7 Tips Aman Traveling dengan Sepeda, Wajib Tahu Nih Bro!

Sebelum melakukan bikepacking atau traveling dengan sepeada, ada baiknya lo mengetahui sejumlah hal penting agar perjalanan berlangsung aman dan nyaman. Apa sajakah itu? Simak jawabannya di bawah ya bro!

7 Tips Aman Traveling dengan Sepeda, Wajib Tahu Nih Bro!

Belakangan ini, kegiatan bikepacking atau traveling dengan sepeda menjadi salah satu kegiatan yang ramai dilakukan generasi muda. Ada sejumlah alasan mengapa kegiatan ini disukai banyak orang, salah satunya adalah ongkos perjalanan yang terbilang murah. Selain itu, lo juga bisa mencicipi sensasi traveling yang berkesan ketika melakukan hal ini.

Umumnya, aksi bikepacking dilakukan secara berkelompok. Satu kelompok biasanya terdiri atas belasan pesepeda. Salah satu keunikan dari kegiatan ini adalah lo bisa menjelahi keindahan alam secara lebih lebih dekat dengan konsep go green. Sebelum melakukan bikepacking, ada baiknya lo mengetahui sejumlah hal penting agar perjalanan berlangsung aman dan nyaman. Apa sajakah itu? Simak 7 tips di bawah ya bro.

1. Mengenakan Peralatan Pengaman secara Lengkap

7 Tips Aman Traveling dengan Sepeda, Wajib Tahu Nih Bro!

7 Tips Aman Traveling dengan Sepeda, Wajib Tahu Nih Bro! Photo Credit: bike-packing.com

Keamanan berkendara tak boleh dipandang sebelah mata oleh setiap traveller, termasuk ketika berniat menaiki sepeda.  Sebelum berangkat, pastikan lo telah memakai perlengkapan pelindung secara lengkap. Dengan begitu, lo bisa meminimalisir berbagai hal buruk di perjalanan. Setuju ‘kan bro?

Contoh perlengkapan pelindung yang mesti lo siapkan saat traveling dengan sepeda adalah helm, kacamata google, serta pelindung siku dan dengkul. Helm berfungsi untuk menjaga kepala lo agar tetap aman, sementara google berguna untuk mencegah debu masuk ke mata. Jadi, jangan lupa memakai alat-alat pelindung sebelum naik sepeda ya bro!

2. Tahu Kondisi Lintasan yang Hendak Dilewati

Keadaan lintasan juga menentukan kenyamanan pengendara di perjalanan. Jika berniat traveling dengan sepeda, lo sebaiknya mengetahui luas jarak yang akan ditempuh. Tujuannya tidak lain agar lo dapat menentukan rute dengan perjalanan yang aman.

Jangan lupa mengecek cuaca dan kondisi lintasan yang hendak lo lewati. Pastikan lo sudah mengecek ada atau tidaknya tanjakan serta turunan di jalur yang ingin dilalui. Selain itu, pengendara juga disarankan memakai GPS tracking agar tidak mudah tersasar di tengah perjalanan.

3. Mengecek Keadaan Sepeda sebelum Berangkat

7 Tips Aman Traveling dengan Sepeda, Wajib Tahu Nih Bro!

7 Tips Aman Traveling dengan Sepeda, Wajib Tahu Nih Bro! Photo Credit: bikepacking.com

Salah satu kegiatan yang tak boleh dilupakan pengendara sebelum berangkat adalah mengecek kondisi sepeda. Hal ini ditujukan agar perjalanan lo berlangsung aman dan nyaman. Jadi, pastikan ban sepeda sudah terisi angin secara penuh serta rem berfungsi baik sebelum pergi. Oke bro?

Selain itu, lo juga perlu memastikan rantai sepeda terpasang secara benar dan baik. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi lampu sepeda serta keadaan saddle agar perjalanan panjang lo tidak mengalami gangguan atau hambatan. Untuk mengecek kondisi sepeda secara lebih jelas, lo bisa membawanya ke bengkel sebelum hari keberangkatan.

4. Tidak Mengenakan Earphone saat Bersepeda

Banyak orang mendengarkan musik dengan earphone atau headphone saat melakukan traveling. Ada yang menggunakannya untuk melepas penat, ada pula yang memakainya untuk menghilangkan kantuk. Meski begitu, memasang earphone saat bersepeda merupakan tindakan yang berbahaya.

Pasalnya, kegiatan tersebut bisa memperbesar risiko lo mengalami kecelakaan di tengah perjalanan. Saat mendengarkan earphone di sepeda, lo tidak bisa mendengar suara rekan pesepeda yang lain. Dengan begitu, mereka tak bisa memperingatkan lo jika ada hal penting yang perlu disampaikan.

5. Menyiapkan Kondisi Tubuh Sebaik Mungkin

7 Tips Aman Traveling dengan Sepeda, Wajib Tahu Nih Bro!

7 Tips Aman Traveling dengan Sepeda, Wajib Tahu Nih Bro! Photo Credit: toptier.id

Lo perlu menyiapkan kondisi tubuh yang bugar ketika hendak melakukan bikepacking. Oleh sebab itu, cobalah berolahraga secara teratur minimal sebulan sebelum berangkat. Contoh olahraga yang bisa lo lakukan sebelum bikepacking adalah lari atau bersepeda.

Selain berolahraga, lo juga disarankan mengonsumsi makanan bergizi. Minumlah air putih sebanyak-banyaknya supaya tubuh terhindar dari dehidrasi. Dengan demikian, momen bikepacking lo dapat berjalan lancar tanpa terkena gangguan.

6. Menaruh Barang Bawaan secara Benar

Penempatan barang yang tepat juga bisa membuat perjalanan lo berlangsung nyaman. Apabila lo membawa barang dengan bobot agak ringan, taruhlah barang tersebut di atas punggung. Sementara itu, letakkan di jok belakang sepeda jika barang yang dibawa terlalu berat.

Apabila membawa barang berat, ikatlah barang tersebut di jok belakang agar tidak jatuh ketika lo melewati tanjakan atau lubang.  Hindari menaruh barang di stang sepeda karena hal tersebut bakal menganggu keseimbangan sepeda saat berkendara.

7. Menyiapkan Barang Berbobot Ringan yang Serbaguna

7 Tips Aman Traveling dengan Sepeda, Wajib Tahu Nih Bro!

7 Tips Aman Traveling dengan Sepeda, Wajib Tahu Nih Bro! Photo Credit: bikerumor.com

Pemilihan barang bikepacking diketahui tidak sama dengan barang ketika traveling biasa. Saat bersepeda, pastikan barang yang dibawa tak memiliki bobot berat. Lo sebaiknya memprioritaskan barang serbaguna dengan obbot ringan dan minimalis.

Upayakan bobot barang yang dibawa tidak melewati seperempat berat badan. Jika memiliki berat badan 50 kg, lo disarankan menyiapkan barang dengan berat maksimal 12-13 kg saja. Jadi, hindari barang bawaan yang tidak penting ketika hendak melakukan bikepacking ya bro!

Demikian 7 tips melakukan traveling dengan sepeda. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang hendak mencoba kegiatan ini dalam waktu dekat. Jangan lupa berhati-hati ya bro!

Source

Feature Image – trekbikes.com

Tips Beginner solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Masni
Paling penting pastikan kendaraan sudah siap dan aman
Rykma Alodya
Dicek dahulu sebelum digunakan
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
Perlu tenaga dan waktu yang ekstra