FEB 22, 2019

5 Tempat Wisata Alam yang Patut Lo Kunjungi Ketika Menjelajahi Pulau Sumatera!

Menjelajahi Pulau Sumatera memang lebih seru apabila melalui darat bro, karena terdapat beberapa tempat wisata indah yang patut untuk lo kunjungi, penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Sumatera merupakan pulau besar yang ada di Indonesia dengan beragam keindahan alamnya, salah satu cara terbaik untuk bisa menjelajahi pulau ini ialah dengan jalan darat. Yaap, karena di sepanjang jalan lo bisa menemukan beragam spot wisata alam yang cukup memukau, sehingga juga dapat lebih membuka mata lo betapa indahnya pulau yang besar ini.

Bilamana lo memulai perjalanan lo dari pulau Jawa, maka akan dimulai dengan menyeberangi Selat Sunda dan berlabuh di Pelabhuan Bakaheruni, Lampung, Sumatera Selatan. Lalu lo bisa memiliki tiga jalur lintas, untuk menikmati keindahan pemandangan pantai sepanjang jalan, lintas barat bisa menjadi jalur pilihan lo. Buat lo yang mau menikmati keindahan jalan berkelk di pegunungan tinggi, wisata air terjun dan danau besar, jalur lintas tengah dan timur menjadi jalur yang tepat buat lo.

Sebelum melakukan perjalanan lo, tentunya perbekalan, kesehatan fisik, obat-obatan, GPS atau peta jalur lintas Sumatera menjadi hal yang penting untuk selalu dibawa. Dan yang terpenting ialah untuk cek kondisi kendaraan.

Agar tidak terlalu letih, pesanlah tempat penginapan di beberapa titik kota, karena memang menyusuri Sumatera sendiri akan memakan waktu berhari-hari. Nah, ketika sedang melakukan perjalanan lo, tak ada salahnya untuk mampir ke beberapa tempat wisata pilihan yang memilki keindahan alam yang memukau, enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Tempat Wisata Alam di Sepanjang Jalur Lintas Sumatera – Pesisir Kalianda, Lampung

5 Tempat Wisata Alam yang Patut Lo Kunjungi Ketika Menjelajahi Pulau Sumatera!

Suasana di Pesisir Kalianda. Credit: youtube.com

Titik pertama yang patut untuk lo kunjungi ialah Pesisir Kalianda, karena dari Pelabuhan Bakaheuni lokasi ini pun tak begitu jauh dan berada di jalur lintas barat. Sehingga ketika lo belum sampai di Bandar Lampung kawasan ini pun bisa menjadi pilihan destinasi lo.

Di dalam kawasan ini terdapat beberapa pilihan deretan pantai cantik yang terbentang di sepanjang Kalianda yaitu Tapak Kera, Kedu, Marina, Batu Lapis, Merak Belantun, Sebalang dan lain-lain. Hampir semua pilihan pantai yang ada memiliki panorama yang indah.

Kalau lo memang ingin menikmati semua pantai yang ada di kawasan ini, tentunya menginap semalam menjadi hal yang patut untuk lo lakukan. Karena memang Pesisir Kalianda ini memiliki wilayah yang cukup luas, tak heran apabila banyak pula wisatawan yang tertarik untuk mampir ke kawasan ini.

Tempat Wisata Alam di Sepanjang Jalur Lintas Sumatera – Danau Gunung Tujuh, Jambi

5 Tempat Wisata Alam yang Patut Lo Kunjungi Ketika Menjelajahi Pulau Sumatera!

Suasana di Danau Gunung Tujuh. Credit: id.wikipedia.org/

Buat lo yang suka dengan suasana yang ada di sebuah danau, tentunya ini bisa menjadi salah satu destinasi lo ketika sedang menjelajahi keindahan yang ada di Pulau Sumatera, karena memang Danau Gunung Tujuh ini mampu memberikan sebuah pengalaman yang sulit untuk lo lupakan.

Bahkan, danau ini mendapat peringkat kedua tertinggi di dunia, untuk bisa mendakinya lo akan melewati Perkebunan Teh Kayu Aro, Desa Pelompek, Kabupaten Kerinci, Jambi. Kebun tesebut pun memiliki pemandangan yang mampu menenangkan pikiran lo.

Sebagai danau yang tertinggi di Asia Tenggara ini terletak di dalam kawasan Gunung Tujuh yang berada di balik Gunung Kerinci. Tentunya lo tidak akan menyesal meluangkan waktu untuk mendaki dan bersantai di pinggir danau yang memiliki perairannya yang tenang beserta dengan udaranya yang sejuk.

