FEB 25, 2019

Segitiga Bermuda Indonesia: 3 Hal Besar dan Misterius di Masalembo!

Segitiga Bermuda Indonesia memang benar-benar menyimpan misteri yang sampai sekarang belum terpecahkan walau ada penjelasan ilmiahnya. Penasaran hal-hal apa saja yang membuat Masalembo begitu menakutkan? Sila simak bahasan ini bro!


Segitiga Bermuda adalah kawasan yang menurut banyak orang termasuk para petualang, angker. Hawa mistisnya bahkan sudah terasa jika ada yang menyebut nama daerah yang berdasarkan garis imajiner tersebut.

Angker dan mistisnya Segitiga Bermuda tidak ayal berdasarkan dari banyaknya kecelakaan yang terjadi di sana. Entah kapal laut atau pesawat udara, terkadang seperti tersedot jika melewati daerah tersebut. Banyak sekali spekulasi berdasarkan hal-hal tersebut.

Walau juga sudah banyak penjelasan ilmiah ataupun non-ilmiah soal Segitiga Bermuda, namun sampai sekarang ini, misteri tersebut belum juga terpecahkan. Bicara soal misteriusnya Segitiga Bermuda, apakah lo tahu ada perairan di Indonesia yang sama mistisnya dengan Segitiga Bermuda?

Segitiga Bermuda Indonesia, setidaknya predikat tersebut yang dijuluki banyak orang untuk spot petualangan ekstrem ini. Bro, perkenalkan – perairan Masalembo, Segitiga Bermuda-nya Indonesia. Jelas, lo pasti penasaran mengapa Masalembo bisa mendapatkan predikat tersebut.

Apakah Masalembo benar-benar seperti Segitiga Bermuda? Tahan bro, dari pada penasaran dan bingung dengan hal ini, sila simak bahasan di bawah ini yang setidaknya berusaha menguak adanya tiga hal besar yang mesti lo ketahui soal Masalembo.

Garis Imajiner Segitiga Bermuda-nya Indonesia

Segitiga Bermuda Indonesia: 3 Hal Besar dan Misterius di Masalembo!

Segitiga Bermuda Indonesia: 3 Hal Besar dan Misterius di Masalembo! credit: tribunnews.com - sukita.info

Hal besar pertama yang mesti lo ketahui soal Segitiga Bermuda-nya Indonesia yaitu Masalembo adalah soal garis imajiner atau garis khayal. Seperti yang sudah ada sebelumnya di Segitiga Bermuda, bentukan segitiga tersebut tentu dihasilkan dari garis imajiner atau garis khayal yang ada.

Sama seperti perairan Masalembo. Adanya garis imajiner yang menghubungkan antara Pulau Bawean, Kota Majene dan Kepulauan Tengah yang berada di Laut Jawa, merupakan bentukan dari sisi-sisi segitiga tersebut.

Masalembo, atau Kepulauan Masalembo sendiri sebenarnya terdiri dari tiga pulau kecil yang berpenduduk kurang lebih seribu sampai tiga ribu jiwa saja. Kepulauan ini masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Masalembo dan Kabupaten Sumenep.

Dari garis imajiner atau garis khayal yang menghubungkan beberapa daerah tersebut, dan tentu garis khayal tersebut seperti ‘mengurungi’ laut utara Jawa dan sebagian laut selatan Kalimantan dan laut selatan Sulawesi yang menjadikan perairan ini mirip dengan Segitiga Bermuda asli di sana.

Fakta dan Data yang Ada Menguatkan Predikat Tersebut

Segitiga Bermuda Indonesia: 3 Hal Besar dan Misterius di Masalembo!

Segitiga Bermuda Indonesia: 3 Hal Besar dan Misterius di Masalembo! credit: brilio.net

Selain garis imajiner atau garis khayal yang ada di perairan Masalembo, hal lain yang menguatkan jika spot petualangan ini adalah Segitiga Bermuda-nya Indonesia adalah fakta dan data yang ada soal segala insiden atau kecelakaan yang terjadi di sana.

Insiden yang paling kelam adalah tenggelamnya MP Tampomas II. Ratusan nyawa yang meninggal tersebut terjadi pada 27 Januari 1981 silam. Sebelum tenggelam, kapal tersebut terbakar terlebih dahulu. Tentu, fakta ini memang menyeramkan.

