FEB 8, 2019

Teruntuk Para Pendaki, Ini Merupakan 5 Pilihan Gunung Tertinggi di Afrika yang Patut Untuk Lo Taklukan!

Selain dari padang gurunnya, Afrika juga memiliki beberapa pilihan gunung tertinggi yang patut untuk lo taklukan! Enggak percaya? Lihat saja informasinya di bawah ini!


Sebagai seorang pendaki tak ada salahya untuk mempunyai sebuah mimpi untuk dapat menaklukan semua puncak gunung yang ada di dunia. Karena memang bilamana itu bisa tercapai, merupakan sebuah pencapaian yang sangat membanggakan bukan? Berbicara mengenai gunung itu sendiri tentunya semakin tinggi, semakin menantang pula medan yang akan lo hadapi. Oleh sebab itu, coba deh untuk mendaki di gunung-gunung tertinggi yang ada di Afrika.

Benua Afrika sendiri memang terkenal dengan keindahan alam serta pilhan hewannya yang sangat beragam, oleh sebab itu tak heran apabila di benua tersebut terdapat beberapa pilihan gunung tinggi yang patut untuk ditaklukan. Memang di Asia sendiri meruapakn kawasan yang paling banyak memiliki gunung tinggi, namun jangan salah tafsir, Afrika juga patut untuk lo lirik.

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan gunung-gunung tertinggi yang ada di Afrika, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Agar destinasi pendakian lo akan semakin berwarna serta semakin banyak pula pilihan gunung yang akan lo taklukan berikutnya.

Pilihan Gunung Tertinggi di Afrika -  Gunung Kilimanjaro

Suasana di Gunung Kilimanjaro. Credit: /travellumy.com

Tentu bagi para pendaki, gunung satu ini tidak begitu asing didengar, karena memang eksistensinya sendiri tak perlu diragukan kembali. Gunung yang cukup menantang ini memiliki ketinggian sekitar 5.895 meter di atas permukaan laut.

Bukan hanya itu saja, gunung ini juga termasuk dalam gunung aktif dan menjadi gunung berapi tertinggi di dunia. Berlokasi di negara Tanzania, gunung ini memiliki 3 puncak tertinggi, yaitu Kibo, Mawenzi dan Shira.

Kibo menjadi puncak tertinggi di Afrika, konon katanya pendakian pertama gunung Kilimanjaro tercatat pada tahun 1889. Sejak itu, hingga hari ini semakin banyak pendaki dari berbagai belahan dunia yang ingin sekali menaklukan puncak dari gunung ini.

Pilihan Gunung Tertinggi di Afrika – Gunung Kenya

Suasana di Gunung Kenya. Credit: wikiwand.com

Berikutnya sebuah gunung yang memiliki medan yang cukup menantang ini tentunya patut untuk lo rasakan. Gunung Kenya ini juga merupakan gunung tertinggi kedua yang ada di benua Afrika. Tak heran apabila gunung ini menarik banyak perhatian para pendaki.

Sesuai dengan namanya, gunung ini memang terletak di kawasan Kenya, tepatnya berada di bagian tengah Kenya sebelah utara ibu kota Nairobi. Bentuk yang unik serta menarik, menjadi daya tarik lainnya mengapa para pendaki ingin sekali menaklukan gunung ini.

Puncak tertinggi dari gunung ini ialah Batian dengan ketinggian sekitar 5.199 meter di atas permukaan laut, Nelion (5.188 meter di atas permukaan laut) dan Point Lenana (4.985 meter di atas permukaan laut). Pendakian pertama gunung ini pun berlangsung ada tahun 1899.

Pilihan Gunung Tertinggi di Afrika – Gunung Stanley

Suasana di Gunung Stanley. Credit: id.wikipedia.org

Merupakan gunung yang memiliki ketinggian yang ada di Benua Afrika ini juga patut untuk lo perhitungkan. Karena memang selain dengan ketinggiannya, gunung ini juga memiliki medan yang cukup menantang untuk lo taklukan.

Gunung yang masuk ke dalam bagian Pegunungan Rwenzori ini memiliki puncak tertingginya yang bernama Puncak Margherita dengan ketinggiaan yang bisa mencapai 5109 meter di atas permukaan laut. Tentunya itu merupakan sebuah ketinggian yang cukup ekstrem bukan?

Letaknya pun berada di perbatasan dua negara, yaitu Republik Kongo dan Uganda. Bukan hanya tinggi, namun komplek dari pegunungan ini pun cukup luas. Untuk pendakian pertamanya berlangsung paga tahun 1906.

Pilihan Gunung Tertinggi di Afrika – Gunung Speke

Suasana di Gunung Speke. Credit: wikivividly.com

Gunung tertinggi yang ada di Afrika tidak berhenti sampai di situ saja bro, karena masih ada Gunung Speke yang merupakan gunung di kawasan Pegunungan Rwenzori yang patut untuk lo taklukan. Tentunya medan di gunung ini pun sangat menantang.

Lokasinya yang terletak di Uganda ini memiliki puncak tertingginya yang bernama Vittorio Emanuele dengan tinggi sekitar 4.890 meter di atas permukaan laut. Bukan hanya itu saja, di gunung ini juga terdapat 4 puncak tinggi lainnya yang memiliki ketinggian lebih dari 4500 meter.

Untuk pendakian pertama dari gunung ini pun tercata pada tahun 1906 dan yang menaklukannya pun sama dengan tim yang berhasil mencapai puncak Gunung Stanley dai tahun yang sama. Udah cukup membuat lo tertantang untuk menaklukannya belum bro?

Pilihan Gunung Tertinggi di Afrika – Gunung Baker

Suasana di Gunung Baker. Credit: en.wikipedia.org

Eitss, masih Gunung Baker nih bro bila berbicara mengenai gunung tertinggi yang ada di Benua Afrika. Gunung yang memiliki nama lain Kiyanja ini merupakan gunung tertinggi ketiga yang berasal dari Pegunungan Rwenzouri.

Letaknya pun berada di Taman Nasional Pegunungan Rwenzouri di Uganda, dekat dengan perbatasan Republik Kongo. Area di dekat kawasan gunung ini juga seringkali disebut dengan sebutan The Mountains of the Moon.

Berbicara mengenai puncak tertinggi yang ada, kurang lebih tercatat sekitar 4.844 meter di atas permukaan laut yang memiliki nama Puncak Edward. Tentunya gunung ini pun mampu memberikan sebuah pengalaman yang sulit untuk lo lupakan.

Dari beberapa pilihan gunung tertinggi yang ada di Afrika membuktikan kalau memang benua ini pun penuh dengan beragam keindahan dan merupakan benua yang tak terlupakan. Untuk itu tak ada salahnya untuk lo bisa menaklukan atau berwisata alam di sana bukan?

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar gunung tertinggi di Afrika? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan dari setiap lokasi pendakian yang telah lo daki yaa. Karena akan sangat disayangkan sekali apabila keindahan yang ada hilang dikarenakan oleh keteledoran lo sendiri.

Source

 

 

 

Featured Image: .pendakigunung.top


Please login to comment
1 COMMENTS
Nadhif Amsaina
February 15, 2019 at 8:43 AM

Di Afrika Selatan ngak ada kah gunung tertingginya bro?