merupakan bangunan yang berdominan sebagai pembatas antara angkul-angkul dan pekarangan ruangan atau biasa juga disebut dengan tempat suci. Ternyata bangunan satu ini mempunyai arit tersendiri.

Arti dari bangunan ini sendiri sebenarnya bersifat simbol akan hal-hal positif. Sehingga apabila rumah memiliki Aling-Aling ini maka kebaikan akan terus berada di tengah-tengah sang pemilik rumah tersebut. Sehingga tak heran apabila lo melihat rumah orang Bali bisa melihat bangunan ini.

Pilihan Rumah Adat di Bali – Sanggah

Penampakan dari Sanggah. Credit: picdeer.com/

Tak bisa dipungkiri kalau kehidupan dari orang Bali tak akan lepas dari budaya Hindu, sehingga bagian dari rumah adat Bali satu ini pun sangatlah penting. Bahkan dapat dikategorikan apabila Sanggah itu sendiri merupakan bangunan yang cukup suci.

Sanggah menggunakan bangunan yang biasanya terletak di sebelah ujung timur laut dari rumah. Fungsi dari bangunan ini ialah sebagai tempat sembahyang bagi keluarga besar. Tak heran apabila bangunan ini pun sering ditemukan di rumah orang Bali bro!

Pilihan Rumah Adat Bali – Rumah Adat Bale Manten

Rumah Adat Bale Manten. Credit: romadecade.org

Bangungan satu ini merupakan sebuah bukti yang cukup kuat kalau kebudayaan adat Bali sangatlah unik dan hanya bisa lo dapatkan di kawasan pulau ini. Bagaimana tidak, Rumah Adat Bale Manten itu sendiri khusus dibangun untuk anak perempuan dan kepala keluarga.

Rumah adat ini berbentuk persegi panjang dan biasanya diletakkan di sebelah timur di dalam kawasan rumah. Karena memang Rumah Adar Bale Manten ini cukup besar, maka di dalamnya pun juga terdapat dua bale lainnya yang biasanya terdapat di sebelah kanan dan kiri.

Rumah Adat Bali – Bahan Bangunan

Visualisasi Mengenai Rumah Adat Bali. Credit: /aditoka.wordpress.com

Setelah dari beberapa pilihan rumah adat Bali di atas, tentunya ada hal lainnya yang perlu lo ketahui seputar rumah adat tersebut, yaitu dari material bangunannya itu sendiri. Perlu diketahui terlebih dahulu kalau memang bilamana lo berada di Bali, budaya kasta itu sendiri masih kental.

Sehingga dapat dilihat dari bahan bangunan yang digunakan apabila berbicara mengenai rumah adatnya. Bagi masyarakat biasa, bahan bangunan dari rumah adatnya sendiri cukup menggunakan peci yang terbuat dari tanah liat.

Untuk bangsawan sendiri, bahan bangunannya pun cukup berbeda. Biasanya terbuat menggunakan tunmpukan bata sebagai pondasi dasar rumah adatnya. Begitu pula dengan atapnya, menggunakan genteng sebagai bahan dasar sebagai penutup alang-alang rumah tersebut.

Rumah Adat Bali – Berdasarkan Fungsinya

Suasana di Rumah Adat Bali. Credit: budayanusantara.web.id

Perlu diketahui pula kalau di dalam Rumah Adat Bali juga terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsinya masing-masing. Sehingga tak heran apabila terdapat beberapa bagian yang dapat lo lihat di dalamnya.

  • Pengijeng Karang

Penampakan dari Pengijeng Karang. Credit: balibangol.blogspot.com

Ini merupakan satu ruangan yang biasa digunakan untuk pemujaan yang khusus menjaga perkarangan, bukan untuk ibadah. Pemujaan ini pun biasanya ada waktunya tersendiri.

  • Bale Gede

Penampakan dari Bale Gede. Credit: /balinesdesign.blogspot.com

Bale itu sendiri merupakan tempat kumpul, nah di dalam rumah adat bali sendiri terdapat bale atau balai gede dan juga biasa digunakan sebagai tempat kumpulnya keluarga besar atau sekedar pertemuan-pertemuan adat atau kepala suku.

  • Bale Dauh

Suasana di Bale Dauh. Credit: .oyster.com

Bale Dauh  sendiri merupakan sebuah ruangan yang khusus diunakan untuk anak lelaku, ditempati oleh anak lelaku yang terdapat di rumah adat tersebut. Kadangkali Bale Dauh juga digunakan sebagai tempat kerja atau sebagai tempat pertemuan pekerjaan. Sehingga kalau sebuah keluarga yang memiliki anak laki-laki biasanya ruangan inilah yang menjadi ruang tidurnya.

  • Paon

Penampakan dari Paon. Credit: .flickr.com

Sering pula diartiken sebagai dapur tempat memasak, sehingga Paon itu sendiri merupakan ruangan dimana para juru masak bisa melakukan aksinya. Biasanya ruangan ini terletak di belakang rumah adat.

  • Lumbung

Suasana di Dalam Lumbung. Credit: munduk.co

Lumbung sendiri merupakan tempat khusus yang biasa digunkaan untuk tempat penyimpanan. Seperti penyimpan untuk makanan pokok, seperti padim jagung dan masih banyak lagi.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar rumah adat Bali di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga atau melestarikan budaya yang memang sudah diturunkan oleh pendahulu kita yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

Source

 

 

 

Featured Image: dariadigi.blogspot.com


Please login to comment
3 COMMENTS
Zul Asfi Rusman
February 10, 2019 at 7:18 AM

Kearifan lokal


Eksan B
February 13, 2019 at 12:20 PM

Harus dilestarikan..


Nadhif Amsaina
February 15, 2019 at 8:17 AM

Kalau rumah adat Bali menurut aspek seni bagaimana min?