FEB 21, 2019

Ini Dia 5 Perlengkapan Pendakian yang Tidak Boleh Lo Lupakan Bro!

Ketika melakukan pendakian tentunya ada beberapa perlengkapan yang tidak boleh lo lupakan loh, penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Pendakian merupakan sebuah aktivitas yang memerlukan kekuatan fisik serta mental, tak heran apabila sebelum melakukannya disarankan untuk melakukan olahraga yang rutin, serta melatih mental dan kemampuan untuk bisa bertahan hidup di alam bebas. Namun selain dari hal-hal tersebut, tentunya perlengkapan pendakian sendiri juga merupakan hal vital yang patut untuk selalu dilengkapi.

Sehingga ketika lo sedang melakukan aktivitas ini, ada beberapa barang yang harus selalu lo bawa, agar pendakian lo sendiri lebih nyaman serta aman. Tentunya lo enggak mau dong kalau aktivitas yang memang sudah memiliki kesulitan yang tinggi ini akan diperkeruh dengan perlengkapan yang tidak lo bawa. Kadang kala lupa itu menjadi sebuah hal yang harus selalu dijauhi, untuk itu untuk memperkecil kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, mengingat kembali perlengkapan yang harus lo bawa merupakan hal yang penting.

Perlu diingat pula, ketika lo melakukan pendakian, itu bukan sebuah aktivitas yang ringan loh, nyawa pun bisa hilang dikarenakan banyak faktor. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap barang-barang yang patut berada di samping lo ketika melakukan aktivitas yang menguras tenaga banyak ini, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini. Semoga dapat berguna dan bermanfaat yaa!

Perlengkapan Pendakian yang Selalu Harus Lo Bawa – Korek Api

Penampakan dari Fire Starter. Credit: outdoorlook.co.uk

Bukan hanya untuk para perokok saja, namun dengan hadirnya korek api di setiap pendakian lo merupakan hal yang penting, walaupun terkesan sepela namun benda kecil yang mampu memancarkan api ini sangatlah vital loh bro.

Korek api sendiri berfungsi untuk menyalakan api ketika membuat perapian, sehingga lo tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat api dengan cara tradisional. Selain itu, korek api juga bisa digunakan untuk menyalakan kompor, kalau misalkan kompor yang lo bawa mengalami kerusakan pada pemantiknya.

Nah, untuk pilihan korek api yang cocok ketika melakukan pendakian ialah fire starter, karena memang korek api jenis ini mampu bertahan ketika cuaca ekstrim melanda. Kelebihannya ialah mudah untuk menhasilkan bunga api panas sehingga mudah untuk menyalakan kertas atau rumput kering, ringan dan tahan terhadap api.

Perlengkapan Pendakian yang Selalu Harus Lo Bawa – Masker Kain atau Buff

Penggunaan Masker atau Buff. Credit: .buffwear.com

Seringkali ini merupakan barang yang lupa untuk dibawah ketika pendakian, padahal peran dari masker kain atau buff sangatlah penting untuk menjaga kenyamanan serta mampu melindungi organ pernafasan lo, ketika lo melewati kawasan yang masih memiliki aktivitas vulkanik yang tinggi.

Bukan hanya itu saja, masker kain atau buff juga berfungsi untuk melindungi lo dari debu-debu berterbangan ketika sedang musim kemarau, tentunya bilamana tidak menggunakannya, perjalanan lo akan terganggu dan kemungkinan harus berhenti sejenak.

Untuk mendapatkan masker kain atau buff tentu sangatlah mudah, bisa melalui toko online atau toko-toko yang ada di pinggir jalan dan pilihlah masker yang multifungsi agar bisa meminimalis barang bawaan lo. Sehingga jangan lupa untuk membawa masker kain atau buff yaa bro!

Perlengkapan Pendakian yang Selalu Harus Lo Bawa – Jarum dan Benang

Penampakan dari Jarum dan Benang. Credit: tokobenangsurabaya.blogspot.com

Mungkin terlihat sangat tidak penting, namun jangan salah sangka dulu, dengan adanya jarum dan benang tentunta bisa menjadi alat yang bisa membantu lo ketika sedang terjadi kejadian yang tidak diduga, seperti keadaan tenda robek.

