Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta!

Eits, sudah kesemsem oleh keindahan yang ada di Tebing Breksi? Sebelum berangkat, sila simak 7 tips berikut untuk mendapatkan pengalaman petualangan berkesan di sana!

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta!

Tebing Breksi Yogyakarta adalah salah satu spot petualangan seru yang mesti lo datangi tahun ini. Keindahan alamnya serta tebing-tebing kapur yang terjal itu adalah daya tarik tersendiri bagi destinasi tersebut.

Berlokasi di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, setiap akhir pekan – jangan kaget jika spot petualangan ini selalu ramai oleh para petualang yang penasaran dengan daya tariknya. Mereka yang datang ke sana, ada yang dari dalam negeri sendiri dan juga mancanegara.

Tebing Breksi adalah spot petualangan yang mempunyai latar belakang yang cukup unik. Hal tersebut dikarenakan oleh asal muasal dari spot petualangan ini yang sebelumnya adalah area tambang. Satu dan hal alasan lain, pengelola tambang ini menghentikan aktivitasnya.

Lalu, masyarakat setempat melihat sebuah potensi dari tebing-tebing kapur yang terjal ini. Dengan gerakan swasembada, jadilah sebuah spot petualangan yang dinamakan Tebing Breksi. Sekilas, jika dilihat dari kejauhan, Tebing Breksi layaknya kastil-kastil besar yang dihiasi tangga-tangga kokoh.

Salah satu momen yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja di Tebing Breksi adalah momen matahari terbit atau sunrise. Matahari terbit di sini benar-benar indah. Oleh karena itu, spot petualangan ini sudah dibuka dari jam 5 pagi, dan tutup di jam 6 sore.

Nah, buat lo yang sudah penasaran untuk menginjakan kaki di sini, eits tahan dulu, bro! Sebaiknya lo perhatikan beberapa tips untuk ke Tebing Breksi agar petualangan lo semakin seru dan semakin berkesan!

Makin Kece dan Lindungi Mata Lo Dengan Sunglasses!

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta!

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta! credit: gearjunkie.com

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Tebing Breksi adalah saat musim panas. Walau terik, namun keseluruhan keindahan batuan kapur tersebut bisa lo nikmati saat cahayanya yang menyinari terang sempurna.

Namun, ada resikonya, yaitu silaunya mata karena sinar matahari yang berlebihan. Oleh karena itu, kacamata hitam, atau sunglasses adalah barang yang wajib lo bawa agar mata tetap terlindungi. Selain memberikan proteksi lebih terhadap mata, lo juga semakin kece nih kelihatannya.

Musim Panas = Waktu yang Tepat!

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta!

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta! credit: jogjavacanza.com

Seperti yang sudah dijelaskan dan disebutkan sebelumnya, jika ingin mendapatkan pemandangan yang sempurna di Tebing Breksi, sila datang ke sana saat musim panas tengah berjalan. Walau terik matahari, namun lo bisa melihat seluruh keindahannya yang sempurna.

Terlebih untuk menikmati segala pahatan-pahatan dari seniman lokal yang terpampang rapih di dinding-dinding tebing batuan kapur tersebut. Pastikan lo membawa peralatan fotografi agar bisa merekam keseluruhan momen seru di sana ya!

Oh iya, mengapa musim panas, karena momen matahari terbit yang sempurna dan bersih kebanyakan hanya bisa lo dapatkan saat musim panas saja. Saat itu, langit tengah bersih dan awan jarang yang membawa air atau mendung.

Menggunakan Alas Kaki yang Nyaman

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta!

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta! credit: garasijogja.com

Mengeksplorasi Tebing Breksi tidak cukup satu sampai dua jam saja, bro. Bisa jadi malah seharian! Oleh karena itu, pastikan lo menggunakan alas kaki yang nyaman ya. Tebing Breksi mempunyai ratusan anak tangga dari beberapa sisinya, bro.

Jadi, dipastikan lo akan naik turun menuruni dan menaiki anak tangga tersebut saat bereksplorasi. Jadi, gunakan sneakers agar tetap kelihatan kasual dan kece serta nyaman saat melangkah. Atau, jika lo ingin yang sudah pasti nyaman dan aman, sila gunakan sepatu trekking atau sepatu untuk naik gunung.

Tambahan Pelindung Kepala

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta!

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta! credit: aliexpress.com

Topi adalah salah satu gear yang mesti juga lo bawa saat bereksplorasi di Tebing Breksi. Terlebih, jika memang benar lo akan datang di musim panas, topi akan membantu melindungi kepala lo dari sengatan sinar matahari langsung, lho.

Topi bertali juga menjadi pilihan yang bijak. Hal tersebut dikarenakan oleh di area terbuka seperti Tebing Breksi, angin akan bertiup kencang. Oleh karena itu, biar topi lo tidak kabur karena angin, pastikan ikat tali topi tersebut ke arah dagu lo.

Kalau Bisa Jangan Datang Saat Musim Liburan

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta!

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta! credit: the-aghnanisme.blogspot.com

Bro, kalau bisa, jangan datang ke Tebing Breksi benar-benar saat musim liburan panjang, ya. Hal tersebut dikarenakan oleh penuh dan sesaknya para pengunjung lainnya yang berlomba untuk bisa sampai ke Tebing Breksi terlebih dahulu.

Jika lo adalah tipe petualang yang suka kesunyian, pastikan lo datang tidak pada saat musim liburan yang ramai sekali.

Nikmati Sunset di Altar

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta!

Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Berpetualang ke Tebing Breksi Yogyakarta! credit: bisniswisata.co.id

Dekat dengan area Tebing Breksi, terdapat altar atau tlatar yang mirip sekali dengan yang ada di Roma. Mirip dengan area pementasan drama, dan tidak berpanggung, altar tersebut berbentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 13 meter.

Di sekelilingnya terdapat tempat duduk berundak yang memang diperuntukan untuk para petualang untuk menonton pementasan yang ada di sana. Nah, salah satu pementasan alami yang bisa dinikmati dari altar tersebut adalah momen matahari terbenam.

Tidak Perlu Khawatir, Banyak Warung

Penjual Makanan dan Minuman

Walah masih dikelola oleh masyarakat setempat, namun spot petualangan ini sudah diisi oleh banyak warung penjual makanan dan minuman. Oleh karena itu, lo tidak perlu khawatir jika kelaparan atau kehausan saat tengah berpetualang di Tebing Breksi.

Wah bagaimana nih bro? Sudah paham nih akan tips-tips untuk mendapatkan pengalaman petualangan yang berkesan? Jika sudah, pastikan lo akan berangkat ke sini di tahun 2019 ini ya bro!

 

Feature Image - beritagar.id

Tips Beginner Extreme hiking climbing solo traveling solo backpacker

4 COMMENTS

SHARE
Masni
Mesti banyak persiapan
Rykma Alodya
Yang penting bawa uang saku yg cukup
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
Instagramable bgt lah
SITI ANISAH, SPD
Salah satu destinasi yg boleh lah dikunjungi kalo ke jogja