Percaya atau Tidak, 4 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Ini Menyimpan Keindahan Serta Tantangan!

Kalimantan Selatan ternyata menyimpan beragam tempat wisata serta keindahan yang patut untuk lo kunjungi. Enggak percaya? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Percaya atau Tidak, 4 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Ini Menyimpan Keindahan Serta Tantangan!

Mengelilingi Indonesia merupakan sebuah dambaan, apalagi buat lo para traveller. Negara kita yang memang terkenal dengan pilihan tempat wisata alam serta pulau-pulaunya yang indah ini sudah tak perlu dipertanyakan kembali kenapa menjadi magnet bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satu wilayah di Negeri ini yang patut menjadi destinasi lo berikutnya ialah Kalimantan Selatan. Yaap, tak disangka ternyata kawasan ini memiliki beragam keindahan maupun tempat wisata yang cukup menarik.

Provinsi yang terletak di bagian paling selatan dari Pulau Kalimantan ini memang memiliki banyak sekali daya tarik di bidang pariwisata, sehingga tak heran apabila lo akan menemukan beberapa spot atau destinasi yang bisa membuat sebuah pengalaman baru di dalam kehidupan lo. Mulai dari spot wisata alam berupa air terjun eksotis hingga dataran tinggi yang megah bisa lo dapatkan.

Uniknya lagi, hampir semua tempat wisata yang ada di dalam kawasan provinsi ini pun tergolong murah, sehingga lo tidak perlu menyiapkan budget yang cukup besar untuk bisa menikmati keindahan yang ada di provinsi ini. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap beberapa pilihan spot wisata yang ada, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Pilihan Tempat Wisata di Kalimantan Selatan – Labirin Pelaihari

Percaya atau Tidak, 4 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Ini Menyimpan Keindahan Serta Tantangan!

Suasana di Labirin Pelaihari. Credit: pusatinfowisata26.blogspot.com

Tujuan pertama yang patut untuk lo kunjungi ketika berada di kawasan Kalimantan Selatan ialah Labirin Pelaihari. Buat lo yang sudah pernah nonton The Maze Runner, apabila melihat kawasan ini langsung tergiur untuk mencobanya. Karena memang sensasi lolos dari labirin akan lo dapatkan.

Keseruan yang cukup menegangkan serta membingungkan pun akan lo rasakan di sana, plus ditambah dengan suasana hijau yang menyegarkan membuat nilai tambah lain dalam labirin ini. Tersesat dan tidak tahu arah menjadi hal yang harus lo taklukan.

Labirin Pelaihari ini berlokasi di kantor BP3T, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut. Labirin ini pun memiliki daya tariknya sendiri dikarenakan oleh keunikannya dari bentuknya hingga tingkat kesulitan, tak heran apabila kawasan ini sering dikunjungi karena masih banyak orang yang penasaran bagaimana cara untuk menaklukannya.

Untuk masih ke dalam kawasan tempat wisata ini akan dikenakan biaya sekitar Rp 3.000. Jam operasionalnya pun dibuka pukul 8 pagi hingga jam 5 sore dan buka setiap harinya. Sehingga ketika lo berada di Kalimantan Selatan, tak ada salahnya untuk datang ke sana yaa.

Pilihan Tempat Wisata di Kalimantan Selatan – Jembatan Gantung Desa Nateh

Percaya atau Tidak, 4 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Ini Menyimpan Keindahan Serta Tantangan!

Suasana di Jembatan Gantung Desa Nateh. Credit: indonesia.tripcanvas.co

Buat yang suka dengan tempat yang cukup menantang, ini merupakan kawasan berikutnya yang patut untuk lo kunjungi. Jembatan Gantung Desa Nateh ini memang bisa membuat jantung lo berdetak lebih cepat karena dengan ketinggiannya yang dimiliki.

Jembatan yang terletak di kawasan Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini juga memiliki pemandangan alam yang cukup indah. Dua bukit yang memiliki jarak yang cukup jauh pun menjadi medan yang dihubungkan oleh jembatan ini.