Kemudian, beberapa tahun kemudian, berbagai kecelakaan terjadi di wilayah perairan Masalembo tersebut. Kapal Senopati Nusantara tenggelam pada tanggal 29 Desember 2006, atau yang cukup terkenal kasusnya yaitu hilangnya Pesawat Udara Adam Air pada 1 Januari 2007, adalah dua insiden yang cukup membuat banyak hati bergetar jika mendengar perairan Masalembo – Segitiga Bermuda Indonesia.

Belum cukup dari dua fakta di atas, setidaknya masih di tahun yang sama, KM Mutiara Indah juga tenggelam pada 19 Juli 2007, kemudian KM Fajar Mas pada 27 Juli 2007, lalu KM Sumber Awal pada 16 Agustus 2007, dan KM Teratai Prima pada 11 Januari 2009.

Rentetan insiden tenggelamnya banyak kapal laut dan pesawat udara tersebut benar-benar menjadikan perairan Masalembo angker. Oleh karena itu, tidak heran jika Masalembo akhirnya mendapatkan predikat Segitiga Bermuda Indonesia.

Sekumpulan Mahluk Astral Jadi Mitos di Masalembo

Segitiga Bermuda Indonesia: 3 Hal Besar dan Misterius di Masalembo!

Segitiga Bermuda Indonesia: 3 Hal Besar dan Misterius di Masalembo! credit: hipwee.com

Berdasarkan berbagai insiden yang terjadi di perairan Masalembo, banyak juga yang menilai jika perairan tersebut ditinggali banyak mahluk astral yang meminta ‘jatah’ untuk mengenyangkan perut mereka.

Belum tervalidasi benar atau tidak, tetapi banyak orang menganggap jika ingin lewat daerah tersebut, memang harus menyiapkan ‘bayaran’ agar perjalanan mereka aman dan tidak diganggu oleh mahluk-mahluk tak kasat mata tersebut.

Mitos lain selain kumpulan mahluk astral yang katanya juga tidak jarang menampakan diri adalah gelombang air laut dengan garis putih. Jika melihat gelombang besar dengan garis putih, sebaiknya tidak diterjang. Konon katanya gelombang tersebut adalah lintasan sakral dari Ratu Malaka.

Ratu Malaka adalah sosok tak kasat mata yang diyakini sebagai Ibu dari Suku Laut. Jika melihat gelombang tersebut, maka nelayan Masalembo tidak akan pergi mencari ikan.

Penjelasan Ilmiah Soal Masalembo:

Segitiga Bermuda Indonesia

Segitiga Bermuda Indonesia: 3 Hal Besar dan Misterius di Masalembo!

Segitiga Bermuda Indonesia: 3 Hal Besar dan Misterius di Masalembo! credit: idntimes.com

Penjelasan Ilmiah tentunya ada terkait dengan segala misteri yang mendiami Masalembo. Kawasan perairan ini memiliki arus yang sangat kencang. Arus tersebut berasal dari barat yang memanjang di laut Jawa Utara.

Kemudian, dari Selat Makassar, terdapat arus utara yang mempunyai perbedaan suhu. Dua arus yang kuat tersebut dan berbeda tipe ini bertemu di Segitiga Masalembo. Kebetulan, saat periode waktu Desember – Januari dan Juli – Agustus, arus tersebut membawa materi lain sehingga resiko terjadinya insiden di sini besar.

Selain arus air laut yang kencang serta materi lain yang terbawa dari arus tersebut, ada lagi penjelasan ilmiah soal ‘kantung udara’. Kantung udara adalah sebuah ruangan berisi udara yang mengalir dengan kecepatan tinggi.

Sehingga mampu menyedot pesawat atau kapal dan benda lain di sekitarnya. Oleh karena itu, jika ada pesawat udara yang terbang rendah dekat kantung udara ini, maka tetiba bisa tersedot menghantam bumi atau malah terlontar ke atas.

Wah bagaimana nih bro soal misteri dari perairan Masalembo? Rasanya, sebagai petualang sejati, tidak masalah seperti apa isunya, lo mestinya cukup nyali untuk mendatangi Masalembo. Tetapi, namanya alam bebas, tetap berhati-hati ya bro!

 

Source

Feature Image - geektyrant.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Zul Asfi Rusman
February 25, 2019 at 12:01 PM

Tepatnya perairan Sulawesi Barat