7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo!

Bingung kehabisan bekal air minum saat berpetualang? Santai, 7 water purifier ini bisa jadi pilihan lo untuk menemani petualangan lo supaya tidak kekurangan air minum!

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo!

Pernah kehabisan air saat dalam perjalanan dan bingung bagaimana mendapatkannya karena ketiadaan sumber air?

Kebutuhan air minum saat dalam perjalanan atau petualangan adalah salah satu kebutuhan utama untuk para petualang. Sudah diketahui bersama jika manusia, lebih dari 50% dalam dirinya adalah air. Oleh karena itu, air minum adalah hal yang sangat wajib dibawa.

Jika kehabisan bekal air minum, resiko paling besar yang akan lo hadapi adalah dehidrasi. Dehidrasi di suhu panas atau dingin adalah sama bahayanya, bro. Oleh karena itu, pastikan lo tidak akan kehabisan perbekalan tersebut. Kalau perlu bawa water purifier.

Apa itu water purifier? Mungkin untuk lo yang baru saja mulai menekuni dunia perjalanan dan petualangan, masih awam dan belum mengetahui apa itu water purifier. Water purifier adalah sebuah alat untuk menyuling air di alam bebas, menjadi air siap minum.

Alat ini mempunyai berbagai jenis bentuk yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Nah, buat lo yang ingin tahu lebih jauh soal water purifier ini, sila simak bahasan ini sampai habis ya!

Platypus GravityWorks 4L

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo!

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo! credit: camptrend.com

Harganya sekitaran $110 saja. Jika dikonversi ke kurs rupiah, mungkin akan sekitaran Rp1.7 juta-an. Water purifier ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Untuk lo yang suka berpetualang atau backpacking, alat ini mesti lo punya.

Water purifier ini mengandalkan gaya gravitasi untuk menyuling air dari alam bebas, menjadi air siap minum. Filternya yang bisa bertahan menyuling 1.500 liter, tiap menitnya, water purifier ini mampu menyuling sekitar 1.75 liter air.

MSR Guardian Purifier System

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo!

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo! credit: gearjunkie.com

Lebih mahal dibandingkan dengan alat sebelumnya, MSR Guardian diharga sekitar $350. Jika dikonversikan ke rupiah, mungkin harganya akan sekitaran Rp 5 juta-an. Alat ini lebih mirip ke sebuah pompa, dan filternya dapat bertahan sampai penyulingan ke 10.000 liter. Hebat, bukan?

Water purifier yang satu ini benar-benar hebat, bro. Air yang kotor pun bisa disuling dengan baik sehingga layak untuk minum. Namun, tentu – kehebatannya setara dengan harganya yang cukup mahal. Sayang, alat ini lebih berat dari pada alat sebelumnya.

Sawyer Squeeze Water Filter

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo!

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo! credit: walmart.com

Paling murah dari dua alat sebelumnya, Sawyer Squeeze Water Filter ini hanya dihargai $40 saja. Jika dirupiahkan, mungkin akan sekitar Rp 560 ribu-an. Namun, fungsinya lebih hebat, sangat ringan, dan filternya yang awet. Bayangkan saja, water purifier ini digaransikan mampu menyuling sampai 1 juta gallon air.

Berbentuk botol, alat ini juga mengandalkan gravitasi utnuk menyuling air tersebut hingga siap untuk diminum.

Katadyn Hiker Microfilter

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo!

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo! credit: katadyn.com

Water purifier yang satu ini dinobatkan menjadi yang terbaik dari yang paling baik lainnya. Hanya dihargai sekitar $75 saja atau jika dirupiahkan sekitar Rp 1 juta-an, alat ini benar-benar cocok untuk lo yang suka mendaki gunung, dan melakukan perjalanan-perjalanan panjang.

Water purifier yang satu ini bertipe pompa filter. Filternya sendiri bisa bertahan sampai sulingan ke 750 liter. Bentuknya yang seperti botol minum pada umumnya membuat lo mudah untuk menggunakannya.

MSR Trailshot Water Filter

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo!

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo! credit: bikepacking.com

Water purifier yang satu ini dinobatkan menjadi alat penyuling air yang paling kecil dan yang paling ringan dalam kategori pompa filter air. Filternya yang bisa bertahan sampai sulingan ke 2.000 liter, cukup mudah lho untuk mengoperasikannya.

Karena bentuknya yang kecil dan ringan, untuk lo yang hobi mendaki gunung atau bahkan berolahraga trail runwater purifier ini cocok sekali untuk lo yang suka menerobos alam bebas dan tidak bisa membawa perbekalan air minum banyak-banyak.

SteriPen Adventurer Opti

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo!

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo! credit: massdrop.com

Water purifier yang satu ini wajib diberi julukan kecil-kecil cabe rawit, nih! Pasalnya, alat yang ukurannya mirip dengan stabile atau pulpen ini mampu membantu lo menyaring atau menyuling air sampai dengan 8.000 liter, lho.

Bertenaga baterai, SteriPen menjadi salah satu water purifier yang cukup praktis dan menjadi beberapa pilihan utama bagi para petualang karena bentuknya yang ringan dan mudah dibawa-bawa. Sayang, harganya cukup mahal karena berkisar diangka $100.

LifeStraw Water Filter

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo!

7 Water Purifier yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Petualangan Lo! credit: themanual.com

Paling murah, paling mudah digunakan, LifeStraw menjadi water purifier yang diminati banyak petualang Indonesia, lho. Namun, cara penggunaannya saja yang cukup unik. Tidak seperti purifier lainnya yang membutuhkan waktu untuk sulingan airnya, dengan alat ini, lo tinggal sedot airnya!

Bentuknya yang seperti pulpen atau pena, membuat lo terlihat seperti masa bodo dengan tingkat kebersihan sumber air yang lo bisa langsung minum. Eits, tapi tetap ada filter lho di water purifier ini. Tidak main-main, filter di alat ini mampu menyuling 4.000 liter di masa penggunaanya, lho!

Nah, bagaimana nih bro? Jangan takut lagi kehabisan air minum saat dalam perjalanan atau petualangan ya! Water purifier ini juga bisa membuat lo menghemat budget traveling dengan tidak membeli air minum kemasan karena lo bisa minum dari sumber air terdekat!

 

Source

Feature Image - rei.com

Beginner Extreme hiking jungle trekking climbing solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!