MAR 5, 2019

Ini Merupakan 5 Hewan Endemik Asal Indonesia yang Memiliki Keunikan Nan Indah Loh Bro!

Ingin mengetahui beberapa pilihan hewan endemik asal Indonesia yang unik bro? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini dan temukan sendiri jawabannya!


Selain dari budayanya, Indonesia juga merupakan rumah bagi para hewan unik yang hanya bisa lo temukan di negara tercinta ini loh. Ditambah dengan bentangan alam yang menawan membuat para hewan tersebut nyaman untuk tinggal di dalam habitatnya masing-masing. Memang unik bila membicrakan jenis-jenis hewan yang ada, mulai dari bentuk hingga karakteristiknya pun mampu membuat banyak orang tertarik untuk melihatnya secara langsung.

Oleh sebab itu, merupakan tugas kita bersama untuk menjaga kelestarian dari habitat, karena dari habitat yang selalu terjaga kelestariannya, maka para hewan endemik tersebut pun akan hidup lama serta mendapatkan kelayakan untuk terus hidup. Dengan melakukan hal tersebut, lo juga akan membantu untuk menghindari kepunahan bagi para hewan-hewan tersebut.

Tentunya dengan kepunahan, generasi di bawah pun tidak akan memiliki kesempatan untuk melihat jenis-jenis hewan endemik. Apa saja yang bisa dikategorikan sebagai hewan endemik yang ada di Indonesia? Daripada semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini, semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Hewan Endemik Asal Indonesia – Burung Bidadari Halmahera

Ini Merupakan 5 Hewan Endemik Asal Indonesia yang Memiliki Keunikan Nan Indah Loh Bro!

Penampakan dari Burung Bidadari Halmahera. Credit: blog.gogonesia.com

Merupakan salah satu hewan endemik asal Indonesia yang perlu untuk lo ketahui, yaap burung yang cantik ini memilki sebuah daya tarik yang mampu membuat siapa pun yang melihatnya akan terpukau. Namun bukan berarti dimiliki yaa, karena hewan ini pun bukan untuk dipelihara yaa.

Buat lo yang mengetahui Burung Cendrawasih, jenis burung satu ini masih dalam satu keluarga loh, yaap Burung Bidadari Halmahera ini merupakan pilihan hewan endemik Indonesia yang sangat unik serta cantik. Dengan kombinasi warnanya yang mampu memanjakan mata lo menjadi daya tariknya.

Belum lagi dengan tingkah polanya yang menarik, sehingga membuatnya mendapatkan julukan sebagai Si Genit. Burung ini berasalh dari Kepulauan Maluku dan merupakan jenis Cenderawasih sejati yang tersebar di wilayah paling barat.

Hewan Endemik Asal Indonesia – Tarsius

Ini Merupakan 5 Hewan Endemik Asal Indonesia yang Memiliki Keunikan Nan Indah Loh Bro!

Penampakan dari Tarsius. Credit: upload.wikimedia.org

Buat lo yang suka melihat hewan dengan ukuran yang mini atau sangat kecil, ini merupakan salah satu hewan yang tepat. Karena memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil dan suka berada di pohon-pohon di daerah Bangka Belitung. Sehingga ketika berlibur ke sana, selalin dari keindahan pantainya lo juga bisa melihat hewan ini loh.

Mata bundar pun menjadi ciri khas dari Tarsius, bayangkan saja hewan ini hanya memiliki ukuran tubuh sekitar 12 hingga 15 cm. Buat masyarakat Bangka Belitung, hewan ini juga biasa disebut Mentilin. Banyak yang beranggapan pula kalau hewan ini merupakan primata terkecil di dunia.

Warnanya cokelat pun menjadi daya tarik lainnya dari hewan ini, terkadang mereka juga suka menggendong anaknya yang tentunya memiliki ukuran lebih kecil. Bisa dibayangkan bukan betapa kecilnya Tarsius ini ketika mereka masih kanak-kanak.

Hewan Endemik Asal Indonesia – Orang Utan

Ini Merupakan 5 Hewan Endemik Asal Indonesia yang Memiliki Keunikan Nan Indah Loh Bro!

