FEB 20, 2019

Sebagai Food Traveller, 5 Kuliner Asal Sulawesi ini Patut Untuk Lo Cicipi!

Ketika lo sedang berkunjung ke Sulawesi ,jangan sampai lupa untuk mencicipi beberapa pilihan kulinernya yang nikmat yaa. Enggak percaya? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Bukan hanya budayanya saja yang beragam, namun pilihan kuliner yang ada di Indonesia pun juga sangat beragam, tak heran apabila di setiap daerah memiliki pilihan kuliner yang khas dan tentunya memiliki cita rasanya yang unik. Ketika lo berada di kawasan Pulau Sulawesi tentunya ada banyak pilihan kuliner yang patut lo eksplorasi. Karena sebagai seorang traveller, tentunya bukan hanya tempat wisata saja yang bisa memberikan sebuah cerita.

Yaap, dari setiap suapan atau satu teguk kuliner yang lo cicipi, tentunya menyimpan benyak sekali cerita dibaliknya. Mulai dari kebiasaan dari warga yang hidup di kawasan tersebut hingga cerita-cerita lainnya. Tak heran apabila lo berhasil menemukan pilihan kuliner baru di tempat yang belum pernah lo kunjungi merupakan hal seru yang patut untuk lo lakukan.

Kembali kepada tujuan yang akan dibahas di dalam artikel ini, yaap Pulau Sulawesi yang terdiri dari beberpa provinsi ini tentunya memiliki beragam pilihan rasa yang mampu membuat setiap lidah bergoyang. Nah, daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini bro!

Kuliner Nikmat dari Pulau Sulawesi – Kapurung

Sebagai Food Traveller, 5 Kuliner Asal Sulawesi ini Patut Untuk Lo Cicipi!

Kenikmatan Kapurung. Credit:pictame.com

Untuk pilihan makanan atau kuliner pertama yang patut untuk lo cicipi ialah Kapurung, makanan khas Sulawesi Selatan ini memiliki rasa dan teksturnya yang unik. Tak heran apabila banyak dari masyarakat sekitar yang suka terhadap kuliner ini.

Kapurung sendiri berbahan dasar sagu, bila dilihat secara sekilas memang memiliki kemiripan dengan Papeda yang merupakan makanan khas Papua. Cara pembuatannya bisa dibilang sedikit sulit, dikarenakan lo harus pandai mencampur atau mengaduknya dengan air panas.

Untuk bagaimana lezat atau tidaknya tergantung dengan pencampuran bumbunya yang ada, sehingga tak heran apabila setiap orang memiliki selera pencampuran bumbu yang berbeda-beda. Sayangnya Kapurung ini tidak bisa bertahan lama, karena terbuat dari sagu yang mudah mengeras. Untuk bisa menemukan kuliner satu ini lo bisa berkunjung ke Tana Toraja atau Palopo.

Kuliner Nikmat dari Pulau Sulawesi – Pacco

Sebagai Food Traveller, 5 Kuliner Asal Sulawesi ini Patut Untuk Lo Cicipi!

Kenikmatan dari Pacco. Credit: juggle-jack.com

Bisa dibilang ini merupakan kuliner yang cukup unik jika lo berkunjung ke Pulau Sulawesi, karena dari cara pembuatan sangat berbeda dengan kuliner pada umumnya. Kalau lo ingin mendapatkan sebuah sensasi memakan makanan mentah namun nikmat ini merupakan kuliner yang tepat buat lo.

Bahan dasar dari kuliner ini ialah ikan mentah, yaap tanpa dimasak terlebih dahulu, ikan ini mengalami pelunakan daging akibat dicampur dengan cuka yang mengandung senyawa asam asetat. Pacco tak lengkap disantap tanpa didampingi dange. Kuliner ini pun bisa dibandingkan dengan makanan sushi atau sashimi dari Jepang.

Selain dari ikan, Pacco juga seringkali menggunakan udang sebagai bahan utamanya, setelah itu dicampur dengan lemon, garam, cabe rawit dan biasanya ditambahkan cacahan manga muda. Cita rasa asam pedas bisa menambah selera makan dari kuliner satu ini Biasanya kuliner satu ini bisa lo temuakan di pesisi pantai di kawasan Sulawesi Selatan.