Jembatan yang juga memiliki suasana alam yang asri ini dipadukan dengan pemandangan indah khas perbukitan hijau dan sungai dengan aliran air yang menyegarkan dan juga bebatuan besar. Panorama indah pun tak bisa lo lewatkan begitu saja. Tinggi dari jembatan ini serta hembusan angina menambah keseruan sekaligus sedikit memompa adrenalin lo. Buat lo yang memiliki hobi fotografi, tentunya bisa menjadi kawasan ini menjadi spot foto yang indah. Sudut pandang di kawasan ini pun mampu memberikan sebuah hasil gambat yang memuaskan.

Pilihan Tempat Wisata di Kalimantan Selatan – Pasar Terapung Lok Baintan

Percaya atau Tidak, 4 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Ini Menyimpan Keindahan Serta Tantangan!

Suasana di Pasar Terapung Lok Baintan. Credit: indonesiaexpat.biz

BIla melakukan perjalanan ke kawasan Kalimatan Selatan, pasar terapung ini pun merupakan salah satu tujuan wisata yang jangan sampai lo lewatkan. Bisa dikatakan kalau tempat wisata satu ini cukup ikonik di sana. Di Pasar Terapung Lok Baintan sendiri lo akan menemuakan metode transaksi yang masih tradisional.

Banyak momen-moen serta spot-spot menarik yang bisa lo dapatkan di sana, demikiran juga dengan warga yang tinggal di kawasan ini. Untuk bisa merasakan sensasi serta pengalaman terbaik di Lok Baintan ini disarankan untuk datang menggunakan perahu klotok dari pusat Kota Banjarmasin.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke pasar ini ialah pada saat pagi-pagi buta, karena di saat tersebut lo akan melihat para pedagang bermunculan serta dengan barang jualannya yang masih segar. Serta lo bisa menikmati sarapan pagi di kawasan pasar ini, tentunya dengan cita rasa khas Kalimantan Selatan yang nikmat.

Pasar yang terletak di Jalan Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Sungai Tandipah, Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan. Oo iyaa, biasanya pasar ini akan sepi ketika sudah memasuki jam 9 pagi, jadi sebisa mungkin untuk datang sebelum jam 9 yaa!

Pilihan Tempat Wisata di Kalimantan Selatan – Gua Batu Hapu

Percaya atau Tidak, 4 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Ini Menyimpan Keindahan Serta Tantangan!

Suasana di Gua Batu Hapu. Credit: adira.co.id

Buat lo yang memilki jiwa petualang yang tinggi, tentunya berkunjung ke Gua Batu Hapu bisa menjadi pilihan lo. Karena gua ini pun memiliki sebuah keindahan yang sulit sekali lo dapatkan dimanapun. Tak heran apabila banyak wisatawan yang datang ke sana.

Gua karst ini memiliki ruang yang luas serta tekstur dinding yang tidak biasa, bagi lo yang memiliki hobi fotografi jangan lupa untuk membawa kamera lo ketika ingin berkunjung ke gua ini yaa. Stalagmit yang berada pada dasar serta langit gua pun menjagi daya tarik utama yang mampu menjadi magnet.

Lubang di langi gua pun membuat ruangan di dalamnya menjadi lebih eksotis. SInar matahari yang masuk bagaikan sebuah sinar dari surga. Uniknya lagi keindahan yang ada di dalam gua ini mudah untuk dijangkau, serta akses masuk ke dalamnya pun tergolong mudah.

Berlokasi di Batu Hapu, Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, jam operasional dari gua ini ialah dari pukul 08.00 hingga 17.00. Lo akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp 2.500. Sehingga jangan lupa untuk berkunjung ke sana yaa apabila lo ingin melihat keindahan alam yang ada di Kalimantan Selatan.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tempat wisata yang ada di Kalimantan Selatan? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa!

Source

 

 

Featured Image: ksmtour.com

Beginner solo traveling

2 COMMENTS

SHARE
Salam lestari
Salam lestari