Penampakan dari Orang Utan. Credit: animals.sandiegozoo.org

Ini merupakan salah satu jenis hewan endemik yang paling popular dari Indonesia. Mulai dari bentuknya, hingga tingkah lakunya pun, lo sudah bisa mengetahuinya. Namun memang sangat disayangkan sekali kalau habitat asli dari hewan ini sudah banyak yan dirusak.

Yaap, Orang Utan merupaakn hewan dengan rambut tubuh yang panjang dan bisa usianya bisa mencapai 30 tahun. Hewan yang berasal dari Pulau Sumatera dan Kalimantan ini memiliki eksistensi yang sangat tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

Hewan dengan nama Latin Pongo ini pun selalu menjadi pusat perhatian banyak kalangan di dunia. Tak heran apabila sudah banyak terdapat konservasi Orang Utan yang bisa lo temui di daerah asalnya. Oleh sebab itu, mari yuk bareng-bareng kita jaga kelestairan dari hewan satu ini serta selalu hindari mereka dari kepunahan yaa.

Hewan Endemik Asal Indonesia – Jalak Bali

Ini Merupakan 5 Hewan Endemik Asal Indonesia yang Memiliki Keunikan Nan Indah Loh Bro!

Penampakan dari Jalak Bali. Credit: 1001indonesia.net/

Bukan hanya keindahan alamnya saja yang bisa lo temukan ketika melakukan liburan di Pulau Bali, pulau yang memiliki julukan Pulau Dewata ini juga memilki beraga pilihan hewan yang unik loh. Salah satunya ialah Burung Jalak Bali, tentunya memliki kecantikan yang sangat menarik loh.

Jalak Bali sendiri memiliki tampilan yang unik, namun sangat disayangkan sekali burung ini sering menjadi korban pemburuan, sehingga memang populasinya pun sudah cukup terancam. Selain dari kecantikannya, burung ini juga memiliki kicauan yang mampu menarik banyak perhatian.

Bukan hanya terkenal di dalam negeri, namun burung ini juga memiliki eksistensi yang tinggi di luar negeri. Nah, kalau lo masih ingin burung ini selalu ada serat memiliki hidup yang lebih lanya, mari bersama-sama untuk selalu menjaga kelestariannya yaa!

Hewan Endemik Asal Indonesia – Komodo

Ini Merupakan 5 Hewan Endemik Asal Indonesia yang Memiliki Keunikan Nan Indah Loh Bro!

Penampakan dari Komodo. Credit: animalblogforkids.files.wordpress.com

Tak lain ialah Komodo, yaap reptil besar satu ini memang merupakan hewan endemik asal Indonesia. Keindahannya pun bisa dilihat dari ukuran serta bentuknya yang sangat unik. Bahkan merupakan kadal terbesar di dunia loh, panjangnya pun bisa mencapai 3 meter dengan berat kira-kira 70 kg.

Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur merupakan habitat asli dari hewan ini, sehingga lo bisa berkunjung ke san ajika ingin melihatnya yaa, namun untuk selalu melihat update terbaru mengenai pulau tersebut yaa, karena terdapat informasi kalau pulau tersebut akan ditutup sementara pada tahun ini, dengan alasan perbaikan ekosistem.

Keunikan lain dari hewan ini ialah bukan hanya dengan ukuran tubuhnya yang besar, namun juga terdpat racun dari lidahnya yang bercabang, sehingga kadal ini memang merupakan hewan yang berbahaya, sehingga mengikuti arahan dari para petugas di Pulau Komodo harus selalu lo ikuti yaa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar hewan endemik asal Indonesia di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi yaa!

Source

 

 

Featured Image: tonniromadian.files.wordpress.com


Please login to comment
3 COMMENTS
Zul Asfi Rusman
March 9, 2019 at 10:14 PM

Komodo dan orang utan


Eksan B
March 10, 2019 at 11:14 PM

Orang hutan.


HendraNusu
March 11, 2019 at 10:06 PM

Jadi inimi endemik