FEB 12, 2019

Uji Adrenalin Lo dengan Jajal 5 Spot Wisata Ekstrem di NTT Ini!

NTT menyimpan berbagai spot wisata ekstrem yang bakal memuaskan hasrat pecandu adrenalin.Dengan menjajal tempat-tempat ini, lo tentu dapat mencicipi pengalaman seru dan berkesan. Di mana sajakah itu? Simak jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!


Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak hanya menyajikan wisata alam indah yang cocok dikunjungi pada masa liburan. Provinsi ini juga menyimpan berbagai spot wisata ekstrem yang bakal memuaskan hasrat pecandu adrenalin. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya.

1. Ile Batutara Lembata

Uji Adrenalin Lo dengan Jajal 5 Spot Wisata Ekstrem di NTT Ini! Photo Credit: dionbata.com

Lo bisa menemukan gugusan kepulauan ini di antara himpitan Pulau Adonara, Solor, Flores Timur daratan dan Pulau Alor. Masyarakat setempat menjuluki kawasan ini dengan panggilan “Lamaholot”. Saat berkunjung ke Lembata, wisatawan berkesempatan melihat atraksi berburu ikan paus.

Selain itu, lo juga bisa menemukan objek wisata unik lain seperti Gunung Ile Batutara yang hampir selalu meletus setiap 20 menit sekali. Gunung api Stratovolcano tersebut berada di Pulau Komba, tepatnya sekitar 70 kilometer timur laut dari kota Lewoleba. Meski Gunung Batutara terbilang berbahaya, pemerintah Kabupaten Lembata tetap mempromosikan gunung api ini dalam acara pariwisata tahunan.

Saat Batutara meletus, lo bisa mengamati lahar panas pijar membara yang nantinya membentuk bunga api indah. Biasanya, peristiwa letusan ini diikuti dengan tsunami kecil yang dapat disaksikan wisatawan dalam jarak sekitar 20 meter. Waktu terbaik untuk menyaksikan pemandangan gunung ini adalah malm hari.

2. Pantai Lasiana

Uji Adrenalin Lo dengan Jajal 5 Spot Wisata Ekstrem di NTT Ini! Photo Credit: backpackerjakarta.com

Kupang memiliki sejumlah pantai indah yang cocok dijadikan destinasi liburan, salah satunya adalah Pantai Lasiana. Lo menjumpai pantai ini di wilayah Kelurahan Lasiana, kecamatan Kelapa Lima. Jika berangkat dari pusat kota Kupang, wisatawan dapat menempuh pantai ini dalam jarak sekitar 12 kilometer.

Pantai seluas 3,5 hektar ini kabarnya ditumbuhi sekitar 65 pohon kelapa dan 230 pohon lontar yang berada di sepanjang pasir putih. Saat bertandang ke sini, lo akan disambut udara sejuk serta pemandangan ombak yang tidak terlalu besar. Para pengunjung juga akan dimanjakan dengan warna biru lautnya yang menyegarkan mata. Untuk menikmati keindahan pantai ini, lo hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 2.000 per orang.

Apabila tertarik berenang atau bermain air di pantai ini, lo sebaiknya mempertimbang ulang keputusan tersebut. Pasalnya, sejumlah orang dilaporkan tewas akibat diterkam buaya muara yang sering menampakkan diri di Pantai Lasiana dan Nunsui. Kehadiran buaya tersebut tentu saja membuat pantai ini tak aman untuk dijadikan kawasan berenang.

3. Air Terjun Tanggedu

Uji Adrenalin Lo dengan Menjajal 5 Spot Wisata Ekstrem di NTT Ini! Photo Credit: ceritanonaflores.blogspot.com

Air Terjun Tanggedu menyuguhkan panorama alam yang begitu asri dan alami. Salah satu daya tarik destinasi wisata ini terletak pada airnya yang berwarna biru jernih. Saat meyambangi air terjun ini, lo bakal terbius dengan pemandangan alamnya yang amat mempesona.

