5 Tips Mengambil Foto Sunset Indah dengan Kamera

Jika hendak berfoto di suatu spot wisata tertentu, ada baiknya lo mengetahui sejumlah teknik dasar fotografi demi mendapatkan hasil foto senja yang memukau. Apa sajakah itu? Simak

5 Tips Mengambil Foto Sunset Indah dengan Kamera

Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan orang pada musim liburan tiba adalah berburu foto senja atau matahari terbenam. Jika hendak berfoto di suatu spot wisata tertentu, ada baiknya lo mengetahui sejumlah teknik dasar fotografi demi mendapatkan hasil foto senja yang memukau. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Menentukan Lokasi yang Tepat

5 Tips Mengambil Foto Sunset Indah dengan Kamera

Salah satu faktor yang menunjang keindahan foto sunset adalah lokasi. Untuk menangkap keindahan sunset secara maksimal, lo disarankan memilih lokasi foto di mana matahari tak terhalang oleh gunung, bangunan, atau pepohonan. Dengan begitu, pemandangan senja yang eksotis dapat terabadikan dengan baik.

Contoh lokasi yang pas dijadikan tempat berfoto adalah pantai. Di sana, lo dapat mengamati momen ketika matahari turun hingga terbenam ke cakrawala secara puas. Ketika sudah menemukan lokasi yang tepat, janganlah langsung tergesa-gesa membangun tripod. Lo sebaiknya mencari objek foto menarik untuk dijepret terlebih dahulu.

Jika hendak berfoto di pantai, lo bisa menjadikan perahu yang sedang bersandar sebagai subjek foto. Sementara itu, contoh objek foto menarik yang bisa ditemukan di padang rumput atau lahan pertanian adalah bunga dan tanaman. Dengan menjepret hal-hal tersebut, lo bisa mengabadikan momen indah yang tak terlupakan ketika senja tiba.

2. Atur Kamera dengan Mode Manual

5 Tips Mengambil Foto Sunset Indah dengan Kamera

Tips satu ini disarankan bagi lo yang sudah familiar dengan ISO, shutter speed, dan aperture (bukaan). Lo bisa menentukan bukaan sesuai dengan jarak subjek terdekat.  Apabila objek foto berada di jarak sangat dekat, gunakanlah bukaan kecil f/16 agar ruang tajamnya terlihat luas.  Jika objek foto terletak cukup jauh, lo bisa memakai f/8 untuk mendapatkan gambar lumayan tajam.

Untuk mendapat gambar senja yang menawan, jangan lupa memakai ISO terendah yang bisa didapat dari suatu kamera. ISO terendah tiap kamera terkadang berbeda-beda. Ada yang memiliki ISO terendah sebesar 100, ada juga yang memiliki ISO terendah sebesar 200. Lo dianjurkan tidak menggunakan ISO seperti Lo 1 di kamera Nikon lantaran kualitasnya relatif kurang baik.

Mengenai shutter speed, lo bisa mengaturnya sesuai dengan kondisi cahaya. Pilihlah shutter speed yang lambat jika lokasi foto terbilang gelap atau minim cahaya. Jika memilih kecepatan di bawah 1/30 detik. Lo disarankan tidak memakai tripod agar foto terlihat tajam besar. Cobalah juga untuk sering mengganti shutter speed hingga lightmeter menunjukkan angka 0.  

Apabila hendak berfoto tanpa tripod, naikkanlah jumlah ISO seiring dengan keadaan langit yang bertambah gelap. Jika lo belum terbiasa dengan cara-cara di atas, pilihlah mode sunset untuk mendapatkan hasil foto maksimal.  Ada juga mode night shot yang bisa lo pakai bila mode sunset tak tersedia di kamera.

3. Mempercepat Shutter Speed ketika Langit Terlalu Terang

5 Tips Mengambil Foto Sunset Indah dengan Kamera

Banyak orang mengambil gambar sunset ketika langit berada dalam keadaan terlalu terang. Hal tersebut sebenarnya akan membuat kualitas foto terlihat kurang maksimal. Menjepret foto kala langit terang akan sangat mempengaruhi foto sekalipun lo sudah menurunkan lightmeter atau memakai mode auto/sunset.

Ada sejumlah cara khusus untuk mengakali keadaan langit yang terlalu terang ketika berfoto. Lo bisa mempergelap gambar kamera dengan mempercepat shutter speed hingga langit tidak terlalu putih. Dengan begitu, foto yang dihasilkan dapat terlihat menawan tanpa terlihat terlalu terang.

Apabila lo memakai mode P/A (Av)/S, pakailah fungsi kompensasi exposure yang memiliki simbol +/-. Aturlah terang gambar dengan menekannya ke arah minus. Usai melakukan hal ini, lo bisa mendapat gambar berkualitas baik dengan tingkat kecerahannya yang pas.

4. Menerapkan Manual Fokus ketika Autofokus Macet

5 Tips Mengambil Foto Sunset Indah dengan Kamera

Ketika keadaan tempat sekitar semakin gelap, lo mungkin akan merasa kesulitan untuk mengatur autofokus. Salah satu cara yang bisa lo lakukan untuk mengatasi situasi tersebut adalah memakai fitur live view. Perlu diingat, cara ini baiknya lo terapkan ketika kamera sudah terletak di tripod.

Fitur live view diketahui berfungsi mengomposisikan foto dengan monitor LCD. Lo bisa memperbesar fitur ini di waktu yang diperlukan.  Apabila autofokus masih juga tidak berjalan lancar, lo sebaiknya memakai manual fokus. Setelah itu, putarlah ring fokus yang berada di lensa hingga pemandanga nampak tajam.

5. Memakai Filter GND serta Fitur untuk Menghadapi Kontras Tinggi

5 Tips Mengambil Foto Sunset Indah dengan Kamera

Lo juga bisa memakai filter Graduated Neutral Density (GND) untuk membantu menyeimbangkan pencahayaan langit dan bumi ketika matahari mulai bersinar atau terbenam. Meski begitu, lo juga bisa tidak memanfaatkan filter ini agar bagian gelapnya tetap terlihar. Dengan begitu, foto mendapat kesan lebih alami.

Selain itu, ada cara lain untuk membuat warna cahaya langit dan bumi nampak seimbang.  Lo bisa mengaktifkan fitur bernama Active D Lightning (Nikon) serta Auto lighting optimizer (Canon). Ketika fitur ini sudah aktif, kamera akan menggabungkan dua gambar menjadi satu secara otomatis.

Untuk membuat warna cahaya bumi dan langit terlihat sinkron, lo juga bisa memakai fitur Built-in HDR di sejumlah kamera. Bia menerapkan teknik HDR, jangan lupa menaruh kamera di tripod agar foto tidak menunjukkan gambar berbayang dua.

Demikian 5 tips untuk mengambil foto sunset indah dengan kamera. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang hobi berburu foto senja pada musim liburan. Selamat mencoba kelima tips di atas ya bro!

Source

Feature Image -   liveaderra.com

Tips Beginner pantai solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Masni
Mantap mantap
Eksan B
Nice... Coba ah...
Rykma Alodya
Epic moment