FEB 26, 2019

4 Air Terjun Dengan Panorama Indah yang Ada di Pulau Jawa Ini Patut Untuk Dikunjungi!

Ingin mencari air terjun yang memiliki panorama yang indah? Cukup menjelajahi Pulau Jawa saja lo sudah bisa mendapatkanya kok, enggak percaya? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Melihat keindahan air terjun tak perlu untuk jauh-jauh kel uar negeri kok, tepatnya di Pulau Jawa sendiri juga memiliki beragam pilihannya yang akan membuat momen liburan lo semakin indah. Tak heran apabila banyak dari para wsiatawan dari manapun yang mencari dimana letak air-air terjun tersebut. Selain bisa menenangkan jiwa, berada di air terjun lo juga bisa mendapatkan sebuah suasana yang sangat asri loh.

Yaap, air terjun sendiri memang identik sebagai tempat dimana lo bisa melepaskan rasa penat yang lo dapatkan ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Mulai dari suara kicauan burung hingga derasnya air yang turun dari ketinggian menjadi sebuah daya tariknya. Hamparan hijau yang luas pun terkadang bisa menjadi sebauh faktor lainnya yang akan menyegarkan pikiran.

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilhan air terjun yang ada di Pulau Jawa, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Hal yang paling terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap air terjun yang sudah lo kunjungi yaa.

Pilihan Air Terjun Indah di Pulau Jawa – Curug Cikaso, Sukabumi

Suasana di Curug Cikaso. Credit: jejakpiknik.com

Air terjun yang terletak di kawasan Jawa Barat ini memang memiliki sebuah keindahan yang mempu menyita perhatian. Panorama indah selalu menemani lo ketika berada di kawasan wisata ini. Biasanya dalam bahasa Sunda, Curug itu memilki arti air terjun, dan menurut banyak orang salah satu air terjun terindah yang ada di Jawa Barat ialah Curug Cikaso.

Ketika lo sudah berada di kawasan air terjun ini, lo langsung diperlihatkan dengan pemandangan tiga titik air terjun yang berdampingan dengan indah. Bukan hanya itu saja, air kolamnya yang berwarna hijau kebiru-biruan pun menjadi sebuah penglihatan yang apik di pagi hari, tepatnya ketika matahari terbit.

Secara tidak langsung, memang waktu yang paling tepat untuk lo bisa menikmati keindahan yang ada di air terjun ini ialah pada saat pagi hari. Kawasan yang terletak cukup jauh ini, yaitu sekitar 110 km dari pusat kota Sukabumi akan mengursa tenaga untuk sampai di sana. Sehingga tak ada salahnya untuk mengkondisikan fisik serta mental lo sebelum berkunjung di Curug Cikaso ini yaa!

Pilihan Air Terjun Indah di Pulau Jawa – Grojogan Sewu, Solo

Suasana di Grojogan Sewu. Credit: katalogwisata.com

Ketika lo sedang berada di kawasan Solo dan sekitarnya, tentunya air terjun satu ini menjadi destinasi yang tepat untuk lo kunjungi. Karena memang keindahan alam yang ada di dalamnya akan membuat hati serta pikiran lo adem loh, belum lagi dengan hamparan hijau yang ada di sekelilingnya.

Grojogan Sewu sendiri juga memiliki eksistensi yang cukup tinggi, terletak di kawasan Tawangmangu, karanganyar, lokasi air terjun ini juga termasuk ke dalam hutan lindung yang dikelola oelh pemerintah dan penduduk setempat.

Perlu diketahui pula kalau nama Grojogan Sewu dalam bahasa Jawa memiliki arti air terjun seribu karena memang air terjun ini tidak hanya memiliki satu aliran saja. Untuk menuju ke air terjun ini akan melewati tangga yang akan membawa lo berada persis di depannya sehingga mampu melihat keindahannya secara dekat.

Pilihan Air Terjun Indah di Pulau Jawa – Pantai Jogan, Yogyakarta

Suasana di Pantai Jogan. Credit: limakaki.com

Setelah selesai melihat keindahan yang ada di Grojogan Sewu, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Jogan yang berada di Yogyakarta. Karena memang selain dapat melihat keindahan dari sebuah air terjun, lo juga bisa melihat pantainya yang indah, sehingga lo bisa mendapatkan paket yang lengkap.

Air terjun yang terletak di bibir laut ini merupakan sesuatu yang langka, kurang lebih lo membutuhkan waktu 2 jam untuk bisa berada di pantai ini dari pusat Kota Yogyakarta. Banyak yang beranggapan kalau air terjun ini bagaikan nirwana yang mengalir ke Laut Selatan.

Lo tak perlu takut ketika menjelajahi kawasan ini, namun lebih menyatulah kepada alam yang ada di sana. Keindahan panorama dari Pantai Jogan akan selalu menemani, bahkan telinga lo juga akan menikmati suara gemuruh air yang menghantam batu karang. Sehingga langsung saja datang ke pantai ini bro!

Pilihan Air Terjun Indah di Pulau Jawa – Air Terjun Nglirip

Suasana di Air Terjun Nglirip. Credit: /yukpigi.com

Bila berada di kawasan Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Air Terjun Nglirip yaa. Namun untuk masyarakat sekitar air terjun ini sering juga disebut Grajagan Nglirip yang memang berlokasi sekitar 36 km dari pusat Kota Tuban.

Air terjun yang memiliki ketinggian sektiar 30 meter dan lebar sekitar 28 meter ini memiliki air yang jernih dan alirannya yang begitu deras, tak heran apabila lokasi wisata ini terasa sangat sejuk. Bukan hanya keindahan dari air terjunnya saja yang bisa lo nikmati ketika berada di sana, namun lo juga bisa melihat gua yang cukup besar loh.

Perlu untuk lo ketahui pula kalau air terjun ini berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak yang berjarak sekitar 3 km dari lokasi. Terdapat gardu pandang di bagian atas air terjun ini, sehingga lo bisa melihat keindahannya secara menyeluruh.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar air terjun indah yang ada di Pulau Jawa? Semoga bisa menjadi destinasi lo berikutnya yaa. Tetap semangat dan jangan berhenti bereksplorasi, karena masih banyak tempat ata kawasan di luar sana yang belum lo kunjungi loh!

Source

 

 

Featured Image: ksmtour.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Hendy Nugroho
February 27, 2019 at 8:17 PM

Sungguh mantap betul


Hengky kik
March 20, 2019 at 12:23 AM

baru satu yang pernah saya kunjungi yang di Yogyakarta