Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta

Di Pasar Digital Ngingrong, wisatawan dapat menemukan aneka kuliner tradisional dengan cita rasa unik. Apa sajakah itu? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta

Jika berlibur ke Yogyakarta, wisatawan disarankan tak lupa menyempatkan diri ke Pasar Digital Ngingrong. Pasar ini berlokasi di sebelah jalan utama ke arah pantai selatan. Jika berangkat dari pusat kota Wonosari, lo bisa menempuh pasar ini dalam jarak sekitar 8 kilometer.

Banyak orang menjadikan pasar ini sebagai tempat peristirahatan sebelum melanjutkan perjalanan ke beberapa pantai di Kabupaten Gunungkidul. Di Pasar Digital Ngingrong, lo bisa menemukan aneka kuliner tradisional dengan cita rasa unik. Selain itu, pasar ini juga menyajikan suasana klasik sehingga cocok dijadikan sebagai tempat berfoto.

Apa saja makanan ini unik yang bisa dijumpai wisatawan di Pasar Digital Ngingrong? Berikut adalah 5 di antaranya. Sila cek tulisan di bawah ya bro!

1. Thiwul

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta. Photo Credit: piknikdong.com

Masyarakat Gunungkidul awalnya sering menjadikan Thiwul sebagai makanan pengganti nasi. Seiring dengan berjalannya waktu, kuliner ini menjadi lebih sering dihidangkan bersama nasi. Oleh sebab itu, banyak orang menyebut makanan ini dengan sebutan “sego thiwul” yang berarti “nasi thiwul”.

Makanan khas Gunungkidul ini dibuat menggunakan bahan dasar ketela pohon atau singkong. Salah satu alasan mengapa banyak masyarakat lokal mengonsumsi ini adalah kecocokan antara tanaman singkong dengan wilayah Gunungkidul yang terbilang kering.  Di Gunungkidul, tanaman singkong diketahui dapat lebih mudah tumbuh daripada padi, terlebih pada musim kemarau.

Di samping itu, Thiwul juga dianggap sebagai kuliner yang menyehatkan tubuh. Kandungan kalorinya yang begitu rendah dibandingkan beras membuat Thiwul makin disukai masyarakat. Meski berkalori rendah, Thiwul tetap dirasa ampuh mengobati rasa lapar kepada orang yang memakannya.

2. Sayur Brongkos

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta. Photo Credit: kulinerbyafif.wordpress.com

Kuliner menarik lainnya yang bisa lo jumpai di Pasar Digital Ngingrong adalah Sayur Brongkos. Banyak orang menjuluki makanan ini dengan sebutan si kuah cokelat. Panggilan tersebut merujuk pada kuah sayur ini yang memiliki warna cokelat.

Sayur brongkos memiliki cita rasa unik yang bakal memanjakan lidah orang yang menyantapnya. Begitu mencicipi sayur brongkos, lo akan terpikat dengan rasa kuahnya yang begitu gurih serta pedas. Kelezatan makanan ini bakal membuat lo tergoda untuk mencicipinya berkali-kali.

Bahan pembuatan sayur ini adalah kacang tolo, kulit melinjo, irisan dagingm dan tahu. Banyak orang menyajikan sayur brongkos bersama nasi agar mampu mengeyangkan perut. Makanan ini tentu tak boleh dilewatkan bagi lo yang tengah berlibur di Gunungkidul.

3. Ulat Jati Goreng

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta. Photo Credit: jarwadi.me

Ulat jati goreng diketahui telah menjadi makanan tradisional warga Gunungkidul sejak lama. Bagi sejumlah orang, kuliner ini mungkin terlihat ekstrem karena menggunakan bahan dasar berupa ulat. Ulat jati goreng tak boleh lupa dijajal bagi lo yang mengaku sebagai penggemar wisata kuliner esktrem.

Di wilayah Gunungkidul, lo bisa menemukan banyak pohon yang menjadi tempat tinggal para ulat bulu. Banyak populasi ulat bulu di sini  membuat warga setempat tertarik mengolah hewan tersebut menjadi bahan makanan. Meski terlihat menjijikkan, ulat jati goreng dipercaya mengandung protein yang cukup tinggi.

Penduduk lokal umumnya memasak ulat jati berbarengan dengan bumbu garam dan bawang. Saat menyantap makanan ini, lidah lo akan dimanjakan dengan rasanya yang gurih dan renyah. Bisanya, ulat ini mudah ditemukan pada peralihan masa kemarau menuju musim hujan. Apakah lo tertarik mencicipi makanan ini?

4. Gaplek

Makanan khas Gunungkidul ini kabarnya terbuat dari bahan dasar ketela pohon. Sama dengan thiwul, gaplek sering dibuat penduduk setempat karena menggunakan bahan ketela yang mudah tumbuh di lahan kering. Jika berlibur ke Gunungkidul, lo tak boleh melewatkan rasa gurih gaplek yang begitu nikmat.

Ada beberapa tahapan khusus yang perlu dilakukan untuk membuat gaplek. Pertama-tama, lo harus merendam ketela selama dua hari. Hal ini ditujukan ketela mengalami proses fermentasi. Selanjutnya, kukushlah ketela dan campurkan makanan ini dengan parutan kelapa.

Gaplek menawarkan rasa gurih bercampur sedikit asin di lidah. Mencicipi kuliner ini akan membuat lo merasa kenyang selama beberapa waktu. Jangan lupa jajal makanan ini di Pasa Digital Ngingrong ya bro!

5. Es Dawet

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta

Aneka Kuliner Unik yang Bisa Lo Temukan di Pasar Digital Ngingrong, Yogyakarta. Photo Credit: instagram.com/jogjaeatguide

Minuman yang satu ini sangat pas dinikmati wisatawan pada waktu siang hari. Di Pasar Digital Ngingrong, lo bisa dengan mudah menemukan es dawet untuk mengusir rasa haus yang melanda di perjalanan. Pengunjung dapat memilih dua jenis es dawet yang dijual di pasar ini, yakni es dawet biasa dan es dawet jenang atau bubur.

Es dawet biasa memiliki tampilan serupa es dawet pada umumnya. Minuman tipe ini biasanya dihidangkan dengan kuah santan yang sudah diberikan gula merah. Tujuan ditambahkannya dua bahan tersebut tentu saja untuk membuat rasa es dawet terasa makin nikmat.

Berbeda dengan es dawet biasa, es dawet jenang dilengkapi dengan varian tiga jenis bubur. Bubur-bubur tersebut adalah gempol, mutiara, dan tapai. Saat disajikan, masing-masing bubur akan dicampur dengan kuah santan serta manisan gula merah. Unik sekali, bukan? Menikmati aneka minuman es dawet di Pasar Digital Ngingrong tentu bisa kegiatan menarik untuk dilakukan selama liburan.

Demikian 5 kuliner unik yang bisa dijumpai wisatawan di Pasar Digital Ngingrong. Semoga paparan di atas bisa berguna buat lo yang membutuhkan referensi makanan menarik saat berlibur ke Gunungkidul. Selamat mencoba lima sajian di atas ya bro!

Source

Feature Image - piknikdong.com

Trending Beginner foodventure gunung kidul

4 COMMENTS

SHARE
Eksan B
Cita khas rasa indonesia
lifetime
Truly, this article is really one of the very best in the history of articles. I am a antique ’Article’ collector and I sometimes read some new articles if I find them interesting. And I found this one pretty fascinating and it should go into my collection. Very good work! His Secret Obsession
Justin Ruark
Rykma Alodya
Jadi kangen jogja