FEB 11, 2019

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini!

Masih bingung kenapa lo mesti dan harus ke Raja Ampat di tahun 2019 ini? Berikut 8 alasannya yang bisa buat lo malah jadi enggak sabar untuk ke sana!


Percaya atau tidak, pencarian tentang Raja Ampat masih menjadi salah satu kata kunci yang digemari oleh sebagian besar petualang di internet, lho!

Bagaimana tidak, keindahan alamnya baik yang di darat atau di dalam lautnya, dengan mudah menghipnotis banyak petualang yang datang dari berbagai macam daerah, bahkan mancanegara. Memang, keindahan alam Raja Ampat benar-benar luar biasa.

Segala keindahan alamnya tersebut membuat Raja Ampat mendapatkan beberapa predikat. Salah satu predikat yang menjadi acuan para petualang untuk mendatanginya adalah spot terbaik No. 3 di dunia untuk diving atau snorkelling.

Peringkat tersebut bahkan menjadi bahan persaingan antara Raja Ampat dengan The Great Barrier of Reef Australia. Tidak heran, jika dengan peringkat tersebut, Raja Ampat dinobatkan sebagai salah satu sisi dari segitiga karang dunia.

Raja Ampat adalah spot petualangan yang mesti lo datangi nih bro. Setidaknya sekali dalam seumur hidup. Kalau lo tidak percaya, simak bahasan kali ini yang akan mengulas 8 alasan mengapa lo benar-benar harus mendatangi Raja Ampat!

Birdwatching di Raja Ampat

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini!

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini! credit: michaelsaf.com

Selain diving dan menikmati segala keindahan alam bawah laut yang ada di Raja Ampat, birdwatching adalah salah satu aksi seru yang bisa lo lakukan di sana. Raja Ampat, Papua, juga terkenal sebagai habitat asli dari burung surga: Cendrawasih.

Melihat Cendrawasih ini menari dan berkicau bukanlah hal yang membosankan, bro. Cukup menantang juga untuk melakukan birdwatching. Trekking ke gelapnya hutan pada pagi-pagi subuh adalah langkah awal yang mesti lo lakukan.

Hal tersebut dikarenakan oleh jika sudah lewat dari jam 6 pagi, Cendrawasih akan segera meninggalkan sarangnya dan mencari makan. Namun, jika lo kelewatan, tenang saja – tinggal ke sana lagi jam 5 sore untuk melihat mereka kembali ke sarang.

Menyusuri Jejak Sejarah Zaman Purba

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini!

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini! credit: travel.detik.com

Raja Ampat adalah salah satu spot petualangan yang kaya akan jejak sejarah zaman purba. Hal tersebut dikuatkan oleh beberapa bukti yang ditemukan di sana. Salah satunya adalah lukisan telapak yang berada di dalam gua karst, Desa Harapan Jaya Pulau Misool.

Keindahan alam Pulau Misool sudah tidak diragukan lagi, ditambah dengan temuan jejak sejarah ini, jelas membuat banyak petualang penasaran ingin bereksplorasi di sini. Perairan Teluk Kabul juga bisa menjadi spot alternatif lainnya karena di sana terdapat artefak berupa batu pensil.

Beramah-tamah Dengan 12 Suku Adat Raja Ampat

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini!

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini! credit: panduanwisata.id

Bro, pastikan jika lo ingin datang ke Raja Ampat, waktu luang yang lo punya cukup panjang ya. Hal tersebut dikarenakan oleh sebuah itinerary yang mesti lo ikuti agar dapat pengalaman petualang menarik!

Beramah tamah serta mengenal segala kearifan lokal suku-suku adat di Raja Ampat adalah hal yang seru dan tidak bisa lo lewatkan begitu saja, nih. Setidaknya ada 12 suku adat yang bisa lo kenali: Suku Wawiyai, Kawe, Laganyan, Ambel, Batanta, Tepin, Fiat, Domu, Waili, Butlih, Moi, Matbat, Misool, Biga dan Biak.

Mengetahui Tradisi Masyarakat Raja Ampat

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini!

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini! credit: ksmtour.com

Berdasarkan lokasi dan spot petualangan Raja Ampat dikeliling oleh lautan yang indah, maka masyarakat yang berada di sana tentu berprofesi sebagai nelayan dengan menyelam atau menggunakan tombak. Nah, menangkap ikan seperti itu perlu lo coba, nih!

Menyelam sembari membawa tombak atau panah adalah tantangan yang mesti lo taklukan nih. Cara ini adalah termasuk mengenali segala kearifan lokal yang ada di sana.

Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini!

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini! credit: girlsthatsuba.com

Yang satu ini sudah pasti akan lo lakukan, keindahan alam bawah laut di Raja Ampat adalah alasan utama untuk lo datang ke sini. Bayangkan saja 75% dari spesies koral dan terumbu karang yang ada di dunia, ada juga di Raja Ampat.

Menjelajah Pulau Tanpa Penghuni

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini!

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini! credit: traveloista.co.id

Siapkan tenaga dan stamina lo sebanyak-banyaknya serta sebaiknya karena lo akan menjelajah banyak pulau-pulau kecil tanpa penghuni! Kalau empat pulau utama di Raja Ampat sudah lo sambangi, setidaknya masih ada 610 pulau kecil yang bisa lo jelajahi.

Ratusan pulau kecil tersebut tidak ada yang menghuni. Tentu, mereka sudah siap untuk memberikan lo kejutan berupa keindahan alam yang luar biasa. Jelas hal ini makin membuat lo penasaran dengan Raja Ampat, kan?

Saingan Danau Kakaban,

Danau di Misool Juga Penuh Ubur-ubur

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini!

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini! credit: merdeka.com

Danau Ubur-ubur Lenmakana adalah danau saingan untuk Danau Kakaban, nih. Pasalnya, danau yang berada di Misool ini dipenuhi oleh ribuan ubur-ubur lucu yang tidak beracun, sehingga lo bisa beramah tamah dengan mereka tanpa mesti takut tersengat.

Namun, bukan berarti lo bisa pegang atau bahkan lo bawa naik ke permukaan dengan seenaknya saja ya. Pastikan lo tetap menjaga seluruh keasrian yang ada di sana.

Kuliner Khas Raja Ampat: Cacing Laut Goreng!

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini!

TREN TRAVELING: 8 Alasan Untuk Datang ke Raja Ampat di Tahun 2019 Ini! credit: travel.detik.com

Bukan papeda atau ikan kuah kuning, yang mesti lo coba saat datang ke Raja Ampat adalah kulinernya yang unik dan cukup ekstrem: cacing laut goreng. Eits, jangan bergidik dulu, lo mesti coba karena rasanya yang enak dan gurih!

Cacing laut ini biasanya ditemukan oleh para nelayan di sana, dan kemudian diolah dan disajikan untuk para petualang yang ingin mencoba kearifan lokal dan kuliner-kuliner unik khas Raja Ampat.

Wah bagaimana nih bro? 8 alasan di atas adalah hal-hal yang mesti lo pertimbangkan untuk datang ke Raja Ampat. Eits, tapi jangan kelamaan mikirnya ya. Langsung saja pesan tiket pesawat ke Sorong, atau kapal laut dan segera berangkat berpetualang!

 

Source

Feature Image - indonesia-islands.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!