FEB 19, 2019

5 Hal Sederhana yang Mesti Lo Perhatikan Sebelum Trekking di Hutan Luas!

Sudah siap untuk trekking menembus hutan belantara, bro? Eits, kalau lo seorang pemula, lebih baik santai dulu sembari baca lima hal yang mesti lo perhatikan sebelum trekking menembus hutan lebat nih di sini!


Trekking menerobos hutan luas dan lebat adalah aksi seru yang biasa dilakukan oleh para petualang. Biasanya, aksi ini dilakukan saat mereka tengah mendaki gunung yang tinggi, yang sebelumnya mesti menembus hutan-hutan yang lebat terlebih dahulu.

Namun, sekarang ini untuk trekking, tidak harus atau tidak mesti dilakukan saat ingin mendaki gunung, lho. Beberapa spot petualangan urban seperti Taman Hutan Raya Dago Pakar, Bandung, Kawah Putih, sampai Ranca Upas, menyediakan trek trekking yang seru.

Tentu, berbeda dengan trekking di alam bebas, trekking di spot petualangan urban yang sudah disebutkan di atas tidak begitu mempunyai halang rintang yang berat seperti di alam bebas. Namun, buat lo yang baru saja ingin memulai kegiatan ini, tentu ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan.

Para pemula yang ingin mencoba trekking, jika terburu-buru, tentu mereka sendiri akan kesulitan. Karena sekalipun trekking di spot petualangan urban, kalau tidak memerhatikan hal ini, ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya cidera kaki.

Lalu bagaimana seharusnya? Tenang, bro. Sebagai pemula yang baru saja akan memulai trekking, sila simak bahasan kali ini yang akan mengulas setidaknya ada 5 hal yang mesti lo perhatikan sebelum berjalan menembus hutan-hutan lebat dan menaklukan berbagai rintangan yang ada di sana!

Berlatih Terlebih Dahulu, Bro!

5 Hal Sederhana yang Mesti Lo Perhatikan Sebelum Trekking di Hutan Luas! credit: farnorthrentals.co.nz

Trekking di spot petualangan urban sebenarnya adalah ‘latihan yang tepat’ untuk lo sebelum berangkat trekking ke gunung-gunung atau lembah serta tebing-tebing terjal. Dengan rute yang terbilang cukup singkat, latihanlah berjalan memutari spot petualangan tersebut.

Hal ini tentu akan menjadi parameter seberapa besar dan seberapa tahan stamina tubuh lo saat melakukan trekking. Dengan seringnya berjalan, lo dengan sendirinya akan menemukan cara mengatur tenaga, stamina serta tentunya pernapasan.

Dengan latihan begitu, lo akan tahu kapan lo harus berjalan cepat, berjalan lambat, dan kapan mesti harus istirahat. Jika hal ini dilakukan rutin minimal dua kali dalam seminggu, dijamin 2-3 bulan ke depan lo sudah siap untuk trekking di alam bebas!

Perhatikan Alas Kaki yang Lo Gunakan!

5 Hal Sederhana yang Mesti Lo Perhatikan Sebelum Trekking di Hutan Luas! credit: bhphotovideo.com

Karena jarak yang biasa ditempuh akan terbilang cukup jauh, pastikan lo tepat menggunakan alas kaki yang nyaman. Penggunaan alas kaki pun sebenarnya bisa dilihat dari medan yang bagaimana terlebih dahulu yang akan lo lalui.

Jika hanya trekking di lembah-lembah pegunungan, atau di spot-spot petualangan wisata urban, sneakers saja cukup, bro. Sepatu sport ini biasanya cukup nyaman lho untuk trekking. Terlebih, lo tetap akan terlihat trendi saat trekking.

Namun, jika lo sudah memutuskan untuk trekking di hutan-hutan lebat yang bahkan akan kemungkinan besar menyebrangi sungai, memanjat tebing terjal dan mendaki gunung tinggi – pastikan lo menggunakan sepatu gunung yang tinggi atau berjenis boots.