Kuliner Nikmat dari Pulau Sulawesi – Coto Makassar

Sebagai Food Traveller, 5 Kuliner Asal Sulawesi ini Patut Untuk Lo Cicipi!

Kenikmatan dari Coto Makassar. Credit: phinemo.com

Ini merupakan salah satu kuliner yang paling populer apabila lo jalan-jalan ke Makassar, karena memang kuliner ini memiliki cita rasa yang nikmat serta unik, tak heran apabila banyak orang yang menyukainya dan mampu menggugah selera lo.

Coto Makassar memiliki aroma yang khas dengan rasa yang begitu nikmat, karena meman diolah dengan rempah pilihan. Biasanya Coto Makassar ini ditambahkan dengan jeroan dan daging sapi. Bahan-bahan ini pun direbus di dalam air yang dipakai untuk mencuci beras bersama kacang tanah yang dihaluskan.

Untuk melengkapi kenikmatan dari Coto Makassar, memang paling benar ditemani dengan ketupat atau buras, yang akan memberikan rasa gurih yang berbeda. Tentunya merupakan pilihan yang tepat untuk bisa mengisi perut lo ketika sedang jam makan siang.

Kuliner NIkmat dari Pulau Sulawesi – Pa’Piong

Sebagai Food Traveller, 5 Kuliner Asal Sulawesi ini Patut Untuk Lo Cicipi!

Kenikmatan dari Pa'piong. Credit: /rarasangatmanis.blogspot.com

Berbicara mengenai pilihan kuliner asal Sulawesi tentunya jangan lupa dengan kuliner satu ini. Kuliner yang berasal dari Tana Toraja ini memiliki rasa yang nikmat serta unik, tentunya buat lo yang ingin mencari makanan khas yang benar-benar memiliki cita rasa yang unik, ini merupakan jawabannya.

Kuliner yang menggunakan bambu sebagai media untuk pembuatannya ini memang mampu menghasilkan sebuah rasa yang sulit untuk dilupakan. Di dalam bambu tersebut tercampur beberapa pilihan daging (ayam atau babi) lalu dimasukkan juga Daun Miana. Lalu Pa’piong dimasak dengan cara dibakar.

Memang kuliner ini akan memakan waktu yang cukup lama, kurang lebih bisa seharian loh, untuk itu ketika lo ingin memesannya minimal satu hari sebelumnya, kecuali memang di restoran atau rumah makan yang lo tuju benar-benar menyediakannya setiap hari. Lo bisa menemukannya ketika acara tertentu, seperti pesta adat dan pesta panen.

Kuliner Nikmat dari Pulau Sulawesi – Barobo

Sebagai Food Traveller, 5 Kuliner Asal Sulawesi ini Patut Untuk Lo Cicipi!

Kenikmatan dari Barobo. Credit: myeatandtravelstory.wordpress.com/

Jalan-jalan ke Sulawesi Utara, bukan hanya makanan ekstrim yang selalu melekat kok, karena masih ada pilihan kuliner lainnya yang nikmat serta memiliki cita rasa asli kawasan Sulawesi Utara. Selain itu, berada di sana, keindahan alamnya memang tak perlu lagi diragukan.

Barobbo merupakan salah satu jenis kuliner yang patut untuk lo cicipi ketika berada di kawasan Sulawesi Utara. Biasa juga disebut sebagai bubur Manado, di dalam kuliner ini lo akan menemukan bergam kombinasi bahan seperti jagung, beras, sayur, sntan, kemudian diaduk menjadi bubur. Lo juga bisa menambahkan satur sesuai selera.

Jadi bagaimana bro dengan beberapa pilihan kuliner khas Sulawesi di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kelestarian dari setiap tempat wisata yang lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: idntimes.com

 

 

 


Please login to comment
4 COMMENTS
Eksan B
February 22, 2019 at 10:56 PM

Sedapnya. Wuenak


Zul Asfi Rusman
February 24, 2019 at 6:32 PM

Karena saya dari sulawesi,,pacco recomended banget lah


Rykma Alodya
February 28, 2019 at 9:29 PM

Budayakan jajan icip icip makanan khas indonesia


Rifa Sanjaya
May 20, 2019 at 12:39 PM

Sepertinya memang harus dicoba ini