FEB 20, 2019

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar!

Apa saja cara yang harus dilakukan agar mampu selamat dan bertahan hidup dari ancaman hewan liar di alam bebas? Cek selengkapnya dalam tulisan di bawah ya bro!


Beberapa waktu lalu, masyarakat dunia dihebohkan dengan berita tentang seorang pemuda Amerika yang berhasil membunuh singa gunung yang hendak memangsanya. Kejadian tersebut dapat menjadi pengingat bagi kita semua bahwa alam liar merupakan tempat berbahaya yang dihuni banyak binatang buas. Oleh sebab itu, lo harus mewaspadai setiap tindakan yang dikerjakan saat bertemu dengan hewan-hewan liar.

Sehubungan dengan itu, apa saja cara yang harus dilakukan agar mampu selamat dari ancaman sejumlah hewan liar di alam bebas? Berikut adalah 7 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Macan Tutul

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar!

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar! Photo Credit: andbeyond.com

Ada banyak hewan buas yang mungkin lo jumpai di hutan, salah satunya adalah macan tutul. Jika berhadapan dengan predator ini, lo disarankan untuk tidak menatap matanya. Alasannya karena perilaku tersebut akan dianggap oleh macan tutul sebagai tindakan menantang.

Oleh sebab itu, hindari kontak mata secara langsung dengan macan tutul. Apabila berpapasan dengan hewan ini, lo dianjurkan untuk berdiri setegap-tegapnya agar terlihat besar di depan mereka. Dengan melakukan hal ini, lo bisa meminimalisir risiko macan mengeluarkan serangan.

Selain itu, jangan lupa untuk membuat suara gaduh di depan macan tutul. Hewan ini dikenal gemar mencekik buruannya hingga tewas dalam suasana hening. Jika mengeluarkan suara, macan tutul akan merasa khawatir buruannya bakal dicuri predator lain karena dianggap menarik perhatian.

2. Kuda Nil

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar!

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar! Photo Credit: interestingliterature.com

Kuda nil juga termasuk dalam daftar hewan liar yang patut diwaspadai oleh para wisatawan. Hewan ini diketahui punya rahang serta giginya berukuran besar. Mulut kuda nil dikatakan mampu menelan kepala orang dewasa hidup-hidup. Seram sekali ‘kan bro?

Jika bertemu kuda nil, lo sebaiknya bergegas mencari tempat berlindung yang aman. Selain itu, lo juga bisa memanjat pohon untuk menjauhi jangkauan hewan liar ini. Dengan begitu, kuda nil tak memiliki kesempatan untuk menyerang atau melukai lo.

Kuda nil dikatakan mampu berlari dengan kecepatan 30 mil per jam. Oleh sebab itu, mencari tempat berlindung  akan menjauhkan lo dari berbagai kemungkinan buruk akibat serangan hewan ini. Jadi, cepatlah bersembunyi apabila  o berpapasan dengan kuda nil. Oke bro?

3. Hiu

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar!

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar! Photo Credit: abcnews.com

Hiu diketahui telah lama menjadi momok menakutkan bagi sebagian wisatawan yang hobi beraktivitas di laut. Predator ini banyak ditakuti orang lantaran memiliki sifat buas dan garang di dalam air. Banyak orang mudah merasa panik ketika berpapasan dengan hiu di laut.

Meski terkenal buas, hiu sebenarnya memiliki titik lemah dan sensitif di bagian hidung. Untuk menghindari serangan ganas hiu, lo bisa memukul bagian hidung hewan ini secara keras. Tindakan tersebut biasanya akan membuat hiu mundur serta menjauhi korbannya.

4. Beruang

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar!

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar! Photo Credit: kiplinger.com

Saat bertualang di hutan, lo bisa saja bertemu hewan buas ini secara tiba-tiba. Kala hal itu terjadi, hindari aktivitas yang memicu kegaduhan seperti berlari atau memanjat pohon. Dengan demikian, beruang tidak akan menjadikan lo sebagai target buruannya.

Beruang kabarnya mengartikan pergerakan sebagai tindakan yang mengancam. Oleh sebab itu, cobalah bersikap tenang dan jangan mengeluarkan banyak gerakan jika bertemu hewan ini secara mendadak. Jika sudah berhasil menenangkan diri, lo sebaiknya melebarkan tangan seluas mungkin untuk membuat tubuh lo nampak lebih besar dibandingkan mereka.

