FEB 9, 2019

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona!

Ke Raja Ampat hanya main di Misool atau Wayag? Wah lo mesti coba ke lima spot petualangan yang ada di bawah ini nih! Super eksotis semua, bro!


Wayag, Misool dan Pianemo adalah beberapa spot populer terkait dengan Raja Ampat. Tapi, apakah lo tahu ada spot-spot eksotis lainnya di sana?

Raja Ampat, menyandang predikat salah satu spot diving terbaik di dunia, bahkan bersaing ketat dengan the great barrier of Australia adalah salah satu destinasi dan spot petualangan yang berada di timur Indonesia. Tidak peduli low season dan high season – Raja Ampat selalu penuh dengan para petualang.

Mereka yang datang dari dalam negeri atau dari mancanegara, sama-sama mengincar keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang benar-benar mempesona. Sebut saja seperti Manta Sandy, salah satu spot diving yang ada di Raja Ampat yang bisa mempertemukan lo dengan ikan pari manta raksasa.

Selain ikan pari manta, ikan hiu paus adalah salah satu guest star yang menunggu lo di sana. Tapi, perlu diingat nih bro, seandainya lo bertemu mereka, tetap jaga jarak karena mereka liar, ya. Jadi untuk keselamatan lo saat diving, tetap jaga jarak dengan biota laut tersebut.

Oh iya, bicara soal keindahan alam bawah laut, sebenarnya Raja Ampat bukan punya hal-hal itu saja, bro. Masih ada beberapa spot eksotis yang luar biasa keindahan alamnya. Penasaran ingin tahu? Sila simak bahasan kali ini ya!

Pasir Timbul Pulau Mansuar

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona!

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona! credit: tajuktimur.com

Berharaplah peruntungan lo di Raja Ampat bisa diandalkan untuk bertemu dengan spot petualangan yang satu ini. Mengapa begitu? Karena spot petualangan ini hanya muncul di waktu-waktu tertentu saja. Terlebih saat laut sedang surut.

Untuk mencapai spot petualangan ini, lo mesti naik kapal terlebih dahulu. Pulau kecil di tengah laut ini bernama Pulau Mansuar. Lalu apa keistimewaan spot petualangan ini? Pasir timbulnya, bro. Saat air laut tengah surut, pasir tersebut akan muncul.

Di sanalah lo bisa berfoto, mengabadikan berbagai momen seru di Pasir Timbul Pulau Mansuar. Gradasi warna laut disekitarnya menjadi salah satu daya tarik tambahan untuk para petualang yang berlomba-lomba untuk bisa sampai di sini.

Desa Sawinggrai

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona!

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona! credit: wartawisata.id

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel tentang Raja Ampat sebelumnya, bahwa Raja Ampat tidak selalu soal snorkelling, diving dan keindahan alam bawah lautnya. Banyak cara untuk menikmati segala keindahan alam yang ada di Raja Ampat.

Salah satunya adalah birdwatching dan di mana untuk melakukannya adalah Desa Sawinggrai. Banyak petualang yang juga mengincar keindahan kicauan burung surga yang ada di Papua – Raja Ampat ini. Cendrawasih adalah burung surga yang dimaksud.

Burung Cendrawasih selalu menari dan mengeluarkan kicauan-kicauan indah yang dapat menghipnotis para petualang untuk betah berlama-lama di sana. Oleh karena itu, selain snorkelling dan diving – lo bisa juga melakukan birdwatching ini.

Eits, jangan berisik jika tengah mengamati para cendrawasih bersenda gurau dengan kelompoknya ya!

Snorkeling di Yenbuba

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona!

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona! credit: papuaparadise.com

Snorkeling di Misool? Wayag? Atau diving di Manta Sandy? Sudah biasa, bro. Lo mesti coba snorkelling di spot eksotis lainnya, nih. Salah satu yang direkomendasikan adalah Desa Yenbuba. Desa Yenbuba adalah spot petualangan yang wajib lo datangi.

Beraneka ragam spesies biota laut, berbagai terumbu karang serta koral dan biota laut yang hidup harmoni di bawah sana, menjadi daya tarik utama para petualang untuk mendatangi Desa Yenbuba tersebut. Visibility di sini juga bagus, lho.

Jadi, lo akan dengan mudah melihat berbagai keindahan yang ada di bawah laut sana. Oh iya, jangan lupa nih, saat sudah puas snorkelling atau diving di sini, pastikan lo mencoba makanan dan kearifan lokal dari masyarakat Desa Yenbuba ya!

Air Terjun Batanta

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona!

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona! credit: travelbos.id

Memiliki tinggi sekitar 10 meter dan debit air yang cukup deras serta suasana yang sangat menyegarkan, air terjun batanta ini adalah salah satu spot petualangan yang mesti lo datangi selain mendatangi Wayag atau Misool.

Ada keunikan tersendiri nih di air terjun yang ada di Raja Ampat ini. Dibalik air terjun tersebut, ada gua kecil yang bisa menampung sekitar 5 orang. Wah, kira-kira, gua tersebut untuk apa dan siapa yang akan menempatinya ya?

Tanjung Bintang Pianemo

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona!

Selain Wayag, Berikut 5 Spot Petualangan di Raja Ampat yang Mempesona! credit: backpackerjakarta.com

Duh, memang tidak resmi ke Raja Ampat jika lo belum menyambangi Tanjung Bintang Pianemo, nih. Tebing karst bebatuan yang ditumbuhi berbagai tumbuhan yang tinggi, serta air laut yang sejernih dan sebening kaca, dan terumbu karang yang terlihat jelas dari permukaan, tentu menjadi daya tarik utama di sini.

Keistimewaan Tanjung Bintang Pianemo terletak di namanya tersebut. Jika dilihat dari atas atau ketinggian, tanjung ini memang benar-benar berbentuk seperti bintang. Kalau tidak percaya, sila mendaki tebing-tebing tinggi tersebut.

Eits, tapi jelas hati-hati ya. Tebing terjal tersebut cukup berbahaya dan mempunyai resiko besar saat lo memutuskan untuk mendakinya. Jika ditemani oleh kawan petualang yang berpengalaman memanjat tebing, rasanya lo tidak perlu khawatir lagi, nih.

Nah, itulah lima spot petualangan di Raja Ampat yang mesti lo datangi selain lo mendatangi Wayag dan Misool. Bagaimana, tidak kalah eksotis bukan? Pastikan lo mempunyai jadwal perjalanan ke lima spot petualangan tersebut ya!

 

Source

Feature Image - rajaampatislands.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!