MAR 5, 2019

5 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Takut Naik Pesawat

Banyak orang mudah dikuasai rasa takut ketika bepergian menggunakan pesawat. Bagaimana cara mengatasi rasa takut selama penerbangan? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Sebagian besar orang diketahui mudah merasa takut ketika bepergian menggunakan pesawat. Hal ini biasanya dialami oleh traveller yang baru pertama kali melakukan penerbangan. Ada juga yang takut menaiki pesawat lantaran trauma terhadap kejadian kecelakaan yang dialami atau dilihat.

Bagaimana cara mengatasi rasa takut selama penerbangan? Berikut adalah 5 tips ampuh menghilangkan rasa takut ketika naik pesawat. Silakan disimak ya bro!

1. Mengunjungi Psikolog

Untuk menghilangkan rasa takut atau trauma, lo tentu membutuhkan bantuan orang lain. Salah satu pihak yang bisa lo andalkan untuk menghapus rasa takut naik pesawat adalah psikolog. Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena merekalah yang paling memahami situasi dan keadaan lo saat ini.

Setiap psikolog umumnya mempunyai cara khusus untuk menghilangkan rasa takut dalam diri pasiennya. Biasanya, lo akan diminta melakukan Cognitive Behavioural Therapy and Acceptance (CBT) and Commitment Therapy (ACT) oleh psikolog. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa takut dan tidak nyaman ketika menaiki pesawat.

Oleh sebab itu, jangan ragu mendatangi psikolog untuk berkonsultasi soal rasa takut lo saat naik pesawat. Dengan begitu, lo bisa memahami penyebab kemunculan rasa takut tersebut secara lebih jelas. Lo pun dapat menjalankan terapi untuk meredakan fobia selama berada di pesawat

2. Menjajal Meditasi

Kegiatan ini juga perlu dilakukan agar lo mampu berpikir secara lebih jernih dan tenang. Dengan demikian, lo dapat terbebas dari rasa cemas yang sering menghambat aktivitas sehari-hari. Bermanfaat sekali, bukan?

Meditasi menawarkan banyak manfaat positif kepada orang yang rutin melakukannya sehari-hari. Lewat meditasi, lo dapat mempelajari teknik pernapasan agar merasa rileks selama berada di pesawat. Meditasi juga akan membantu lo untuk berpikir secara lebih jernih, peka terhadap keadaan sekitar, serta meraih energi positif.

Dengan belajar meditasi, lo bisa mengontrol pikiran untuk lebih tenang sehingga tidak mudah disusupi energi negatif. Hal tersebut tentu akan memudahkan lo untuk melepas rasa takut ketika naik pesawat. Jadi, jangan lupa belajar meditasi agar tidak mudah dikuasai rasa takut ya bro!

3. Mengamati Pesawat Lalu-Lalang di Bandara

Tahap selanjutnya yang perlu lo lakukan usai berkonsultasi dengan psikolog dan meditasi adalah menyambangi bandara. Jangan khawatir, mengunjungi bandara bukan berarti lo harus langsung menaiki pesawat. Kali ini, lo hanya perlu mengamati aktivitas pesawat yang lewat di sekitar sana.

Menyaksikan pesawat berlalu-lalang di bandara akan mengikis rasa takut dan cemas yang tersisa dalam diri lo. Aktivitas ini akan membantu lo untuk terbiasa  dengan situasi penerbangan. Dengan begitu, lo akan semakin siap menaiki pesawat dalam waktu dekat.

Jadi, beranikan diri lo ke bandara untuk melihat suasana penerbangan secara langsung. Membiasakan diri dengan suasana bandara tentu akan menyembuhkan rasa takut lo secara perlahan. Hal ini tentu akan menumbuhkan keberanian lo untuk naik pesawat secepatnya.

4.  Melaporkan Rasa Cemas dan Takut saat Terbang kepada Kru Kabin

Ada hal penting yang perlu dilakukan ketika lo sudah siap menaiki pesawat terbang. Lo sebaiknya tak lupa melaporkan trauma atau rasa takut yang diderita kepada kru kabin. Hal ini ditujukan agar pihak penerbangan mampu mengantisipasi hal buruk yang mungkin terjadi di perjalanan

Lo juga perlu menyampaikan informasi terkait rasa takut ini kepada pramugari di pesawat. Tujuannya agar mereka siap memberikan bantuan kepada lo jika situasi darurat terjadi. Setuju ‘kan bro?

Salah satu contoh situasi darurat yang mungkin terjadi selama penerbangan adalah momen ketika pesawat mengalami turbulensi. Jika hal ini terjadi, pengidap fobia terbang bakal mudah terserang panik dan cemas. Kala itu, pramugari tentu akan menenangkan diri lo yang sedang dikuasai takut.

5. Bersabar dan Terus Coba Menyembuhkan Rasa Takut

Melawan rasa takut terbang memang bukan perkara mudah. Meski begitu, hal ini tetap perlu dilakukan agar lo lepas dari belenggu rasa takut selama-lamanya. Dengan demikian, lo bisa bebas traveling ke manapun sesuka hati.

Menghilangkan trauma saat terbang juga perlu dilakukan secara perlahan. Lo harus menjalani proses penyembuhan yang panjang karena rasa takut tak bisa hilang dalam sekejap atau secara instan. Waktu akan mengobati rasa cemas dan takut lo sedikit demi sedikit.  

Dengan menaiki pesawat secara perlahan, lo bisa menggerus rasa trauma seiring dengan pergantian waktu. Jika lo memiliki trauma cukup besar tehadap penerbangan, maka waktu latihan yang diperlukan untuk menghilangkannya adalah sekitar selama 3 – 4 bulan. Usai menjalani latihan tersebut secara rutin, lo berkemungkinan besar siap kembali menaiki pesawat dalam waktu dekat.

Demikian 5 tips ampuh menghilangkan rasa takut naik pesawat. Semoga informasi ini berguna buat lo yang sering dikuasai rasa takut selama penerbangan. Jangan lupa menerapkan lima tips di atas ya bro!

Source

Feature Image - telegraph.co.uk


Please login to comment
7 COMMENTS
HendraNusu
March 5, 2019 at 11:01 PM

info yang sangat bermanfaat


Eksan B
March 5, 2019 at 11:23 PM

Kalau aku sih liatin pramugarinya aja... Tau tau smpai tujuan


Hendy Nugroho
March 7, 2019 at 6:57 AM

Hahah nice info


Asmita Parhama
March 9, 2019 at 9:20 PM

Menegangnkan


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 12, 2019 at 7:28 AM

Kalo aku sih kenalan sama pramugarinya.


Zul Asfi Rusman
March 13, 2019 at 2:36 PM

Check sound


Amir Mahfudzi
March 15, 2019 at 9:36 AM

Yg penting yakin wkwk