Selain itu, aturlah volume suara sepelan mungkin agar beruang menyadari keberadaan lo sebagai manusia di dekatnya. Tahap selanjutnya yang mesti lo lakukan adalah mundur secara perlahan dengan hati-hati. Tindakan ini dimaksudkan agar beruang tidak menganggap gerakan lo sebagai suatu ancaman.

5. Buaya

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar!

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar! Photo Credit: time.com

Siapapun akan merasa ngeri ketika berjumpa dengan buaya di wilayah hutan atau tepi sungai. Saat berdiri di pinggir sungai, lo sebaiknya mewaspadai serangan tiba-tiba yang dilakukan oleh buaya. Oleh sebab itu, hindari melamun agar lo mengelak dari serangan mematikan buaya yang begitu mencekam.

Ada beberapa hal yang bisa lo lakukan untuk menghindari ancaman buaya di daratan, salah satunya adalah berlari lurus ke depan atau ke belakang. Saat ada buaya menghampiri, lo disarankan melarikan diri dengan berlari secara lurus tanpa zig-zag. Mengapa demikian?

Cara ini dikatakan efektif untuk mengantisipasi kecepatan gerak buaya di atas tanah sekitar 17 kilometer per jam. Ketika lo berlari lurus, buaya akan kesulitan mengejar targetnya di daratan. Jadi, terapkan teknik ini saat lo berpapasan dengan buaya di darat ya bro!

6. Singa

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar!

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar! Photo Credit: independent.co.uk

Hewan yang akrab disapa dengan sebutan “raja hutan” ini juga dapat mengancam keselamatan manusia di sekitarnya. Saat merasakkan tanda-tanda bahaya, singa bisa saja menerkam serta mencekik manusia di dekatnya hingga tewas.

Ada sejumlah langkah khusus yang bisa diterapkan wisatawan untuk menghadapi ancaman hewan tipe karnivora ini. Pertama-tama, cobalah melakukan kontak mata dengan singa secara lama. Jika sudah, mundurlah secara pelan-pelan tanpa membalikkan punggung atau berlari.

Umumnya, singa akan mengeluarkan gertakan sebelum menyerang. Apabila hewan buas ini menunjukkan tanda-tanda tersebut, coba bentangkan tangan selebar-lebarnya agar tubuh lo terlihat lebih besar di depan singa. Selain itu, keluarkan suara gaduh senyaring mungkin agar hewan ini tak tertarik menyerang serta lari menjauhi diri lo.

7. Ular dan Laba-Laba Berbisa

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar!

Lakukan 7 Tips Ini Agar Mampu Selamat dari Ancaman Hewan Liar! Photo Credit: sci-news.com

Jika bertemu ular berbisa di perjalanan, lo disarankan mundur pelan-pelan sembari menghentakkan kaki ke tanah. Getaran yang dihasilkan hentakkan kaki tersebut nantinya menakut-nakuti banyak hewan reptil yang memiliki bisa berbahaya.

Jika sudah tergigit ular, lo sebaiknya memposisikan bagian tubuh yang terinfeksi dengan posisi lebih rendah dari jantung. Fungsi dari tindakan ini adalah untuk mencegah tersebarnya racun ke saluran darah. Selanjutnya, ikatlah bagian tubuh yang didigit dengan jarak satu jengkal dari lokasi gigitan.

Sementara itu, jika digigit laba-laba berbisa, cobalah basuh muka dengan air bersih secepatnya. Apabila sudah, lo bisa mengompres diri dengan batu es. Mudah sekali, bukan?

Demikian 7 cara bertahan hidup dari ancaman hewan liar di alam bebas. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang berniat melakukan traveling ke alam liar dalam waktu dekat. Jangan lupa menerapkan teknik-teknik di atas bila mengalami situasi darurat ya bro!

Source

Feature Image - .kiplinger.com


Please login to comment
4 COMMENTS
Zul Asfi Rusman
February 21, 2019 at 7:03 AM

Masih ada kalajengking


Eksan B
February 21, 2019 at 9:58 PM

Makasih infonyaa.


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 23, 2019 at 1:27 PM

Jangan takut intinya. Sejatinya hewanlah yg takut sama kita


Rifa Sanjaya
May 20, 2019 at 11:06 AM

Semoga tips ini bermanfaat.. tp msh banyak hewan buas lainnya nih