Selain menyajikan panorama indah, Air Terjun Tanggedu juga memiliki debit air yang cukup deras. Pengunjung juga bisa menemukan sungai yang tidak terlalu dalam di dekat sini. Hal tersebut membuat kawasan air terjun ini sering dijadikan lokasi body rafting atau tubing.

Akan tetapi, wisatawan tetap harus berhati-hati jika berniat melakukan lompatan ekstrem di sekitar sini. Sebelum loncat, lo wajib memastikan titik kedalaman air sungai atau kolam di bawah air terjun ini. Jika airnya tak terlalu dalam, ada baiknya lo mengurungkan niat untuk melompat.

Untuk mengunjungi air terjun ini, wisatawan harus melalui jalan dengan kondisi kurang baik sejauh 45 kilometer dari kota Waingapu, Sumba Timur. Ketika melintasi jalur ini, lo bisa menaiki kendaraan roda dua atau roda empat. Dikarenakan akses menuju air terjun tidak mulus, parkirlah kendaraan yang lo bawa di rumah penduduk Desa Tanggedu.

Dengan begitu, lo bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki melewati Mondu dan Kampung Adat Painatang. Sebelum menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan diharuskan membeli tiket masuk seharga Rp 2.000. Murah sekali, bukan?

4. Gua Kristal Kupang

Uji Adrenalin Lo dengan Jajal 5 Spot Wisata Ekstrem di NTT Ini! Photo Credit: uzone.id

Saat berlibur ke Kupang, lo dapat menemukan Gua Kristal yang berlokasi di Bolok, Kupang Bar. Lokasi gua ini berjarak 100 meter dari Kantor Polisi Perairan Bolok. Tempat ini masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga cocok buat lo yang mencari suasana tenang.

Jika berangkat dari kota Kupang, lo bisa menempuh Gua Kristal dalam jarak sekitar 45 kilometer. Asal-usul nama gua ini terinspirasi dari kelap-kelip cahaya indah yang tercipta dari pantulan sinar matahari pada bagian stalaktit dan stalagmit. Saat memasuki gua ini, wisatawan dapat menemukan kolam alami dengan kedalaman sekitar 2-3 meter.

Kolam tersebut memiliki air berwarna biru jernih yang amat menawan. Ketika menyelami kolam ini, lo bisa melihat karang dengan mata telanjang karena air di sini sangatlah bening. Meski begitu, wisatawan tidak dianjurkan berenang di kolam ketika air tengah pasang karena bahaya. Jika ingin berenang di kolam kecil, lo harus menuruni bebatuan licin dengan kondisi gelap sejauh 10 meter. Tetap berhati-hati ya bro!

5. Laut Dingin Alor

Uji Adrenalin Lo dengan Jajal 5 Spot Wisata Ekstrem di NTT Ini! Photo Credit: ksmtour.com

Di NTT, wisatawan juga dapat mengunjungi Pulau Alor yang dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Pulau ini cukup populer di kalangan wisatawan karena sering mengalami fenomena unik setiap tahun. Jika mendatangi pulau ini pada bulan Mei dan September selama 2-3 hari, lo bisa melihat perubahan suhu air laut menjadi dingin saat siang dan malam hari.

Tanda-tanda perubahan suhu air laut menjadi dingin di Pulau Alor adalah kehadiran lumba-lumba dan burung pemakan ikan. Biasanya, gerombolan lumba-lumba akan menampakkan diri di selat kecil antara Pantai Alor Kecil dan Pulau Kepa. Dua jam setelah itu, penguapan air laut akan muncul di bagian tanjung perairan laut Alor Kecil.

Ketika suhu air laut berubah menjadi dingin, ikan-ikan di dasar biasanya akan pingsan hingga akhirnya mengapung di bagian permukaan laut. Momen tersebut akan dimanfaatkan masyarakat setempat untuk menangkap para ikan dengan jala ataupun tombak. Dengan demikian, berwisata ke Pulau Alor juga bisa menjadi kegiatan seru selama berlibur di NTT

Demikian 5 spot wisata ekstrem yang bisa lo temukan di NTT. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang mencari pengalaman menantang di sana. Jangan lupa tetap berhati-hati ya bro!

Source

Feature Image - uzone.id


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!