Hal ini tentu dilakukan untuk melindungi kaki lo serta menjaga rasa pijakan kaki tetap aman dan nyaman. Bahkan, sekarang ini, ada bahan sepatu boots atau sepatu gunung yang menggunakan bahan climacool. Bahan sepatu gunung tersebut akan cepat sekali mengering saat terkena air atau bahkan basah secara keseluruhan.

Jadi lo tetap bisa berjalan dengan nyaman dan aman walau sepatu tersebut sempat basah. Namun, sepatu dengan teknologi atau bahan seperti itu memang tidak murah. Lo mesti merogoh kocek agak dalam untuk mendapatkan sepatu seperti itu.

Jangan Asal Pilih Baju Untuk Trekking

5 Hal Sederhana yang Mesti Lo Perhatikan Sebelum Trekking di Hutan Luas! credit: stocksy.com

Tidak hanya sepatu yang mempunyai bahan yang cepat mengering, baju atau pakaian atas pun ada yang menggunakan bahan seperti itu. Baju dengan bahan seperti itu adalah salah satu pakaian yang bisa dipakai untuk trekking, bro. Saat keringatan, atau bahkan basah karena hujan, baju tersebut akan cepat mengering.

Kemudian, pilihan celana – sebenarnya bebas saja bro. Tapi jika trekking ke hutan lebat, mendaki gunung sampai menaklukan tebing terjal, rasanya celana kargo panjang adalah pilihan yang tepat. Selain melindungi permukaan kaki secara keseluruhan, celana kargo mempunyai beberapa kantung di sisinya yang memudahkan lo untuk menaruh segala kebutuhan kecil di sana.

Perkuat Stamina Dengan Olahraga!

5 Hal Sederhana yang Mesti Lo Perhatikan Sebelum Trekking di Hutan Luas! credit: runireland.com

Tidak jauh berbeda dengan hal pertama sebelumnya, olahraga adalah salah satu hal penting yang mesti lo lakukan sebelum trekking jauh. Gunanya jelas akan membuat stamina lo terjaga saat akan trekking di alam bebas.

Beberapa jenis olahraga yang bisa lo lakukan untuk mempersiapkan ketahanan kaki serta tubuh adalah berenang untuk mengatur pernapasan, jogging serta squat. Tidak hanya otot kaki saja, lho. Namun, seluruh tubuh mesti diolah untuk mendapatkan stamina yang lo inginkan.

Tetap Membawa Bekal dan Peralatan

5 Hal Sederhana yang Mesti Lo Perhatikan Sebelum Trekking di Hutan Luas! credit: satoriadventuresnepal.com

Walau tergolong aksi seru yang cukup mudah untuk dilakukan, bukan berarti lo bisa menyepelekan trekking ya! Tetap bawa bekal serta beberapa peralatan nih. Bekal logistik, makanan dan minuman agar tenaga terus bisa diproduksi. Serta peralatan seperti kompas, alat komunikasi, peta, dan bahkan sleeping bag atau tenda.

Tentu, peralatan yang akan lo bawa harusnya disesuaikan dengan ke mana lo akan trekking dan seberapa lama lo akan berada di alam bebas. Jangan juga bawa peralatan yang berlebihan ya!

Wah bagaimana nih bro? Apakah lo sudah paham dengan lima hal di atas yang mesti lo perhatikan sebelum berangkat trekking ke mana pun? Pastikan lo mengikuti lima hal tersebut ya!

 

Source

Feature Image - bhphotovideo.com


Please login to comment
4 COMMENTS
Vaqar Agimena G.
February 19, 2019 at 1:51 PM

Pelajari navigasi darat sederhana juga guys !


Eksan B
February 19, 2019 at 6:05 PM

Selama dihutan jaga sikap


Zul Asfi Rusman
February 21, 2019 at 6:58 AM

Yah untuk pemula


Rykma Alodya
February 22, 2019 at 11:06 PM

Yg pasti safety first