Tempat Wisata Alam di Sepanjang Jalur Lintas Sumatera – Jalan Layang Kelok Sembilan, Sumatera Barat

5 Tempat Wisata Alam yang Patut Lo Kunjungi Ketika Menjelajahi Pulau Sumatera!

Suasana di Jalan Layang Kelok Sembilan. Credit: .pinterest.com

Selain dari pantai dan pegunungannya, bila lo melakukan perjalanan melintasi Pulau Sumatera tentunya jangan lupa untuk berkunjung ke Kelok Sembilan yang berada di Kota Payakumbuh yang merupakan jalan berkelok yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau.

Di tengah dari kawasan ini terdapat sebuah jembatan layang sepanjang 2,5 kilometer, tentunya jembatan ini pun menjadi daya tarik pariwisata bagi setiap wisatawan yang hadir di sana. Tak heran apabila kawasan ini cukup terkenal di setiap orang yang sering melakukan perjalanan darat melintasi Pulau Sumatera.

Perlu diketahui pula kalau jalan ini menghubungkan jalur lintas tengah ke Pantai Timur Sumatera, di bawah dari jembatan yang menjadi daya tarik banyak orang tersebut, terdapat tempat peristirahtan yang nyaman serta kios makanan, sehingga kawasan ini memang sangat cocok buat lo yang ingin singgah untuk beristirahat sejenak.

Tempat Wisata Alam di Sepanjang Jalur Lintas Sumatera – Ngarai Sianok, Payakumbuh

5 Tempat Wisata Alam yang Patut Lo Kunjungi Ketika Menjelajahi Pulau Sumatera!

Suasana di Ngarai Sianok. Credit: id.wikipedia.org

Buat lo yang suka dengan pemandangan dataran tinggi yang indah, tentunya jangan lupa untuk berkunjung ke Ngarai Sianok. Kawasan ini bisa menjadi spot fotografi yang akan memberikan hasil gambar yang memuaskan.

Hamparan hijau yang luas beserta dengan sinar matahari menjadi sebuah perpaduan alam yang sangat memukau, tak heran apabila kawasan ini juga cocok sekali untuk lo bisa melihat keindahan matahari terbenam.

Bukan hanya itu saja, aktivitas dari warga yang tinggal di sekitar kawasan Ngarai Sianok ini pun terkadang juga menjadi sebuah momen yang patut untuk lo abadikan, tak heran apabila ngarai ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan ataupun pengedara yang melintasi kawasan ini.

Tempat Wisata Alam di Sepanjang Jalur Lintas Sumatera – Salju Panas Dolok Tinggi Raja

5 Tempat Wisata Alam yang Patut Lo Kunjungi Ketika Menjelajahi Pulau Sumatera!

Suasana di Salju Panas Dolok. Credit: backpackerjakarta.com/

Ketika berada di kawasan Sumatera Utara, tentunya Danau atau Pulau Toba menjadi sebuah tempat wisata yang sangat ikonik bukan? Namun apakah hanya itu saja daya tarik wisata yang bisa lo dapatkan di sana? Tentu saja tidak, masih ada Sajlu Panas di desa Dolok Tinggi Raja, Kabupaten Simalungun yang bisa lo nikmati.

Kawasan wisata alam yang terbilang masih belum banyak terjamah oleh manusia ini tentunya sangat cocok sekali untuk lo bisa menikmati sebuah pemandangan alam serta fenomena alam yang sangat menarik. Bahkan akses untuk menuju ke sana pun masih sulit untuk dilalui kendaraan.

Untuk itu, bilamana lo benar-benar ingin menikmati keindahan yang ada di desa Dolok Tinggi Raja ini meminta bantuan kepada penduduk sekitar tentu bisa menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa lo lakukan. Bukit kapur serta kawah putih pun akan lo dapatkan ketika berada di sana.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tempat wisata alam yang ada di sepanjang Jalur Lintas Sumatera? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa, yang terpenting ialah untuk selalu bersemangat dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: blog.traveloka.com


Please login to comment
3 COMMENTS
Zul Asfi Rusman
February 23, 2019 at 9:43 AM

Wonderfull sumatra


Eksan B
February 23, 2019 at 12:41 PM

Indonesia memang indah


HendraNusu
March 3, 2019 at 10:53 PM

TUNGGU AKU DI SUMATRA