Yaap, melakukan pendakian memang akan terjadi beragam situasi yang tidak bisa lo duga, sehingga jarum dan benang merupakan salah satu alat yang bisa membantu lo loh. Contohnya saja, ketika tenda lo robek akibat diseruduk oleh hewan liar atau tertusuk dengan ranting pohon yang cukup tajam.

Dengan membawa jarum dan benang lo jadi bisa untuk menjahit tenda untuk sementara waktu agar robekannya tidak semakin melebar. Sehingga jangan lupa untuk membawa dua barang mungil ini yaa, untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga.

Perlengkapan Pendakian yang Selalu Harus Lo Bawa – Trash Bag

Penampakan dari Trash Bag. Credit: artstation.com/

Menjaga kebersihan dari kawasan pendakian tentunya merupakan hal yang harus selalu dijaga yaa bro, untuk itu membawa trash bag merupakan hal penting untuk lo lakukan. Karena memang kegunaan utamanya untuk menyimpan sampah-sampah yang lo hasilkan selama pendakian.

Selain untuk menjaga kebersihan, trash bag juga bisa lo gunakan untuk hal lain loh. Apalagi ketika musim penghujan, kantong plastic yang kebanyakan berwarna hitam pekat ini memiliki fungsi lain. Bisa digunakan untuk membungkus seluruh perlengkapan sebelum dimasukkan ke dalam carrier.

Tentunya agar pakaian dan segala macam peralatan pendakian ini tidak basah karena hujan, fungsi lain dari kantong plastik ini ialah untuk menyimpan pakaian kotor, untuk menemukan kantong sampah ini pun cukup mudah, namun selalu diingat untuk kembali membawa turun segala sampah lo yaa!

Perlengkapan Pendakian yang Selalu Harus Lo Bawa – Pisau

Penampakan dari Pisau. Credit: bukalapak.com/

Ini merupakan alat yang patut untuk lo bawa ketika melakukan pendakian, karena memiliki fungsi yang cukup penting. Bukan hanya untuk alat masak saja, namun juga sebagai alat untuk melawan bahaya selama perjalanan.

Menggali lubang ketika buang air besar atau membuat galian untuk membuang sisa makanan. Ternyata fungsi pisau sendiri bukan hanya itu saja, memotong tali ketika ingin memasang tenda juga memerlukan alat yang tajam ini. Tentunya pisau lipat dengan ukuran kecil pun bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Karena mudah untuk dibawah serta tidak memakan tempat.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar perlengkapan pendakian yang selalu harus lo bawa? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa, yang terpenting ialah untuk selalu utamakan keselamatan serta jangan berhenti bereksplorasi. Semangat selalu!

Source

 

 

 

Featured Image: indonesia360derajat.wordpress.com


Please login to comment
10 COMMENTS
Rykma Alodya
February 26, 2019 at 8:14 PM

Doa restu emak


Zul Asfi Rusman
February 27, 2019 at 7:05 AM

Yang paling penting trashbag


Eksan B
February 28, 2019 at 6:06 AM

Bekal sm pengetahuaan yg cukup


Hendy Nugroho
March 3, 2019 at 6:03 AM

Wah.. Terimakasih infonya


Muhammad Ilham
March 3, 2019 at 8:47 AM

Yang terpenting doa restu


HendraNusu
March 5, 2019 at 7:49 PM

Semoga Bisa Berkunjung kesini


HendraNusu
March 6, 2019 at 8:10 AM

Alat ini yg perlu dipersiapkan


Asmita Parhama
March 9, 2019 at 12:21 AM

Petualangan yg menakjubkan


Amir Mahfudzi
March 17, 2019 at 9:58 AM

Baru tau kalo harus bawa jarum dan benang


Dyastantya Ekmawanto
March 19, 2019 at 6:23 PM

Kadang korek dan benang yang sering ketinggalan